Langkah Pencegahan Covid Menurut WHO

Saat ini total kasus positif COVID-19 di dunia lebih dari 219 juta kasus. Indonesia sendiri baru saja mengalami penurunan kasus positif, setelah sebelumnya terjadi lonjakan kasus yang signifikan akibat varian Delta. Kita sebagai masyarakat harus melakukan tindakan pencegahan Covid agar kasus positif tidak kembali naik.

Reinfeksi COVID-19 terjadi ketika seseorang yang telah sembuh dari infeksi virus Corona kembali positif

Pencegahan Covid Menurut WHO

Lonjakan kasus positif di Indonesia membuat rumah sakit dan tempat isolasi penuh, hingga membuat banyak pasien positif yang harus melakukan isolasi mandiri di rumah. Yang membuat kenaikan kasus kematian saat isolasi mandiri meningkat. Itu karena mereka tidak mendapatkan penanganan medis seperti pemberian oksigen.

Seperti yang kita tau, virus COVID-19 bisa membuat saturasi oksigen penderitanya menurun secara tiba-tiba. Turunnya saturasi oksigen bisa menyebabkan penderitanya sesak napas  hingga berujung kematian dan satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan pemberian oksigen.

Agar tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19, WHO merilis langkah pencegahan yang bisa Anda terapkan yaitu:

  1. Menghindari kontak erat dengan orang yang memiliki gejala flu, sekalipun hasil antigen ataupun PCR orang tersebut negatif.
  2. Cuci tangan setelah menyentuh apapun di fasilitas umum dan hindari menyentuh wajah, bibir dan hidung sebelum mencuci tangan.
  3. Jika ingin makan di luar, hindari menggunakan alat makan bersama dengan orang lain. Jadi usahakan untuk membawa alat makan sendiri.
  4. Bersihkan semua permukaan yang ingin Anda sentuh dengan disinfektan. Khusus untuk peralatan makan, Anda bisa menggunakan disinfektan yang food grade.
  5. Saat bepergian menggunakan kereta ataupun pesawat, patuhi semua aturan perjalanan yang ditentukan. Jika memungkinkan, usahakan untuk tidak membuka masker selama di perjalanan. Dan bersihkan tangan secara berkala menggunakan hand sanitizer.
  6. Ingat semua gejala yang mengarah pada COVID-19, seperti flu, demam disertai nyeri di seluruh badan, batuk dan anosmia (hilangnya indera pengecap dan perasa). Jika merasakan hal tersebut, segera jauhi anggota keluarga lainnya dan lakukan tes swab PCR guna meyakinkan diagnosis. Kalau memungkinkan, lakukan isolasi mandiri di fasilitas kesehatan yang pemerintah sediakan.
  7. Rajin mencuci tangan setiap kali menyentuh fasilitas umum dengan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik. Atau gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60 persen.
  8. Saat berada di keramaian khususnya area tertutup, lakukan jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter.
  9. Jika berbelanja di pusat perbelanjaan, maka usahakan untuk tidak pergi di jam ramai dan usahakan untuk tidak menghabiskan waktu terlalu lama. Untuk mengurangi waktu belanja, Anda bisa mencatat apa saja barang yang ingin dibeli saat masih berada di rumah.
  10. Bawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi, dan jangan lupa untuk menggunakan masker setiap keluar rumah. Dan pastikan masker yang Anda gunakan menutupi hidung, mulut dan dagu.

Jika sudah melakukan 10 pencegahan Covid diatas, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi COVID-19. Vaksin COVID-19 akan membantu memutus penularan COVID-19. Meski tidak 100 persen membuat Anda tidak tertular, namun vaksin COVID-19 dapat meminimalisir gejala berat yang Anda rasakan. Bahkan banyak pasien COVID-19 yang tidak memiliki gejala apapun (OTG) berkat vaksinasi yang sebelumnya mereka lakukan.

Di Indonesia ada lima vaksin yang tersedia yaitu Sinovac, AstraZeneca, Moderna, Sinopharm dan Pfizer dengan memberikan efek perlindungan yang sama terhadap virus COVID-19. Vaksin AstraZeneca dan Sinovac, adalah dua vaksin yang mudah Anda temukan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas.

Namun bagi Anda yang memiliki komorbid dan tidak bisa di vaksin menggunakan AstraZeneca ataupun Sinovac, Anda bisa memilih vaksin Moderna dengan membawa surat keterangan dokter yang menyatakan jika Anda tidak bisa menggunakan vaksin AstraZeneca dan Sinovac.

Vaksinasi, saat ini adalah salah satu tahap pencegahan Covid yang sedang diupayakan pemerintah. Semakin banyak orang yang melakukan vaksinasi, maka orang-orang yang benar-benar tidak bisa divaksin, akan terlindungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *