Manfaat Medical Check Up Selain Mengetahui Kondisi Kesehatan

Medical check up (MCU) adalah pemeriksaan kesehatan tubuh yang dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan. Sebelum melakukan Medical check up, ada beberapa tahapan yang dilakukan seperti memastikan kondisi kesehatan pasien dengan menanyakan riwayat kesehatan, penyakit yang pernah diderita, hingga riwayat pengobatan pasien. Kemudian, barulah pasien akan diperiksa lebih lanjut dengan mengecek tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, hingga laju pernapasan. 

Apa sebenarnya manfaat yang didapat dari medical check up?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Medical check up dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saat ditemukan kondisi yang kurang baik atau serius pada tubuh, pencegahan serta pengobatan agar kondisi dapat segera membaik pun lebih mudah dilakukan saat penyakit diketahui lebih awal. Namun diluar itu, ada berbagai manfaat melakukan Medical check up bagi tubuh yang mungkin tidak Anda sadari. berikut penjelasannya:

1. Gaya hidup sehat

Saat pasien mendapat hasil Medical check up, dokter akan menjelaskan kondisi kesehatan secara rinci dan detail. Dokter mungkin juga akan memberi saran serta arahan pada pasien agar pasien  bisa mendapat tubuh yang lebih sehat kedepannya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Pasien pun akhirnya akan lebih aware terhadap kesehatan tubuhnya setelah melakukan Medical check up. 

2. Dapat mengurangi biaya perawatan

Bukan hal yang baru lagi jika pengobatan penyakit dengan kasus yang parah akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan penyakit yang belum parah. Itulah sebabnya mengapa Medical check up penting dilakukan secara rutin terlebih pada usia 50 tahun ke atas. Setidaknya, hal tersebut dapat mencegah serta menghindari tingkat keparahan  jika diketahui dengan lebih cepat sehingga penyakit tak dapat menjadi lebih buruk dan parah kondisinya. 

3. Pengobatan dan penyembuhan dapat jadi lebih cepat

Beberapa penyakit dapat lebih mengancam jiwa jika terlambat dideteksi. Dengan melakukan Medical check up lebih dini, penyakit akan lebih cepat dideteksi serta diketahui sehingga pengobatan dan penyembuhan pun bisa dilakukan lebih cepat.  

4. Masalah stres

Ada banyak penyakit yang dapat diperparah oleh stres. Meski tak dapat membantu pengobatan penyakit sepenuhnya, setidaknya dengan rutin melakukan Medical check up pasien akan tahu persis bagaimana kondisi kesehatan tubuhnya lalu setelahnya ia dapat mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat seperti yang diinginkan. 

Apa saja persiapan sebelum medical check up yang bisa Anda lakukan?

1. Tetap jaga asupan dengan konsumsi makanan bergizi

2. Biarkan tubuh mendapat istirahat yang cukup

3. Hindari makanan tinggi garam dan lemak

4. Perbanyak konsumsi air putih

5. Informasikan seluruh riwayat kesehatan, obat-obatan, serta atau suplemen atau multivitamin yang tengah pada dokter. 

6. Tanyakan pada dokter dengan jelas seluruh prosedur Medical check up. Anda juga bisa tanyakan apakah proses ini mengharuskan pasien untuk berpuasa sebelumnya atau tidak. Jika ia maka Anda  harus mempersiapkan diri sebelumnya. 

OMNI Hospital Cikarang

Salah satu rumah sakit yang menawarkan fasilitas medical check up adalah OMNI Hospital Cikarang. Rumah sakit yang terletak di Komp the oasis no.1 Jl. Raya Cikarang ini menawarkan berbagai pilihan Medical check up yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pasien. Beberapa diantaranya adalah:

– Early Detection of Kidney Stones Package (pria)

– Stone Screening Package (pria)

– Prostate Detection Package (pria)

– Stroke Screening Package (wanita)

– Healthy Hearth Package (wanita)

– Early Detection Kidney Stones Package (wanita)

– Hingga Healthy Heart Package (wanita)

Untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh Anda bisa langsung datang dan melakukan reservasi ke OMNI Hospital Cikarang. Dapatkan pelayanan kesehatan terbaik dan profesional dengan pelayanan sesuai kebutuhan setiap pelanggan di OMNI Hospital Cikarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *