Mengatasi Penyakit Kulit dengan Benoson Cream

Benoson cream merupakan salah satu obat yang dapat meredakan gejala penyakit kulit seperti eksim, ruam, dermatitis, dan psoriasis. Gejala penyakit kulit biasanya dapat berupa kulit kemerahan, kering, gatal, bersisik, bengkak, hingga peradangan. Obat ini bisa didapatkan di toko online maupun apotek terdekat.

Memiliki kandungan zat aktif betamethasone, benoson cream digolongkan sebagai obat kortikosteroid. Artinya, obat ini memiliki kandungan steroid yang berfungsi untuk meredakan peradangan. Selain itu, betamethasone memiliki sifat antiinflamasi atau anti-peradangan serta antipiretik atau antigatal.

Indikasi atau manfaat benoson cream

Seperti yang dikatakan, benoson cream memiliki manfaat untuk meredakan gejala penyakit kulit yang peka terhadap obat kortikosteroid. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu penyakit kulit kronis yang ditimbulkan karena adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh atau faktor genetik seseorang. Penyakit kulit kronis ini biasanya menimbulkan gejala yang khas seperti kulit bersisik berwarna kemerahan, kering, dan kasar yang akan mengelupas.

Psoriasis biasanya timbul di bagian tubuh tertentu seperti siku, lutut, leher, kepala, dan wajah. Psoriasis termasuk penyakit kulit yang tidak bisa disembuhkan. Namun, gejalanya dapat diatasi dengan pengobatan tertentu seperti menggunakan benoson cream. 

Meski ada yang mengatakan penyebab psoriasis adalah gangguan pada sistem kekebalan imun, namun masih banyak ahli yang belum mengetahui secara pasti apa penyebab psoriasis. Beberapa ada yang mengatakan terdapat faktor lain yang menyebabkan psoriasis, seperti stres, infeksi tenggorokan, serta cuaca dingin.

  • Dermatitis

Salah satu penyakit kulit yang bisa diatasi oleh benoson cream adalah dermatitis. Peradangan kulit satu ini biasanya ditandai dengan gejala seperti kulit kering, bengkak, dan kemerahan. Meski tidak menular, penyakit kulit ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Penyebab dari dermatitis bervariasi tergantung pada jenisnya. Beberapa jenis dermatitis tertentu dapat berlangsung sangat lama, beberapa juga ada yang dapat kambuh. Kondisi ini tergantung pada musim atau stres yang dirasakan pada pasien.

  • Eksim

Eksim atau juga bisa disebut sebagai dermatitis atopik juga bisa diatasi dengan benoson cream. Eksim ini memiliki sifat kronis atau dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Namun, terkadang eksim juga akan kambuh beberapa waktu atau hilang dan timbul. Biasanya orang yang memiliki eksim juga memiliki riwayat asma dan rhinitis alergi.

Perlu diingat bahwa eksim bukanlah penyakit kulit yang dapat disembuhkan. Namun ada beberapa cara untuk mengatasi dan mengurangi rasa gatal serta frekuensi kekambuhan. Selain itu, penyebab dari eksim juga masih belum diketahui. Beberapa ahli ada yang berpendapat bahwa penyebab eksim merupakan kombinasi dari faktor genetik dan faktor-faktor lainnya.

Gejala yang dialami bisa sangat berbeda pada setiap orang. Secara umum, gejala eksim yang timbul berupa kulit kering, gatal, kemerahan, benjolan yang berisi cairan atau nanah, biasanya area yang terkena eksim akan menebal dan bersisik, serta kulit bengkak dan menjadi sensitif.

Perlu diingat bahwa beberapa penyakit kulit di atas tidak dapat disembuhkan. Benoson cream hanya digunakan untuk mengatasi gejala yang muncul. Kandungan betamethasone yang ada dalam benoson cream dapat meredakan peradangan dan rasa gatal akibat penyakit kulit tersebut. 

Selain itu, obat benoson cream merupakan obat keras yang hanya dapat digunakan sesuai petunjuk dokter. Hati-hati dalam menggunakan betamethasone apabila Anda memiliki kondisi tertentu seperti riwayat iritasi kulit setelah penggunaan steroid, katarak, glaucoma, diabetes, infeksi kulit, dan penyakit hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *