Langkah Tepat Mengoleskan Daktarin Salep Sebelum Penggunaan Popok

Daktarin salep merupakan salah satu produk yang digunakan untuk mengobati ruam, khususnya pada bagian bokong akibat penggunaan popok bayi. Daktarin salep akan membentuk penghalang antara kulit bayi untuk mencegah potensi iritan, termasuk menjaga kelembapan, kotoran, asam dari makanan, dan bahan kimia yang ada pada popok.

Daktarin salep mengandung bahan yang menenangkan dan melembabkan kulit. Krim ini menawarkan pelindung kelembapan agar kulit dapat cepat sembuh tanpa iritasi lebih lanjut, dan membunuh ragi atau mengobati ruam berbasis ragi.

Daktarin salep dapat dioleskan ke bagian pipi bokong, tempat terjadi kontak langsung dengan popok. Mungkin juga berguna untuk mengoleskan krim di antara pipi bokong dan di sekitar anus jika iritasi cenderung berkembang di area tersebut.

Daktarin salep aman dioleskan ke penis anak laki-laki atau area vagina perempuan, namun bukan dioleskan di dalam vagina. Area ini cenderung tidak mengembangkan dermatitis kontak sesering bokong, jadi Anda tidak boleh memasukan krim ke dalam alat kemaluannya. Pada anak laki-laki, ruam popok dapat terjadi pada skrotum, sehingga aman untuk diaplikasikan pada area ini jika diperlukan.

Beberapa orang tua mengoleskan krim ke lipatan paha atau tempat popok bertemu dengan kaki untuk mengurangi gesekan. Meskipun benar-benar aman, hal ini tidak disarankan karena dapat bersentuhan dengan pakaian anak dan bisa menodai kain.

Krim popok atau Daktarin salep bisa Anda berikan setiap kali mengganti popok. Beberapa ibu menerapkannya setiap saat sebagai tindakan pencegahan terhadap ruam popok. Akan tetapi, beberapa diantaranya mungkin lebih memilih untuk menggunakannya sesuai kebutuhan jika anak mereka menunjukkan tanda-tanda iritasi.

Cara mengoleskan Daktarin salep

1. Lepaskan popok kotor

Gunakan lap bayi untuk membersihkan semua kotoran yang terlihat dan sisa Daktarin salep dari pantat dan area genital anak. Jika Anda memiliki anak laki-laki, cobalah untuk menyeka penisnya agar dia tidak kencing di sekujur tubuh Anda saat sedang mengoleskan Daktarin salep.

2. Siapkan popok bersih

Tempatkan popok bersih di bawah pantat bayi seolah-olah Anda akan memakainya, tetapi jangan menutup atau mengikatnya terlebih dahulu. Cara ini dapat mencegah Daktarin salep mengenai popok, dan menempatkan Anda pada posisi yang baik untuk segera mengencangkan popok setelah selesai mengoleskan krim.

3. Ambil Daktarin salep secukupnya

Ambil krim seukuran koin langsung ke jari Anda. Ambil dengan jari tengah atau telunjuk. Oleskan krim ke pantat bayi. Oleskan krim paling tebal di pipi bokong mereka atau area yang tampak merah dan meradang. Jangan memberikan krim terlalu banyak, untuk mencegah rasa tidak nyaman.

Anda juga bisa mengoleskan Daktarin salep pada bagian:

– Di antara pipi pantat.

– Di sekitar anus.

– Di lipatan labia dan di sekitar vagina untuk anak perempuan (bukan di dalam vagina).

– Di skrotum dan penis anak laki-laki.

4. Jangan buang sisa krim 

Seka sisa krim ke bagian dalam popok bersih tempat bayi Anda berbaring, atau bersihkan jari dengan tisu bayi.

5. Gunakan popok bersih

Ubah posisi popok jika perlu untuk memastikannya lurus. Mungkin sedikit bergeser saat Anda mengoleskan krim popok. Kencangkan popok bersih dengan erat pada bayi.

Setelah mengeluarkan bayi Anda dari meja ganti dan meletakkannya di tempat yang aman, cuci tangan dengan sabun dan air. Meskipun tangan Anda mungkin tampak bersih karena “mencucinya” dengan tisu bayi, tisu tidak membunuh semua bakteri.

Perhatikan penggunaan Daktarin salep

Meskipun krim popok aman dan digunakan oleh orang tua, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

– Jangan gunakan bedak bayi bersamaan dengan Daktarin salep. Bedak tersebut bisa menyebar ke udara dan masuk ke paru-paru anak, yang mana hal ini tidak sehat. Bedak bayi dapat memperparah masalah jika bayi Anda mengalami ruam jamur.

– Selalu cuci tangan dengan sabun dan air setelah mengoleskan krim popok. Saat menggunakan krim popok, tangan Anda akan bersentuhan dengan bakteri feses. Tidak peduli seberapa bersih pantat bayi, kenyataannya tisu bayi tidak membunuh bakteri. Jangan tertipu dengan berpikir bahwa Anda cukup membersihkan tangan dengan tisu bayi untuk membersihkannya setelah mengoleskan Daktarin salep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *