Risiko Konsumsi Obat Herbal Prostat sebagai Alternatif

Banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi obat herbal prostat dalam bentuk asli maupun suplemen. Namun, banyak orang yang salah kaprah menilai hanya karena ‘alami’ maka bahan-bahan ini terbebas dari risiko maupun efek samping.

Tentunya obat apapun baik alami atau tidak pasti memiliki efek samping, sehingga bisa jadi tidak aman bila dikonsumsi dalam dosis tertentu. Lantas, apa yang jadi risiko dan efek samping dari mengonsumsi obat herbal untuk menyehatkan prostat?

Risiko konsumsi obat herbal prostat

Prostat merupakan kelenjar kecil berbentuk kacang kenari yang berada di bagian belakang alat kelamin pria yang berfungsi untuk memproduksi sperma. Sama seperti semua bagian tubuh, prostat juga bisa terserang penyakit, antara lain infeksi saluran kemih, pembesaran prostat, dan bahkan kanker.

Terkadang pengobatan yang sudah tersedia dirasa tidak terlalu efektif sehingga banyak orang yang mencoba beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk menjadi obat herbal prostat.

Bahan alami ini bisa dikonsumsi baik secara utuh, asli, dan juga dalam bentuk suplemen. Walau diklaim sangat bermanfaat dan bahkan sudah digunakan secara turun temurun, herbal ini juga memiliki sejumlah risiko dan efek samping.

Misalnya, beberapa herbal bisa berinteraksi dan mengganggu efektivitas obat-obatan lain yang Anda konsumsi serta membuat Anda tidak mendapatkan manfaatnya. Kemudian tidak bisa diyakini bahwa herbal dan suplemen tersebut 100 persen terbukti mencegah kanker prostat ataupu memperlambat pertumbuhannya.

Kesimpulannya, obat herbal prostat dalam bentuk bahan alami maupun suplemen tidak bekerja secara ajaib. Meski diketahui bermanfaat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu apakah penggunaan bahan herbal ini didukung oleh dokter. 

Tips untuk menjaga kesehatan prostat

Menjaga kesehatan prostat tak cukup hanya dengan bahan-bahan alami, namun juga kombinasikan dengan gaya hidup sehat. Contohnya gaya hidup, kebiasaan olahraga, dan konsumsi makanan yang sehat mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan prostat, seperti berikut ini:

1. Minum teh

Teh hijau adalah salah satu terbaik yang mampu meningkatkan kesehatan prostat secara menyeluruh akibat kandungan antioksidannya yang tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa teh hijau bisa menghambat pertumbuhan kanker, sebaiknya Anda memilih teh yang rendah kafein dan juga menghindari kopi, minuman ringan, atau minuman berenergi.  

2. Jaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal adalah salah satu cara untuk mencegah kanker prostat, tentunya hal ini bisa Anda melalui olahraga. Dengan berolahraga, Anda akan mendapatkan manfaat kardiovaskular yang baik serta mencegah penyakit dan masalah seksual seperti disfungsi ereksi.

3. Konsumsi makanan sehat

Ada banyak makanan yang ramah terhadap kesehatan prostat Anda dan juga membantu mencegah timbulnya kanker dan selamatkan pertumbuhan sel-sel kanker. Anda bisa perbanyak konsumsi makanan tinggi omega-3 seperti ikan berlemak, sayuran, alpukat, dan kacang-kacangan serta menghindari konsumsi gula, makanan olahan dan lemak jenuh. 

4. Kelola stres

Stres bisa berdampak negatif pada kesehatan prostat, misalnya dengan tak sengaja mengencangkan otot pelvis saat stres yang dapat menyebabkan prostatitis kronis dan juga memperburuk gejala BPH pada pria. Oleh karena itu sangat penting untuk mengelola stres dengan terapi, meditasi, latihan napas atau olahraga seperti yoga dan taichi. 

Pengobatan alternatif menggunakan obat herbal prostat dari bahan alami banyak dipilih karena biayanya relatif murah dan mudah dilakukan. Akan tetapi perlu diketahui bahwa efektivitas bahan-bahan tersebut belum dapat dipastikan, sehingga sangat penting untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu terutama jika Anda adalah pasien kanker prostat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *