Prosedur Bedah Plastik di Pusat Estetika RS EMC Tangerang

Perkembangan dan kemajuan di bidang kedokteran membuat hampir semua keluhan dapat diatasi, tak terkecuali soal keindahan penampilan atau estetika. Melalui beberapa prosedur medis, seseorang bisa memperbaiki atau mengubah penampilannya. Belakangan inilah yang dikenal dengan istilah bedah plastik. Di Indonesia, sudah mulai banyak fasilitas kesehatan yang membuka layanan ini, termasuk RS EMC Tangerang.

Di rumah sakit ini, layanan tersebut dinamai EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center. Melalui halaman resminya, diketahui tujuan dari layanan ini adalah memberikan solusi lengkap perawatan kecantikan kulit dan tubuh.

Masih dari sumber yang sama dapat diketahui pula bahwa layanan ini bisa mengakomodir kebutuhan estetika pasien melalui tindakan non-invasif (non bedah), bedah estetika, hingga bedah rekonstruktif dengan teknologi terkini serta didukung oleh dokter yang berpengalaman di bidangnya. 

Seperti yang sudah disinggung di atas, bedah plastik di RS EMC Tangerang dibagi ke dalam dua kategori, pertama adalah bedah estetika dan kedua adalah bedah rekonstruktif. Bedah rekonstruktif adalah pembedahan yang dilakukan untuk mengembalikan penampilan dan fungsi normal pada bagian tubuh yang cacat karena suatu penyakit atau kondisi medis. Adapun bedah estetika sendiri lebih fokus ke upaya mempercantik kondisi tubuh.

Dalam kategori bedah rekonstruktif, RS EMC Tangerang bisa melayani setidaknya tiga prosedur medis, di antaranya:

  • Cangkok kulit atau tindakan pelepasan kulit sehat untuk kemudian digunakan untuk menutupi area kulit yang rusak atau ingin diperbaiki. Teknik cangkok kulit biasanya digunakan untuk menutupi luka berukuran besar, luka bakar, patah tulang, bibir sumbing, dan area kulit yang terpaksa harus disingkirkan karena kondisi tertentu seperti kanker.
  • Perluasan jaringan atau teknik yang melibatkan peregangan dari jaringan-jaringan sekitar area tertentu. Dokter bedah plastik akan memasukkan alat ke bawah lapisan kulit, yang kemudian akan diisi penuh dengan cairan tertentu untuk membuat kulit menjadi renggang. Setelah dirasa cukup, alat tersebut akan ditarik keluar, dan jaringan baru akan ditempatkan di lokasi tersebut untuk menggantikan kulit yang rusak atau hilang.
  • Bedah penutup yang umumnya dilakukan pada tindakan bedah payudara dan bibir sumbing. Metode bedah plastik ini melibatkan perpindahan jaringan, lengkap dengan sejumlah pembuluh darah utama, dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya. Cara kerjanya mirip dengan teknik cangkok kulit, namun teknik ini memiliki kemungkinan sukses yang lebih besar karena pasokan darah disediakan langsung oleh jaringan baru yang ditanamkan pada bagian yang rusak.

Sementara dalam kategori bedah estetika, lebih banyak lagi prosedur medis yang dapat dilakukan di EMC Plastic Surgery & Aesthetic Center ini. Tak hanya di bagian wajah, beberapa bagian lain yang kerap dijadikan simbol kecantikan pun dapat dilayani di rumah sakit ini.

Lebih lengkap mengenai prosedur bedah plastik, khususnya bedah estetika, yang dapat dilakukan di RS EMC Tangerang antara lain:

  • Lipolife 3G (Minimal Invasive Laser Surgery) untuk sedot lemak, mengencangkan kulit, hingga cangkok lemak;
  • Nose Surgery atau prosedur pembedahan untuk mengubah bentuk hidung;
  • Eyelid Surgery atau operasi kosmetik untuk meningkatkan penampilan serta memperindah tampilan di area sekitar mata;
  • Ear Surgery atau rekonstruksi telinga;
  • Lip Surgery untuk memperbaiki bentuk bibir menjadi lebih baik;
  • Chin Surgery dikenal juga sebagai operasi pengencangan dagu, pipi, dan/atau rahang;
  • Facelift untuk menciptakan tampilan lebih awet muda pada wajah;
  • Neck Surgery atau dikenal juga dengan pengencangan kulit leher;
  • Breast diketahui pula sebagai pembesaran atau implan payudara;
  • Gluteal atau operasi pembesaran pantat atau bokong;
  • Stomach Surgery / Tummy-Tuck untuk mendapatkan bentuk perut yang lebih indah dan proporsional;
  • Vaginoplasty yang bertujuan mengembalikan kondisi vagina agar kembali kencang;
  • Labiaplasty atau operasi vagina yang dirancang untuk memperbaiki bibir vagina;
  • Lipofilling atau operasi plastik yang ditujukan untuk memperbaiki cacat dan kontur tubuh dengan bantuan lemak dari tubuh pasien sendiri.

Itulah kiranya beberapa prosedur medis yang dapat dilakukan oleh Pusat Estetika RS EMC Tangerang. Jika di antara para pembaca ada yang tertarik untuk melakukan satu atau beberapa prosedur bedah plastik di sini, silakan datang langsung ke rumah sakit atau terlebih dahulu menghubungi call center di nomor 021-5097 8999 atau 0857-7471-1860.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *