Mudah Kehilangan Motivasi Diet? Coba Tips Berikut Ini!

Mudah Kehilangan Motivasi Diet? Coba Tips Berikut Ini!

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, diet bisa menjadi salah satu pilihan. Sayangnya, tidak semua orang mampu melakukan diet dengan tepat sebab sering kehilangan motivasi di tengah jalan. Minggu pertama ketika melakukan diet tentu Anda akan menjalaninya dengan semangat. Akan tetapi, ketika memasuki minggu ketiga, biasanya semangat tersebut telah luntur sehingga diet yang dijalani pun gagal. Agar proses pembentukan tubuh yang Anda inginkan berhasil, cobalah untuk mengikuti tips menjaga motivasi diet seperti berikut ini. 

  1. Pilih program diet yang realistis

Hindari menggunakan program diet yang terlalu muluk-muluk. Hal itu akan membuat Anda kehilangan motivasi saat target tidak tercapai. Anda hanya perlu memilih program diet yang realistis. Dengan begitu, motivasi diet pun dapat terjaga hingga akhir. Program diet pun biasanya berlangsung dalam jangka waktu Anda. Saat memilih, pastikan bahwa telah sesuai dengan motivasi diet Anda. Selain itu, pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. 

  1. Berpikiran positif

Saat menjalani diet, akan ada masa ketika berat badan stagnan padahal Anda merasa telah menjaga pola makan dan rajin olahraga. Hal itu biasanya menyebabkan banyak orang kehilangan motivasi diet. Untuk menjaga diri tetap termotivasi, Anda perlu berpikir positif selama melakukan evaluasi diet yang dijalani. Pastikan bahwa di dalam pikiran Anda terdapat kalimat berupa “tidak ada yang sia-sia”. Dengan begitu, motivasi diet Anda tidak akan mudah luntur. 

  1. Turunkan dengan perlahan 

Melakukan penurunan berat badan dalam jumlah banyak dengan waktu sangat singkat dapat membahayakan tubuh. Hal tersebut dikarenakan metabolisme tubuh tidak sempat mengalami penyesuaian. Oleh karena itu, diet yang benar akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan melakukannya secara bertahap dan berjangka.  

  1. Gunakan target jangka pendek 

 Tips lain untuk mempertahankan motivasi diet adalah dengan menggunakan target jangka pendek. Hal ini cukup penting dilakukan sebab mampu menjaga kepercayaan diri Anda untuk menjalani program diet hingga selesai. Target jangka pendek membuat Anda lebih semangat sebab hasil selalu terlihat dan terhitung meski hanya sedikit. Cara menentukan target jangka pendek cukup mudah. Misalnya Anda ingin menurunkan berat badan sebanyak 15 kg dalam 3 bulan, gunakan target jangka pendek berupa penurunan berat badan sebanyak 1,5 kg saja setiap minggunya. Meski secara hitungan sama, namun psikologis Anda akan mendapat pengaruh berbeda dari hitungan berupa target jangka pendek tersebut. 

  1. Lakukan olahraga

Selain menjaga pola makan, Anda perlu melakukan olahraga. Tidak hanya mampu membantu menurunkan berat badan, olahraga ternyata juga bisa menjadi motivasi diet terutama jika dilakukan bersama teman atau orang tersayang. Pilih olahraga yang menyenangkan, bisa dilakukan berdua atau lebih, serta disertai musik agar motivasi diet terus menyala setiap harinya. Beberapa jenis olahraga yang dapat Anda coba yaitu zumba atau bersepeda. 

Sebelum mulai menjalani diet, Anda lebih baik berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Hal itu amat disarankan terutama bagi Anda yang memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu. Pola makan diet perlu diatur sedemikian rupa menyesuaikan kondisi tubuh Anda sehingga tidak membahayakan. Pastikan pula motivasi diet yang Anda miliki cukup kuat sehingga semangat dalam diri tidak mudah padam. Apabila Anda ingin berdiskusi lebih lanjut tentang motivasi diet, tanyakan langsung pada dokter secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store atau Google Play.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *