Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Vitacimin

manfaat vitacimin

Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh karena ia berfungsi untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi. Masalahnya, Vitamin C tidak dapat diproduksi seacara alami oleh tubuh sehingga umumnya seseorang membutuhkan makanan yang tinggi akan vitamin C atau suplemenuntuk memenuhi kebutuhan vitamin C-nya. Terkait suplemen, salah satu yang sudah populer adalah Vitacimin.

Vitacimin adalah produk dari PT Takeda Indonesia. Obat yang satu ini mengandung asam askorbat atau vitamin C yang ketika diminum, bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C. 

Tidak cuma Vitamin C, di dalam Vitacimin juga terkandung vitamin E dan L-cysteine. Kedua senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Produk ini juga dilengkapi dengan vitamin B6 (pyridoxine) dan nicotinamide yang berguna memperbaiki metabolisme tubuh. Selanjutnya, Vitacimin juga mengandung vitamin B2 atau riboflavin dan calcium pantothenate yang punya manfaat membantu proses pembentukan energi.

Kandungan vitamin C di dalam Vitacimin hingga 500 mg dalam setiap tablet hisapnya. Tentu ini sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan seseorang dalam satu hari. Nah, manfaat apa saja sih kalau kebutuhan vitamin C seseorang terpenuhi?

  • Daya Tahan Tubuh Terjaga

Vitamin C mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit. Sebagai antioksidan, vitamin ini juga melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, vitamin C membantu memperkuat pertahanan kulit. Kulit ternyata tidak hanya melindungi tubuh dari udara dan lingkungan. Organ terbesar tubuh manusia ini juga menghalau bakteri, jamur, dan mikroba lain yang jadi penyebab penyakit.

  • Tulang Rawan dan Gigi Terjaga

Beberapa hasil penelitian meyakini bahwa vitamin C dapat membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Dan juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Vitamin C juga dipercaya dapat mencegah katarak dan penyakit empedu.

  •  Zat Besi Dapat Terserap dengan Baik 

Kebutuhan zat besi pada anak sangat tinggi sejak usia setahun dan harus dipenuhi dari beragam jenis makanan, terutama protein hewani. Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, kebutuhan vitamin C juga harus terpenuhi.  Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari penyakit

  • Flu Teratasi

Sebuah riset tahun 70an menunjukkan kalau vitamin C dipercaya dapat mengobati atau mencegah flu. Penggunaan suplemen vitamin C sendiri dapat mengurangi durasi penyakit flu. Dalam sebuah studi terhadap orang-orang yang melakukan aktivitas ekstrem seperti pelari ataupun mereka yang ada di lingkungan yang dingin, asupan vitamin C dari 250 mg per hari hingga 1 gram per hari dapat mengurangi gejala flu hingga 50%.

  • Tekanan Darah Terkontrol

Manfaat vitamin C untuk tubuh lainnya yakni mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Menurut studi dari Johns Hopkins University, rutin mengonsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram per hari bisa menurunkan tekanan darah sistolik. Vitamin C dalam dosis tinggi tersebut memberikan efek diuretik, yang mendorong kelebihan cairan dari dalam tubuh. Hal itu turut membantu menurunkan tekanan darah secara almi.

  • Kolagen Terbentuk

Vitamin C untuk kulit berperan dalam produksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan luka, mencegah keriput, memperlambat proses penuaan, juga mampu menjaga keremajaan dan mencerahkan kulit.

Paling yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Vitacimin adalah bahwa produk ini hanyalah obat pelengkap dalam memenuhi vitamin C dalam tubuh. Sehingga tidak dapat digunakan secara berkepanjangan. Alangkah baiknya kamu memenuhi kebutuhan Vitamin C dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti buah dan sayur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *