Ketahui Penyebab Tidak Nafsu Makan Saat Hamil

Ketahui Penyebab Tidak Nafsu Makan Saat Hamil

Jika Anda mengalami tidak nafsu makan saat hamil, sebaiknya Anda jangan khawatir. Hal ini karena tidak nafsu makan adalah salah satu gejala kehamilan yang umum terjadi. 

Jika Anda sedang tidak nafsu makan saat hamil, Anda mungkin ingin mengetahui faktor atau penyebab dari hilangnya nafsu makan Anda. Berikut penjelasannya.

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan Saat Hamil

Saat sedang hamil, maka merupakan hal yang normal jika nafsu makan Anda menjadi berfluktuasi. Hal ini mungkin karena tubuh sedang mengalami banyak perubahan selama kehamilan.

Saat Anda tidak nafsu makan, Anda menjadi tidak tertarik untuk semua makanan atau menjadi tidak ingin untuk mengonsumsi makanan apapun. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda tidak nafsu makan saat lahir.

1. Mual dan Muntah

Saat Anda sedang hamil, maka umum terjadi mual dan muntah apalagi saat kehamilan Anda masih trimester pertama. Namun, hal ini bisa saja tetap dialami oleh beberapa wanita selama kehamilan mereka.

Namun, kasus mual dan muntah baik itu ringan maupun berat selama kehamilan dapat secara signifikan mempengaruhi asupan makanan dan nafsu makan Anda. Hal ini dapat terjadi karena tubuh Anda mengalami fluktuasi hormon leptin dan human chorionic gonadotropin (hCG) selama kehamilan yang dapat membuat nafsu makan menjadi turun dan menyebabkan mual dan muntah.

Saat Anda sedang tidak nafsu makan karena mual dan muntah ketika hamil, cobalah untuk tidak makan makanan berlemak atau pedas, dan minum cairan secara terpisah dari makanan Anda. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dan lebih sering.

2. Terdapat Kondisi Kesehatan Mental

Nafsu makan dapat dipengaruhi karena kondisi kesehatan mental seperti cemas dan depresi. Sementara itu, ibu hamil sangat rentan terhadap masalah kesehatan mental karena terjadi berbagai perubahan fisik dan biokimia. Namun, secara khusus depresi dapat menyebabkan perubahan kebiasaan makanan termasuk penurunan nafsu makan dan membuat Anda menjadi mengurangi asupan makanan padat nutrisi.

Depresi selama kehamilan sudah dikaitkan dengan terjadinya nafsu makan yang menurun untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Namun, hal ini justru diiringi oleh peningkatan nafsu makan untuk makanan yang tidak sehat dan makanan bernutrisi rendah. Padahal, ibu hamil membutuhkan nutrisi penting seperti folat, asam lemak, zat besi, dan seng sehingga penurunan nafsu makan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan janin dan ibu hamil.

Namun, gangguan kesehatan mental pada umumnya tidak diketahui selama kehamilan, mungkin karena rasa malu yang sering dirasakan beberapa wanita hamil. Akan tetapi, jika Anda mengalami gejala depresi atau kecemasan, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan yang terpercaya.

3. Konsumsi Obat-obatan

Konsumsi obat tertentu yang aman digunakan saat sedang hamil ternyata dapat menyebabkan efek samping seperti menurunnya nafsu makan. Obat tersebut bisa seperti obat resep untuk ibu hamil yang didiagnosis menderita depresi atau gangguan kecemasan.

Obat seperti selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) dapat menyebabkan Anda tidak nafsu makan saat hamil. Selain itu, obat seperti olanzapine dan buprenorfin juga dapat berpengaruh pada penurunan nafsu makan untuk ibu hamil.

4. Makan Tidak Teratur

Beberapa ibu hamil ada yang mengalami gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia. Selain itu, konsumsi makanan secara tidak teratur dapat menimbulkan perubahan nafsu makan, ketakutan atau fobia kenaikan berat badan, dan menurunnya asupan makanan. Oleh karena itu, jika Anda sedang hamil dan memiliki kondisi gangguan makan, cobalah untuk berkonsultasi kepada petugas kesehatan untuk mengetahui pengobatan yang harus Anda lakukan.

Selain itu, ada penyebab lain yang membuat Anda tidak nafsu makan saat hamil. Penyebab yang dimaksud yaitu adanya kondisi medis tertentu seperti adanya tumor, mulas, dan mengalami penyakit Addison. 

Tak hanya itu, tingkat stres yang tinggi juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ibu dan membuat tidak nafsu makan saat hamil. Perubahan sensitivitas rasa dan bau karena hamil, kekurangan nutrisi seperti vitamin B12 dan zat besi juga diketahui membuat wanita hamil menjadi tidak nafsu makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *