Tips Memilih Pompa ASI dan Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik

Rekomendasi pompa ASI terbaik yang bagus untuk ibu menyusui

Pompa ASI elektrik maupun manual sama-sama bisa membantu memudahkan ibu menyusui selama masa laktasi. Bedanya, pompa manual harus dipompa dengan tangan sehingga membutuhkan tenaga lebih banyak. Sedangkan pompa ASI elektrik hanya perlu memasang corong ke puting payudara, lalu akan menghisap secara otomatis. 

Kini banyak tersedia beragam model pompa ASI elektrik sehingga Anda pasti akan bingung memilih pompa ASI terbaik yang sesuai dengan Anda. Baca terus artikel berikut untuk mengetahui cara memilih pompa ASI elektrik dan rekomendasi pompa ASI terbaik. 

Tips membeli pompa ASI elektrik

Berikut ini beberapa tips menentukan pompa ASI elektrik yang sesuai dengan Anda: 

1. Pilih pompa sesuai kebutuhan

Model pompa ASI elektrik dibuat menyesuaikan berbagai kebutuhan ibu. Secara keseluruhan, terdapat tiga macam pompa berdasarkan frekuensi pemakaian yaitu untuk penggunaan sesekali, pemakaian rutin, dan ibu dengan bayi prematur. 

Untuk penggunaan sesekali, Anda bisa memilih pompa ASI elektrik berukuran kecil yang dioperasikan dengan baterai. Pompa ini cocok cocok digunakan untuk sekitar 1 – 2 kali seminggu. Karena ukurannya kecil, pompa ASI ini mudah dibawa kemana-mana dan dapat berguna untuk keadaan darurat. Sayangnya, pompa ini cukup berisik.

Jika suplai ASI Anda baik dan tidak ada masalah menyusui pada bayi namun memiliki sedikit waktu untuk menyusui, Anda bisa membeli pompa ASI elektrik ganda yang lebih efisien dan hemat waktu. 

Jika ibu tidak memiliki suplai ASI yang memadai atau bayi lahir prematur, pilih pompa ASI elektrik ganda tingkat rumah sakit. Pompa ini dirancang khusus untuk membawa dan memelihara suplai ASI ibu.

2. Pertimbangkan harganya

Model dan kelengkapan fitur pompa ASI elektrik akan mempengaruhi harganya. Jika kondisi keuangan Anda terbatas, pilih model pompa elektrik dengan fitur yang paling dibutuhkan ibu, misalnya pengaturan daya hisap.

Jangan pinjam atau beli pompa ASI bekas karena berisiko terkontaminasi dan tertular infeksi. Kalau mau, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa pompa ASI listrik tingkat rumah sakit dari rumah sakit atau toko peralatan medis. Model pompa listrik ini bisa digunakan lebih dari satu ibu. 

3. Pilih model pompa listrik yang praktis

Pilih pompa listrik praktis yang mudah dirakit, digunakan, serta dibersihkan dan disterilkan setelah penggunaan. Jika Anda ibu yang harus sering keluar atau bekerja, pilih pompa portable yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

4. Pastikan corong atau pelindung payudara sesuai

Pompa ASI elektrik yang sesuai tidak hanya dilihat dari fitur atau modelnya, tapi dari kesesuaian pelindung payudara (flange) dengan puting Anda. Flange yang terlalu kecil dapat membuat puting Anda sakit dan nyeri. Sementara corong yang kebesaran membuat hisapan tidak maksimal.

5. Pertimbangkan pompa ASI elektrik dengan baterai

Kebanyakan pompa ASI elektrik mengandalkan listrik untuk digunakan. Hal ini akan menyulitkan jika Anda tidak menemukan stop kontak atau listrik mati saat akan memompa ASI. Pertimbangkan untuk membeli pompa elektrik yang juga bisa dioperasikan dengan baterai. 

Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik  

Berikut ini tiga rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dengan harga terjangkau:

  • Pigeon GoMini

Pigeon GoMini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mudah digenggam dan dibawa kemanapun baik saat Anda travelling atau bekerja. Alat ini memiliki dua mode penghisapan, yaitu stimulasi atau pemijatan dan ekspresi atau pemerahan. Kelebihan lainnya adalah Anda bisa mengisi daya pompa menggunakan powerbank.

  • MOOIMOM Hands Free Wireless Electric Breast Pump

Mooimom merupakan salah satu pompa ASI elektrik terbaik karena terbuat dari bahan silikon food grade yang aman digunakan ibu. Alat ini dilengkapi dengan 25 metode pilihan pemompaan yang dapat disesuaikan dengan tingkat sensitivitas payudara ibu. 

Pompa ASI elektrik Mooimom juga memiliki tingkat kebisingan rendah sehingga Anda tak perlu khawatir si kecil terbangun akibat proses pemompaan.

  • Philips Avent Comfort

Pompa ASI ini memiliki model yang ringkas dan praktis karena Anda tak perlu memindahkan ASI dari botol pompa ke botol untuk menyusui. Selain itu, alat ini punya 3 metode pemompaan yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing ibu menyusui. 

Philips Avent Comfort mudah dibawa kemanapun. Apalagi di setiap pembeliannya sudah disertai dengan tas khusus supaya ASI yang sudah dipompa bisa tahan lama. 

Itu tadi tips memilih pompa ASI elektrik dan rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik. Jika Anda masih bingung memilih, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli laktasi untuk menentukan pompa ASI yang cocok dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *