Mengenal Tes Agregasi Trombosit Tidak Disediakan Prodia Sukabumi

Seperti yang Anda ketahui bahwa di Sukabumi sudah terdapat Prodia yang memudahkan Anda melakukan tes atau pemeriksaan kesehatan untuk kepentingan pribadi, seleksi karyawan atau untuk perjalanan selama PPKM Covid-19.

Namun ternyata seperti yang diketahui berdasarkan penelusuran Google Maps laboratorium klinik cabang Sukabumi tidak menyediakan atau mengakomodasi pelanggan yang ingin tes agregeasi trombosit karena stabilitasnya masih kurang.

Dengan begitu, bagi yang ingin melakukan tes tersebut harus ke Prodia di kota atau kabupaten lainnya yang mau menyediakan dan mengakomodasi.

Lalu apakah itu agregasi trombosit?

Didapat dari berbagai sumber agregasi trombosit adalah kondisi yang menunjukkan terjadinya pembekuan atau agregasi dalam pembuluh darah yang dilakukan oleh trombosit atau sel pembeku darah beserta sistem pembekuan darah.

Trombosit atau dengan nama lain platelet memang mempunyai peran yang cukup penting dalam pembekuan darah terutama saat tubuh mengalami luka yang menyebabkan pendarahan atau darah keluar terus-menerus.

Penyebab terjadinya agregasi?

Kondisi pembekuan darah ini disebabkan oleh adanya tumor dalam tubuh, adanya sifat protein dalam darah, albumin-globulin, yang mengubah darah, bertambahnya sel darah yang memperlambat aliran darah.

Penyebab lainnya adalah melonjaknya kadar kolesterol dalam darah, serta pola makan yang tidak teratur, kurang konsumsi makanan bergizi, merokok, dan minum alkohol.

Apabila hal ini tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan kondisi kronis seperti terkena serangan jantung dan stroke, dengan gejala-gejala yang diperlihatkan seperti vertigo, sakit kepala, dan migrain.

Hal itu karena adanya aliran darah yang melambat sehingga membuat jantung harus ekstra keras memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Kondisi ini juga dapat meningkat secara serius pada penderita Diabetes dan stroke iskhemik akut.

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk bisa mengatasi kondisi tersebut adalah melalui tes atau pemeriksaan agregasi trombosit yang digunakan untuk mendeteksi fungsi trombosit.

Fungsi ini dinilai berdasarkan kemampuannya melekat satu sama lain. Untuk bisa mendeteksi kelainan trombosit tersebut, dalam prosedur pemeriksaan digunakanlah alat bernama agregometer semiotomatik yang akan menganalisis berdasarkan transmisi cahaya yang berubah.

Pada alat ini terdapat plasma yang kaya trombosit, dan dicampurkan dengan agregator adenosin difosfpat dalam berbagai konsentrat.

Alat ini sendiri biasanya hanya terdapat di rumah sakit dan laboratorium klinik yang fasilitasnya lengkap.

Selain dengan semiotomatik, tes agregasi trombosit juga bisa dilakukan secara manual, dan bisa dilakukan di semua fasilitas layanan kesehatan dengan akurasi dan sensitivitas yang tinggi berdasarkan hasil penelitian.

Manfaat yang didapat apa saja?

Manfaat dari tes agregasi trombosit yang tidak ada di Prodia Sukabumi ini adalah selain untuk mengevaluasi trombosit, juga untuk membantu diagnosis penyakit Von Wildebrand, Glanzmann, sindrom Bernard Soullier, gray platelet, dan fenomena Raynaud.

Berapa harga tes dan berapa lama hasilnya keluar?

Apabila Anda ingin melakukan tes di Prodia cabang lain, harga yang dibanderol dari tes ini adalah di kisaran Rp 300.000-an. Untuk hasil sendiri bisa didapat dalam waktu satu hari sehingga tidak perlu waktu lama untuk menunggu.

Cara mencegah pembekuan darah

Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Supaya Anda tidak repot-repot untuk tes saat didiagnosis mengalami pembekuan darah atau dari gejala-gejala yang Anda alami, sebaiknya Anda lakukan langkah-langkah yang dapat mencegah hal tersebut, yaitu bergerak, berhenti merokok, menurunkan berat badan, dan berolahraga.

Itulah mengenai tes agregasi trombosit untuk mengetahui pembekuan darah dalam tubuh yang tidak ada atau diakomodasi oleh Prodia Sukabumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *