Mencegah Kurap Demi Menghindari Benjolan di Kulit Kepala

Benjolan di kulit kepala bila tidak segera diatasi bakal membuat kita tidak nyaman dalam beraktivitas. Kondisi itu seyogyanya sudah kita cegah sejak jauh-jauh hari. Adapun yang kerap menjadi penyebab munculnya benjolan adalah terjadinya infeksi pada kulit kepala.

Benjolan di kulit kepala

Benjolan di kulit kepala bila tidak segera diatasi bakal membuat kita tidak nyaman dalam beraktivitas. Kondisi itu seyogyanya sudah kita cegah sejak jauh-jauh hari. Adapun yang kerap menjadi penyebab munculnya benjolan adalah terjadinya infeksi pada kulit kepala. Infeksi yang dimaksud dalam hal ini adalah yang diakibatkan oleh jamur. 

Infeksi jamur di kulit kepala bisa disebut sebagai kurap atau nama lainnya adalah tinea capitis. Infeksi itu bila tidak segera diatasi atau dicegah kemunculannya bisa menyebabkan benjolan di kulit kepala. Adapun kurap muncul karena jamur dermatofita. Jenis jamur itu biasanya gemar berada di tempat yang hangat atau lembab. Hal ini kemudian yang membuat jamur itu sering ditemukan di kulit kepala.

Sebagai informasi, kurap ini sebetulnya bisa diketahui munculnya melalui gejala yang ditimbulkan. Adapun gejala yang dimaksud adalah rambut menjadi rapuh dan mudah rontok, demam, bagian kulit kepala berwarna agak kemerahan, bercak seperti sisik di area kepala dan bila tidak segera diobati akan melebar. Gejala lainnya adalah ketika disentuh kulit kepala terasa sakit dan kelenjar getah bening membengkak.

Kendati demikian, kita bisa mencegah kurap yang menjadi salah satu penyebab benjolan di kulit kepala. Adapun langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah menggunakan sampo secara rutin. Di sisi lain, yang perlu diingat adalah agar lekas mencuci rambut dengan sampo apabila kita habis mencukur rambut. Ini menjadi catatan khusus karena sering diabaikan.

Metode pencegahan lainnya adalah dengan tidak memakai barang yang sama dengan orang lain. Selain helm, salah satu yang sering terjadi adalah memakai handuk yang sama. Biasanya, pemakaian handuk yang sama ini terjadi di asrama atau mahasiswa perantau yang tinggal di kost. Penting untuk diingat, tidak berbagi pemakaian barang yang berhubungan dengan kepala merupakan pencegahan kurap yang sangat penting untuk dilakukan.

Selain hal tersebut, agar tidak terjadi benjolan di kulit kepala yang disebabkan oleh kurap, kita bisa melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan barang-barang yang digunakan. Mencuci sprei, sarung bantal dan guling, helm dan sisir juga diperlukan. Adapun cara mencegah lainnya adalah tidak berkontak dengan hewan yang terinfeksi jamur penyebab kurap. Bagi pembaca yang memiliki hewan piaraan, ada baiknya segera ke dokter hewan jika hewan anda mengalami kebotakan ada bulunya.

Apabila sudah terlanjur terkena kurap, pembaca bisa melakukan pengobatan dengan memakai obat antijamur. Di samping itu, menggunakan sampo secara rutin juga bisa menjadi cara untuk mengatasi kurap. Adapun jenis obat antijamur yang dimaksud, sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter terkait.

Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui bahwasannya benjolan di kulit kepala juga bisa disebabkan oleh kurap. Oleh karena itu, apabila kita tidak ingin terjadi benjolan kecil di kepala, alangkah bijaknya bila kita melakukan pencegahan hal-hal yang bisa membuat kulit kepala dan rambut menjadi tidak sehat.

Meskipun terdengar sepele, yang perlu kita tekankan adalah bahwa infeksi jamur di kulit kepala apabila tidak segera diberikan penanganan bisa memberikan dampak yang lebih parah. Dampak yang dimaksud dalam hal ini adalah pembekakan pada kulit kepala dan bernanah. Bila itu terjadi, maka penderita bisa mengalami kebotakan secara permanen. 

Oleh sebab itulah demi menghindari benjolan di kulit kepala akibat kurap ini, pencegahan sangat diutamakan. Terlebih cara mencegahnya pun terbilang mudah dan sangat sederhana. 

Demikian artikel singkat terkait kurap dan benjolan di kulit kepala yang bisa disampaikan. Semoga tulisan ini bisa membuat kita lebih peduli lagi dengan kesehatan kulit kepala dan rambut. Meskipun tampak biasa saja, tetapi infeksi jamur ini perlu mendapatkan perhatian karena bisa membuat penampilan kita tidak menarik dan kurang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *