Manfaat dan Penggunaan Acetin 600 pada Ibu Hamil

“Pada saat mengandung dan menyusui, banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Termasuk salah satunya obat yang akan dikonsumsi, aman ataukah tidak. Acetin 600 termasuk ke dalam obat dengan golongan B pada ibu hamil.”

Acetin 600 merupakan obat yang bisa digunakan untuk menangani penyakit pada saluran pernapasan yang ditandai dengan munculnya dahak atau mukus secara berlebihan. 

Obat ini mengandung N-acetylcysteine (NAC) sebagai zat aktif utamanya. NAC ini bekerja sebagai agen mukolitik yang bekerja dengan cara memecah serat asam mukopolisakarida sehingga lendir menjadi lebih encer dan mengurangi adhesi lendir di dinding tenggorokan dan mempermudah keluarnya lendir pada saat batuk.

Oleh karena itu, acetin 600 ini bisa dijadikan terapi pada orang yang memiliki masalah paru-paru dengan munculnya hipersekresi lendir. 

Manfaat acetin 600

Dengan kandungan acetylcysteine 600mg, acetin 600 bisa mengobati beberapa penyakit berikut ini.

  1. Digunakan sebagai obat penyakit saluran pernapasan dengan gejala adanya lendir atau dahak yang berlebihan. Beberapa di antaranya, bronkitis akut dan kronis, bronkiektasis, emfisema, asma bronkial dengan disertai dahak yang sulit untuk keluar, dan lainnya.
  2. Selain digunakan untuk saluran pernapasan, acetin 600 juga bisa mengobati toksisitas yang disebabkan oleh overdosis paracetamol.

Pastikan Anda memiliki resep dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat ini, karena acetin 600 termasuk ke dalam golongan obat keras. Beberapa efek samping bisa ditimbulkan dari acetin 600.

Efek yang relatif ringan akan terjadi gangguan pada saluran pencernaa, seperti mual, muntah, dan lainnya. Sedangkan tingkat yang lebih serius namun jarang terjadi adalah ruam kemeraham bengkak pada wajah, bronkospasme, angiodema, sesak napas, pingsan, penglihatan menjadi kabur, fungsi hati terganggu, dan lainnya. Maka dari itu, ada beberapa kondisi pasien yang harus diperhatikan selama penggunaannya.

Perhatian khusus

Hal-hal di bawah ini harus diperhatikan sebelum Anda mengonsumsi acetin 600.

  1. Pada ibu hamil dan menyusui.
  2. Bila Anda memiliki peradangan dinding lambung (gastritis), maka pastikan mengonsumsi obat ini sesudah makan.
  3. Acetin 600 tidak dianjurkan bagi penderita diabetes melitus, kecuali kadar glukosa darah sudah dalam keadaan normal.
  4. Bagi penderita asma bronkial, maka penggunaan harus dalam pantauan karena memungkinkan terjadinya bronkospasme. Bila hal ini terjadi, maka segera hentikan pengobatan.
  5. Pada awal pengobatan, acetin 600 bisa mencairkan sekresi bronkus, tetapi juga menaikkan volumenya. Maka, jika pasien tidak bisa untuk meludah, diperlukan drainase postural untuk membersihkan saluran udara. 
  6. Penggunaan acetin 600 juga perlu diperhatikan pada pasien yang memiliki tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, jantung kongestif, pendarahan pada lambung atau esofagus, dan kondisi lainnya. 

Seperti yang sudah disebutkan bahwa ibu hamil termasuk ke dalam kondisi yang harus diperhatikan. Berikut penjelasan singkat reaksi acetin 600 terhadap ibu hamil.

Acetin 600 untuk ibu hamil

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat mengategorikan kandungan acetylcysteine pada acetin 600 ke dalam kategori B.

Dimasukkan ke dalam kategori ini karena sudah ada penelitian yang dilakukan pada reproduksi hewan dan tidak menunjukkan risiko pada janin. Akan tetapi, belum ada studi terkontrol yang dilakukan pada ibu hamil yang menunjukkan adanya efek samping.

Penelitian pada hewan ini tidak bisa dijadikan jaminan keamanan ibu hamil memakai obat dengan kategori B. Maka, tetap diperlukan konsultasi apakah aman untuk mengonsumi acetin 600 atau tidak.

Menurut dr.Evelin Kwandang obat dengan kandungan acetylcysteine sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang.

“Maka bicarakan pada dokter mengenai penggunaan obat ini karena jika keluhan sudah membaik, obat ini tidak perlu dikonsumsi lagi.” 

Tidak hanya itu, dr.Evelin Kwandang juga menambahkan bahwa mengonsumsi obat yang mengandung acetylcysteine harus dihentikan bila merasakan keluhan alergi, atau efek samping lainnya.

Untuk ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi air hangat agar dahak menjadi mudah dikeluarkan, dan hindarilah mengonsumsi makanan yang bisa menimbulkan dahak, seperti makanan berlemak dan pedas.

Itulah penjelasan manfaat acetin 600 dan penggunaannya pada ibu hamil. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi acetin 600 dengan dosis yang sudah disesuaikan dan tertera pada kemasan. Segera konsultasikan kepada dokter dan hentikan penggunaan bila gejala-gejala efek samping terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *