Manfaat Balsem Gosok Balpirik

Balsem gosok seperti balpirik sudah menjadi andalan bagi para orang tua untuk mengatasi pegal linu. Kadang juga ada yang menggunakannya untuk mengatasi rasa pusing, pilek, gatal, bahkan mabuk perjalanan. Baunya yang menyengat memang tidak disukai oleh sebagian orang, namun khasiat dari obat ini sangat baik.

Balsem balpirik memiliki berbagai macam jenis tergantung dari panas dan aromanya, yaitu Balpirik Ekstra Kuat Merah, Balpirik Ekstra Kuat Kunik, dan Balpirik Ekstra Kuat Hijau. Ada pula balpirik yang memiliki aromaterapi seperti Balpirik Aromatheraphy Lavender dan Balpirik Aroma Therapy Rose. Balpirik juga tersedia dalam bentuk minyak kayu putih dan minyak telon.

Lalu mengapa balsem gosok balpirik sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia? Balsem gosok merupakan obat tradisional yang telah dipercaya secara turun temurun. Kandungannya yang terdiri dari minyak kayu putih, minyak ekaliptus, menthol, camphor, minyak peppermint, cengkeh, methyl salicylate, dan vaseline album sangat baik untuk meredakan nyeri otot dan keselo.

Balsem gosok memiliki bentuk semi padat dan memberikan rasa panas yang mampu membuat area sakit mereda. Rasa panas dari balsem gosok seperti balpirik dapat menstimulasi aliran darah sehingga rasa sakit dapat berkurang. Beberapa orang mengatakan, balsem dapat membuat suhu tubuh menjadi hangat dan membuat kita terhindar dari penyakit. Meski demikian, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat tersebut.

Apa saja manfaat balsem gosok balpirik? Berikut ulasannya.

  1. Keseleo

Salah satu manfaat dari balsem balpirik adalah mengatasi keseleo. Keseleo sendiri memiliki bahasa medis terkilir atau cedera yang dapat terjadi pada salah satu bagian tubuh. Terkilir terjadi ketika adanya peregangan atau robeknya otot atau tendon yang berfungsi sebagai penghubung antara dua tulang pada persendian. Terkilir pun biasanya terjadi pada pergelangan, seperti pergelangan kaki dan tangan.

Mengapa menggunakan balsem? Seperti yang dikatakan sebelumnya, balsem memiliki rasa panas yang dapat menstimulasi aliran darah sehingga rasa sakit dapat berkurang. Tidak jarang, balsem juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan saat keseleo. Namun, perlu hati-hati ketika memijat area yang keseleo, bisa-bisa bukannya sembuh dari keseleo malah menjadi lebih parah.

  1. Nyeri otot

Nyeri otot atau dalam bahasa medisnya myalgia adalah kondisi ketika otot terasa tidak nyaman dan merasa sakit atau nyeri di bagian otot seperti ligamen, tendon, fasia, dan jaringan lunak yang menghubungkan tulang dan organ. Nyeri otot biasanya bukanlah penyakit yang berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. 

Penyebab terjadinya nyeri otot pun bermacam-macam. Tapi, umumnya, nyeri otot terjadi karena adanya cedera, benturan, atau melakukan aktivitas yang berat serta penggunaan obat-obatan tertentu. Terkadang, orang Indonesia menggunakan balsem balpirik untuk menghilangnya rasa sakit saat nyeri otot terjadi.

  1. Mabuk perjalanan

Motion sickness atau dalam bahasa Indonesia mabuk perjalanan adalah kondisi yang sering terjadi bagi sebagian orang. Mabuk perjalanan terjadi ketika otak menerima sinyal yang tidak sejalan dengan sensor-sensor keseimbangan. Kondisi ini pun dapat menyebabkan rasa pusing dan mual, bahkan hingga muntah.

Mabuk perjalan disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem keseimbangan tubuh. Keseimbangan tubuh biasanya terbentuk dari sinyal yang diterima otak dari mata, telinga dalam, dan kulit. Jika otak menerima informasi yang tidak sesuai dari organ-organ tersebut, akan muncul rasa mabuk dan menyebabkan pusing dan mual.

Balsem balpirik yang memiliki aroma hangat dan aromatheraphy menjadi obat andalan saat mabuk perjalanan terjadi. Apalagi aromaterapi lavender dapat meringankan gejala mabuk perjalanan karena aromanya yang dapat menenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *