Simak Manfaat Minum Air Hangat di Malam Hari

Selama bertahun-tahun lamanya, para ahli kesehatan menganjurkan untuk selalu minum air hangat di pagi hari secara teratur terutama pada saat perut kosong. Air hangat memainkan peran penting dalam menjaga kelancaran semua fungsi tubuh sedangkan air dingin kurang memiliki banyak nutrisi penting. Akan tetapi, bukan hanya saat pagi hari, ternyata ada banyak manfaat minum air hangat. Anda pasti tahu bagaimana minum segelas air hangat langsung membuat Anda mudah terlelap di tempat tidur, meningkatkan kesehatan dan kecantikan. 

Banyak orang menghindari minum air putih sebelum tidur supaya tidak buang air kecil di malam hari. Akan tetapi, minum air hangat sebelum tidur ternyata akan membuat tidur lebih nyenyak dan memberikan manfaat kesehatan lainnya, seperti berikut.

1. Melawan kecemasan dan depresi 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kekurangan air dalam tubuh dapat meningkatkan tingkat stres dan menyebabkan depresi hingga berdampak negatif pada siklus tidur. Menyeruput air hangat di malam hari dapat menjaga kadar air dalam tubuh mempertahankan mood spoiler supaya tetap terkendali.

2. Menghilangkan racun 

Air panas sangat efektif meningkatkan suhu tubuh internal sehingga mampu membantu tubuh menghasilkan keringat. Kondisi ini akan mengarah dan membantu sirkulasi darah yang lebih baik dalam hal membuang racun di tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat minum air hangat yang lebih baik dengan mengkonsumsi air hangat sebelum tidur.

3. Mengisi kembali cairan yang hilang

Tubuh akan terus menerus menggunakan cairan dan kehilangan banyak air melalui proses aktifitas sehari-hari seperti berkeringat, buang air besar maupun buang air kecil. Mengonsumsi air minum dapat berguna sebagai pengganti air yang hilang dari tubuh untuk menjaga sistem tubuh tetap bekerja dengan baik, bahkan di malam hari.

4. Membantu pencernaan 

Air panas dapat melarutkan makanan yang tidak diinginkan di saluran pencernaan dan menyebabkan pencernaan lebih baik. Pasalnya, sistem pencernaan paling lemah di malam hari, minum air hangat membantu pencernaan lebih cepat dan lancar. 

5. Membantu menurunkan berat badan 

Alasan yang sama bahwa sistem pencernaan tidak dalam kondisi terbaik di malam hari, minum air hangat akan memecah makanan lebih cepat dan membantu mencernanya lebih cepat serta menghasilkan penurunan berat badan yang lebih cepat!

Meskipun ada banyak manfaat minum air sebelum tidur, ini bisa mengganggu tidur Anda, karena dapat menyebabkan sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Jika Anda merasa sangat haus sebelum tidur, Anda mungkin ingin minum segelas kecil air untuk membantu Anda terbangun di malam hari. Namun, yang ideal adalah tetap terhidrasi sepanjang hari sehingga Anda tidak perlu minum air dalam jumlah berlebihan sebelum tidur.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghindari makanan yang terlalu asin, manis, atau pedas sebelum tidur agar Anda tidak merasa terlalu haus. Sangat penting untuk minum lebih banyak air jika Anda melihat gejala dehidrasi seperti haus, mulut atau kulit kering, atau urin berwarna gelap.

Jaga kamar tidur Anda pada suhu yang nyaman untuk mencegah keringat berlebih. Ada cukup banyak bukti yang disodorkan oleh ahli gizi untuk mendukung fakta bahwa manfaat minum air hangat untuk kesehatan Anda. Minum air putih di pagi hari dan di malam hari akan membuat Anda mengalami perubahan signifikan dalam kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *