Tips Memenuhi Kebutuhan Dasar Manusia

Kebutuhan Dasar Manusia

Kebutuhan dasar manusia tidak sekadar makanan, pakaian, ataupun tempat tinggal. Manusia ternyata juga membutuhkan pengakuan, rasa kasih sayang, sampai aktualisasi diri. Jika kebutuhan-kebutuhan dasar itu tidak terpenuhi, seseorang berisiko mengalami depresi, gangguan kecemasan, sampai ancaman keselamatan atas dirinya sendiri. 

Karena itu, penting mengetahui bagaimana cara agar kebutuhan dasar manusia dapat terpenuhi di diri Anda sepenuhnya. Caranya pun sebenarnya tidak sulit dan bisa Anda terapkan setiap hari asal secara konsisten. 

Penasaran tips apa yang bisa membuat cara pemenuhan kebutuhan dasar manusia menjadi terlihat lebih simpel? Ikuti cara-cara di bawah ini. 

  1. Makan dengan Baik 

Yang dimaksud makan dengan baik bukan hanya makan sepuasnya sampai Anda merasa kenyang. Sejatinya kebutuhan dasar manusia yang hendak dipenuhi dari makan adalah nutrisi yang memadai untuk Anda menjalankan aktivitas. Karena itu, biasakanlah makan secara teratur dan memilih makanan yang bergizi dan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda. Jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memastikan mengonsumsi air putih minimal 2,5 liter dalam sehari. 

  1. Tidur yang Cukup 

Tugas Anda mungkin menumpuk, namun tidak dibenarkan jika Anda begadang terus-menerus. Ini akan membuat kebutuhan dasar manusia Anda menjadi tidak terpenuhi. Tidur sendiri merupakan jenis kebutuhan fisiologi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Biasakanlah tidur cukup, khususnya pada malam hari. Manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu tidur malam 6-8 jam sehari untuk menjaga kesehatan badannya. 

  1. Olahraga secara Teratur 

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan rasa aman, yang juga terkait dengan kesehatannya. Anda bisa mendapatkan kebutuhan tersebut dengan menjaga stamina. Salah satu trik simpelnya tidak lain dengan berolahraga secara teratur. Biasakanlah olahraga minimal 5 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing latihan selama 30 menit saja. Olahraga ringan yang teratur ini terbukti efektif meningkatkan suasana hati, mengatasi depresi, dan membantu orang lebih fokus pada tugas sehari-hari.

  1. Bekerjalah

Anda perlu mencari kerja dan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar manusia. Bukan hanya mengarah pada pemenuhan kebutuhan dasar berupa fisiologi, seperti bisa makan dan membeli pakaian; bekerja juga mampu memenuhi kebutuhan Anda terkait penghargaan, rasa aman, dan aktualisasi diri. Dengan bekerja, orang akan lebih menghargai Anda. Anda pun akan merasa lebih aman karena memiliki uang dari gaji untuk memenuhi kebutuhan kesehatan maupun hal lainnya. Lewat bekerja, Anda juga bisa mengaktualisasi diri mengenai pencapaian yang hendak Anda raih.

  1. Jalin Pertemanan 

Salah satu kebutuhan dasar manusia adalah kebutuhan kasih sayang. Kebutuhan ini tidak hanya mengarah pada momen romantis, namun juga ke kondisi perasaan Anda yang diterima oleh orang lain maupun suatu lingkungan. Jika Anda suka menjalin pertemanan, tidak sulit menghadirkan perasaan diterima yang merupakan bagian dari kebutuhan kasih sayang ini. 

  1. Ingatlah Bersenang-senang

Bersenang-senang bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa berjalan-jalan dan melakukan traveling untuk memperoleh kesenangan. Menjalani hobi, seperti membaca sampai bercocok tanam juga merupakan bagian dari bersenang-senang. Walaupun sepintas terlihat sepele, menjalani sesuatu yang disenangi merupakan bagian pemenuhan kebutuhan dasar manusia untuk mencapai rasa penghargaan atas dirinya sendiri. Jadi, sudahkah Anda bersenang-senang hari in? Jangan lupa, ya!

*** 

Mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia dapat membuat Anda menjadi pribadi yang bersyukur, senang, dan senang. Karena itu, jika memang Anda merasa hampa dan sering merasa sedih, bisa jadi ada kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi. Jangan ragu untuk mencoba tips-tips di atas guna memenuhi kebutuhan dasar manusia yang Anda perlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *