Mengobati Mata Gatal dan Perih Akibat Alergi dengan Alegysal

alegysal

Mata gatal, perih, dan merah dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Hampir setiap orang pernah mengalami hal ini. Umumnya, mata gatal dan perih disebabkan oleh alergi. Alergen atau zat yang membuat mata iritasi ini biasanya ditemukan pada debu, bulu binatang, atau serbuk sari.

Namun, penyebab dari mata gatal tidak hanya alergi saja. Peradangan selaput mata juga dapat memicu kondisi ini. Penggunaan lensa kontak. make up, atau air mata buatan juga dapat memicu mata menjadi gatal dan perih. Terdapat berbagai cara untuk mengatasinya, dari cara alami dan menggunakan obat tetes seperti Alegysal

Sebelum mengetahui cara-cara mengobati mata gatal dan perih, Anda dapat mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kondisi ini secara rinci.

Penyebab mata gatal dan perih

1. Alergi

Banyak dari kasus mata gatal yang disebabkan oleh beberapa jenis alergi. Alergen yang masuk ke mata seperti debu, bulu binatang, dan serbuk sari akan menyebabkan terjadinya pelepasan senyawa histamin pada jaringan di sekitar mata. Hal ini menimbulkan reaksi alergi dan gejala yang dirasakan adalah mata terasa gatal, perih, kemerahan, hingga terjadi pembengkakan mata.

Alergi pada mata juga dapat terjadi pada musim tertentu. Untuk mengetahui secara pasti apakah Anda memiliki alergi atau jenis alergen yang menjadi pemicunya, Anda dianjurkan untuk melakukan tes alergi. Beberapa alergen dalam jumlah kecil akan disuntikkan di bawah kulit untuk melihat reaksi yang muncul.

2. Peradangan selaput mata

Peradangan pada selaput mata disebut juga dengan konjungtivitis vernal. Kondisi ini sering dialami orang dengan riwayat keluarga yang memiliki alergi dan umumnya muncul pada musim panas dan musim semi.

Penyakit ini membuat mata menjadi terasa gatal dan mengeluarkan air. Permukaan kelopak mata juga akan menjadi kasar serta tertutup benjolan dari lendir yang keputih-putihan sehingga menyebabkan penglihatan terganggu.

3. Infeksi

Selain alergi, mata juga rentan pada infeksi virus, bakteri, dan jamur. Tidak hanya membuat mata terasa gatal, infeksi juga dapat membuat bagian putih mata berubah menjadi merah. Perlu diperhatikan juga bahwa penyakit ini dapat menular dan harus ditangani dengan cepat.

4. Mata kering

Mata memproduksi air mata agar tetap lembap dan segar. Jika produksi air mata menurun dan mata menjadi kering, maka akan menyebabkan rasa gatal. 

Produksi air mata berkurang dapat disebabkan dari penuaan, tersumbatnya saluran atau kelenjar air mata, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Berada di ruangan berangin dan lingkungan dengan tingkat kelembapan yang rendah juga dapat memicu mata kering.

Cara mengatasi mata gatal dan perih

  • Memakai kompres dingin

Saat mata gatal, Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan kompres dingin karena dapat meredakan rasa gatal. Selain itu, kompres dingin akan memberikan efek menenangkan pada mata sehingga Anda dapat menjadi lebih nyaman.

  • Menggunakan obat tetes mata

Obat tetes mata dapat mengurangi rasa gatal dan meredakan gejala lainnya. Produk obat tetes mata juga memiliki fungsi yang berbeda, ada yang dapat digunakan untuk mengobati alergi dan kemerahan atau hanya untuk melawan mata kering saja.

Obat tetes mata yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi alergi dan peradangan selaput mata atau konjungtivitis vernal adalah Alegysal. Namun, penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dari dokter, apoteker, atau tenaga kesehatan lainnya karena Alegysal tergolong obat keras.

Kandungan dan aturan penggunaan Alegysal

Kandungan utama dari Alegysal adalah Pemirolast potassium 0,1 %. Kandungan ini tergolong pada obat pirimidin yang memiliki aktivitas dan fungsi sebagai antialergi.

Anda dapat menggunakan obat ini sebanyak dua kali dalam sehari dengan satu tetes tiap penggunaannya. Waktu yang dianjurkan dalam penggunaannya adalah tiap pagi dan malam hari.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Alegysal 

Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan saat menggunakan Alegysal adalah sebagai berikut:

  • Hanya digunakan untuk mata
  • Bersihkan kulit disekita mata
  • Hindari pemakaian pada anak-anak, bayi, dan wanita hamil

Untuk menjaga kualitas Alegysal, simpan produk ini pada tempat yang kering, sejuk, dan hindari paparan sinar matahari secara langsung. Anda juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada tenaga medis sebelum menggunakan obat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *