Mengenal 3 Dot Pigeon Untuk Bayi Berkebutuhan Khusus

Segala perlengkapan dan keperluan bayi adalah hal utama yang harus dipersiapkan dengan penuh perhatian. Begitu pula dengan dot yang mereka gunakan. Memilih dot yang tepat serta mengetahui cara pakai dan perawatannya harus diketahui para ibu bahkan calon ibu. 

Dot yang tepat dan sesuai kebutuhan akan memberikan pengalam menyusui si kecil menjadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan. Dot sendiri biasanya terdiri dari ukuran yang berbeda sesuai dengan usia dan kondisi bayi. Bahannya dan bentuknya pun beragam.

Berbicara tentang kondisi bayi, beberapa bayi mungkin mengalami kondisi yang agak berbeda dengan lainnya. kondisi tersebut bisa saja lahir prematur, bibir sumbing atau langit-langit bercelah pasca operasi, kondisi bayi dengan micrognathia. Mereka tentu memerlukan perlengkapan khusus.

Salah satu merek yang terpercaya menghadirkan dot bayi berkualitas adalah pigeon. Dot pigeon memiliki jenis bervariasi untuk bayi biasa maupun bayi berkebutuhan khusus. Ada 3 jenis botol dan dot pigeon untuk memenuhi kebutuhan bayi dengan kondisi spesial tersebut.

Botol dan dot pigeon untuk bayi prematur

Sama seperti bayi lainnya, bayi yang lahir prematur pun memerlukan susu untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Pada umumnya kondisi ini tidak menjadi penghalang untuk mereka mendapatkan ASI langsung dari payudara sang ibu yang tentunya dengan posisi yang tepat. 

Namun, mungkin dalam beberapa kasus Anda maupun si kecil memiliki kendala untuk memberikan ASI langsung dari payudara sehingga memerlukan botol dan dot sebagai alternatifnya. Pigeon Nursing Bottle For Low Birth Weight atau Pigeon Nursing Bottle For Premature Baby adalah produk set botol dan dot yang dikembangkan oleh pigeon khusus untuk bayi dengan kondisi lahir prematur. 

Bentuk dan diameter ujung dot dirancang sesuai dengan berat badan bayi yang lahir prematur yang biasanya berbobot kecil. Tak hanya berat, dot juga disesuaikan dengan rongga mulut bayi. Ada dua ukuran untuk dot untuk bayi prematur yaitu SSS untuk bayi prematur dengan berat badan yang rendah dan SS untuk bayi prematur dengan berat badan normal dan kemampuan menghisap yang rendah.

Bahan yang dipakai untuk dot adalah karet silikon ekstra lembut dan elastis serta tahan suhu sampai 120°C. Perlu diketahui bahwa dot hanya dapat digunakan dengan botol khusus untuk bayi prematur. Untuk botolnya sendiri mampu tahan dengan suhu yang sama dengan dot, terbuat dari kaca borosilicate yang aman dan mudah dibersihkan. Botol susu ini terdiri dari dua ukuran, yaitu 100 ml dan 200 ml.

Botol dan dot pigeon untuk bibir sumbing

Untuk bayi yang memiliki bibir sumbing atau langit-langit bercelah juga dapat diberikan ASI langsung dari payudara sang ibu. Namun, jika terjadi kesulitan, Anda dapat mencoba menggunakan botol dan dot yang dirancang khusus untuk kondisi tersebut.

Pigeon Nursing Bottle For Cleft Lips Palate Baby adalah salah satu produknya. Set botol dan dot ini dirancang khusus untuk bayi dengan kondisi bibir sumbing atau langit-langit bercelah. Bentuk dot diformulasikan untuk kondisi khusus tersebut dengan diameter yang lebar. Desain yang lebar ini akan mencegah terjadinya kebocoran udara atau susu dari celah mulut bayi. 

Ada dua ukuran untuk dot ini, yaitu Regular Size Untuk bayi bibir sumbing dan Small Size untuk bayi bibir sumbing dan lahir prematur. Untuk ketebalan dotnya sendiri juga didesain khusus, di mana sisi bagian atas lebih tebal sesuai dengan rahang atas bayi, berfungsi untuk mencegah dot ‘slip’ pada celah mulut bayi. Di sisi bagian bawah yang menghadap ke lidah lebih tipis untuk memudahkan lidah bayi bergerak dengan nyaman.

Dot pigeon untuk kondisi ini juga dilengkapi dengan bagian ‘Anti Back Flow’ yang memiliki kegunaan mencegah susu mengalir balik ke dalam botol saat bayi menyusui. Pasang bagian ini dibagian dalam dot. Bentuk lubang dot sendiri berupa ‘Y cut’ dengan ukuran regular dan small size demi memberikan yang terbaik dan memudahkan mengalirkan susu dari lubang dot.

Untuk spesifikasi botolnya terbuat dari bahan PolyPropylene-BPA Free yang lembut dan ringan. Bayi kondisi ini biasanya memiliki kemampuan menghisap yang lemah, sehingga botol yang lembut ini dapat dengan mudah ditekan agar susu dapat mengalir keluar.

Botol dan dot pigeon untuk bayi pasca operasi

Jenis terakhir dirancang khusus untuk bayi pasca operasi dengan kondisi bibir sumbing dan langit-langit bercelah pasca operasi atau bayi dengan kondisi micrognathia (kondisi bayi dengan rahang bawah yang kecil).

Botol dan dot pigeon satu ini menjadi solusi jika Anda maupun sang bayi kesulitan untuk menyusu langsung dari payudara. Keistimewaan dari dot pigeon jenis ini adalah bentuknya yang panjang dengan menggunakan bahan hard silicon namun tetap ekstra lembut. Ujung dot juga terdapat lubang untuk mengalirkan susu dan dapat tahan panas sampai dengan suhu 110°C.

Setiap bayi memerlukan keperluannya sendiri yang sesuai dengan usia dan kondisi mereka. tak terkecualinya botol dan dot yang menjadi fasilitas mereka untuk mendapat asupan nutrisi. Botol dan dot yang sesuai akan memberikan proses menyusui yang baik dan menyenangkan. Dot pigeon memberikan perlengkapan menyusui yang dirancang khusus untuk bayi berkebutuhan khusus. 

Dapatkan dot pigeon asli hanya di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ melalui website dan aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *