Ragam Manfaat Beras Ketan Putih, Berkhasiat untuk Kesehatan!

Manfaat beras ketan putih bagi kesehatan ternyata sangat banyak. Bahan makanan yang bisa dengan mudah kita temukan di mana saja ini rupanya menjadi salah satu jenis nasi yang banyak ditanam di seluruh Asia selama kurang lebih 4.000 tahun lamanya.

Manfaat beras ketan putih salah satunya adalah mencegah diabetes

Beras ketan putih memiliki tekstur yang berbeda, yakni lengket seperti lem. Hal ini berkat kandungan amylose yang sangat rendah, tapi kandungan amylopectin yang tinggi di dalamnya. Kita bisa mengolahnya baik dalam bentuk makanan manis ataupun asin.

Nutrisi Beras Ketan Putih

Kandungan karbohidrat di dalam beras ketan putih terhitung sedikit lebih rendah, sehingga cocok digunakan sesekali sebagai pengganti nasi. Di Jepang, jenis nasi yang biasa digunakan untuk sushi menggunakan beras ketan putih. 

Jenis beras ini juga bebas gluten, maka dari itu sangat cocok untuk dikonsumsi oleh pengidap intoleransi gluten.

Nutrisi yang terkandung di dalamnya cukup unik. Terdapat protein yang sangat tinggi, sehingga beras ketan putih memiliki sebanyak 170 kalori. Sejumlah vitamin seperti vitamin B, selenium, zinc, magnesium, tembaga, dan fosfor juga terkandung di dalamnya.

Serat yang terkandung memang tidak terlalu banyak, tapi beras ketan putih sama sekali tidak mengandung lemak ataupun kolesterol sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai menu diet yang mengenyangkan.

Manfaat Beras Ketan Putih

Kita bisa mendapatkan beragam manfaat beras ketan putih yang baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya bisa untuk mencegah risiko terkena penyakit kronis juga, lho. 

1. Mencegah penyakit kronis

Kandungan selenium serta beragam vitamin dan mineral lainnya dalam beras ketan putih mempengaruhi kadar antioksidan dalam tubuh. Jumlah kadar antioksidan yang baik di dalam tubuh dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis dan juga mengurangi stres oksidasi di dalam tubuh.

2. Mencegah diabetes

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa mengonsumsi nasi ketan dalam satu hari saja bisa memperbaiki kontrol glikemik pada pasien pengidap diabetes tipe 2. Dengan catatan, pasien tersebut harus menjalani pemantauan glukosa secara terus-menerus.

3. Mencegah radang

Manfaat beras ketan putih terletak pada kandungan nutrisinya yang beragam. Beberapa di antaranya adalah tembaga, zinc, dan macam-macam vitamin B yang diketahui dapat mendorong kekuatan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat mengurangi risiko mengalami radang di dalam tubuh dan juga menurunkan tekanan pada sistem tubuh. 

4. Menguatkan tulang

Dengan beragam mineral penting di dalam beras ketan putih, mengonsumsinya dapat membantu tulang Anda lebih kuat dan menurunkan risiko terkena osteoporosis seiring bertambahnya usia. 

5. Menyehatkan jantung

Beras ketan putih sama sekali tidak mengandung lemak ataupun kolesterol di dalamnya. Oleh karena itu, jenis nasi ini merupakan pilihan terbaik bagi pengidap masalah jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi, ataupun orang yang bermasalah dengan berat badannya.

6. Memperbaiki metabolisme

Banyaknya jenis vitamin B yang terdapat di dalam beras ketan putih sangat terikat dengan metabolisme tubuh. Metabolisme yang dimaksud meliputi produksi enzim, keseimbangan hormon, dan proses metabolisme penting lainnya. Oleh karena itu, mengonsumsi ketan putih dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh kita. 

Cara Memasak Beras Ketan Putih

Memasak beras ketan putih tidak jauh beda dengan memasak nasi putih biasa. Hanya saja memerlukan persiapan yang lebih rumit dan juga proses memasak yang tidak terlalu lama. 

Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Sebagai catatan, jika ingin dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan, jangan tambahkan apapun agar tidak mengurangi gizi dan nutrisi serta menghilangkan manfaat di dalamnya.

Langkah-langkah memasak beras ketan putih:

  • Sebelum dimasak, rendam terlebih dahulu beras ketan putih di dalam air selama kurang lebih 4-5 jam atau idealnya semalaman, dengan volume air lebih banyak dari beras
  • Buang airnya dan bilas menggunakan air dingin minimal tiga kali
  • Setelah membuang air terakhir, taruh beras ketan di pengukus. Anda juga bisa menggunakan rice cooker.
  • Kukus beras ketan putih di atas air mendidih selama kurang lebih 30 menit menggunakan api kecil. Tidak perlu diaduk.
  • Setelah matang, diamkan beras ketan sebentar sebelum menghidangkan dan mengonsumsinya. 

Hidangkan ketan putih hangat dengan beberapa lauk seperti kari ataupun daging. Anda juga bisa menambahkan sayuran atau buah-buahan untuk hidangan manis agar tetap mendapatkan manfaat beras ketan putih yang baik. Selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *