Layanan Kesehatan Anak di RS Grha Permata Ibu

RS. Grha Permata Ibu yang berada di Beji, Depok menyediakan berbagai layanan kesehatan khususnya berfokus pada ibu dan anak. RS. Grha Permata Ibu sangat memedulikan kesehatan anak yang dibuktikan dengan tersedianya Ruang Perinatologi dan akan direncanakan juga ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU), serta Pediatric Intensive Care Unit (PICU) untuk menjaga kesehatan buah hati Anda. Lebih lengkapnya mengenai layanan kesehatan anak di RS. Grha Permata Ibu simak informasi di bawah ini.

1. Imunisasi anak

RS. Grha Permata Ibu menyediakan imunisasi anak dasar dan imunisasi anak booster. Bayi dilahirkan dengan perlindungan terhadap beberapa penyakit karena ibu memberikan antibodi (protein yang dibuat oleh tubuh untuk melawan penyakit) kepada mereka sebelum lahir. Bayi yang disusui terus mendapatkan lebih banyak antibodi dalam ASI. Akan tetapi dalam kedua kasus, perlindungan bersifat sementara.

Imunisasi (vaksinasi) adalah cara untuk menciptakan kekebalan (perlindungan dari) beberapa penyakit. Ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah kecil kuman yang mati atau dilemahkan yang menyebabkan penyakit.

Kuman dapat berupa virus (seperti virus campak) atau bakteri (seperti pneumokokus). Vaksin merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi seolah-olah ada infeksi nyata. Vaksin dapat menangkis “infeksi” dan mengingat kuman. Kemudian, dapat melawan kuman jika masuk ke dalam tubuh nantinya.

2. Ruang Perinatologi 

Ruang perinatologi di RS. Grha Permata Ibu merupakan fasilitas rawat inap yang disediakan khusus untuk pasien bayi baru lahir sampai usia 28 hari yang mempunyai masalah/sakit. Sedangkan untuk bayi baru lahir yang sehat dirawat bersama ibunya (rawat gabung). Beberapa masalah dapat terjadi pada bayi baru lahir sehingga memerlukan penanganan dan perawatan khusus agar bayi dapat diselamatkan dan mempunyai kualitas hidup yang baik.

Fasilitas yang disediakan dalam ruang perinatologi disesuaikan dengan kebutuhan perawatan bayi, mulai dari bayi baru lahir dengan resiko tinggi, bayi dengan kelainan bawaan sampai dengan bayi sakit. Bayi-bayi yang membutuhkan perawatan khusus adalah bayi lahir cukup bulan yang mempunyai masalah/kelainan penyerta, bayi lahir kurang bulan (prematur), bayi lahir dari ibu yang mempunyai masalah kesehatan dan bayi dengan Hiperbilirubin atau dengan infeksi neonatus.

3. Ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU)

Bayi baru lahir yang membutuhkan perawatan medis intensif sering ditempatkan di area khusus rumah sakit yang disebut Neonatal Intensive Care Unit (NICU). Ruang NICU yang akan dibangun di RS. Grha Permata Ibu memiliki teknologi canggih dan profesional kesehatan terlatih untuk memberikan perawatan khusus bagi pasien terkecil. 

NICU juga dapat merawat area untuk bayi yang tidak sakit tetapi membutuhkan perawatan khusus. Bayi yang membutuhkan perawatan intensif lebih baik jika dilahirkan di rumah sakit di RS. Grha Permata Ibu yang sudah memiliki NICU daripada harus memindahkannya setelah lahir.

Beberapa bayi yang baru lahir akan membutuhkan perawatan di NICU. Melahirkan bayi yang sakit atau prematur dapat menjadi hal yang tidak terduga bagi setiap orang tua. NICU membutuhkan perawatan intens dan panjang, sehingga akan terasa sangat melelahkan. Itulah alasan mengapa Anda sebaiknya memilih rumah sakit yang sudah memiliki ruangan NICU. Anda juga akan mengetahui tentang beberapa prosedur yang mungkin diperlukan untuk perawatan bayi.

4. Pediatric Intensive Care Unit (PICU)

RS. Grha Permata Ibu akan membuat ruangan PICU yang merupakan bagian dari rumah sakit. Ruangan ini menyediakan perawatan medis tingkat tertinggi bagi anak-anak yang sakit. Ini berbeda dari bagian lain rumah sakit, seperti lantai medis umum, di PICU memungkinkan perawatan intensif dan pemantauan terus menerus seperti detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah.

PICU juga memungkinkan staf medis untuk memberikan terapi yang mungkin tidak tersedia di bagian lain rumah sakit. Beberapa dari terapi yang lebih intensif ini termasuk ventilator (mesin pernapasan) dan obat-obatan tertentu yang hanya dapat diberikan di bawah pengawasan medis yang ketat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *