Trik Memilih Kettlebell Swing yang Tepat untuk Kebutuhanmu!

Trik Memilih Kettlebell Swing yang Tepat untuk Kebutuhanmu!

Kettlebell swing menjadi salah satu opsi olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Cocok untuk kita yang ingin olahraga di tengah pandemi tanpa harus berinteraksi dengan orang luar.

Namun, kettlebell sendiri ada berbagai ragam dan jenisnya. Mulai dari perbedaan bobot, bahan yang digunakan, hingga bentuknya.

Lalu kettlebell seperti apa sih yang cocok untuk kamu? Intip trik memilih kettlebell yang sesuai dengan kebutuhanmu di ulasan berikut ini!

1. Pilih bobot yang tepat

Pemilihan bobot kettlebell penting karena ini sangat berbeda tergantung kebutuhan kamu. Ada beberapa jenis bobot yang bisa kamu pilih.

Mulai dari jenis single arm yang berbobot mulai dari 12 kg, lalu double arm swing yang berbobot mulai dari 16 kg, dan deadlift yang berbobot mulai dari 32 kg.

Selain itu ada juga kettlebell yang berbobot mulai dari 4 kg untuk jenis Russian Twist. Kamu bisa pilih bobot mana yang cocok dengan level kebutuhan kamu.

2. Pertimbangkan pengalaman menggunakan alat beban

Dalam memilih kettlebell, kamu juga harus mempertimbangkan level pengalaman angkat beban. Jika baru memulai, ada baiknya jangan langsung menggunakan bobot yang terlalu berat.

Berikut beberapa panduan pemilihan kettlebell sesuai dengan level kamu:

  • Pemula: 8 kg untuk wanita, 16 kg untuk pria
  • Menengah: 12 kg untuk wanita, 20 kg untuk pria
  • Ahli: 26 kg untuk wanita, 24 kg untuk pria

Jika kamu belum pernah sama sekali melakukan olahraga dengan beban, ada baiknya konsultasikan ke profesional untuk mengetahui level kemampuanmu.

3. Sesuaikan kettlebell swing dengan goals 

Tujuan dari olahraga yang kamu lakukan juga menentukan jenis kettlebell yang tepat. Setiap goals pastilah akan membutuhkan jenis dan ukuran kettlebell yang berbeda.

Jadi tentukan dulu, apa sih tujuan kamu melakukan jenis olahraga ini. Apakah:

  • Untuk menurunkan berat badan
  • Meningkatkan stamina
  • Membangun otot-otot tubuh
  • Meningkatkan fleksibilitas
  • Membakar lemak di tubuh
  • Atau untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular kamu.

4. Pertimbangan usia dan kemampuan fisik

Sebelum membeli kettlebell, jangan lupa pertimbangkan kemampuan fisik dan usia kamu saat ini. Kelompok usia yang berbeda akan membutuhkan ukuran dan bobot kettlebell swing yang berbeda untuk meminimalisir cedera saat latihan.

Di luar sana kamu bisa menemukan kettlebell yang ramah untuk anak, orang dewasa muda, hingga untuk lansia. Jadi pastikan kamu mengonsultasikannya dengan baik sebelum membelinya.

5. Perhatikan kualitas kettlebell 

Nah bagaimana sih menentukan kualitas kettlebell yang bagus dan tidak? Ada beberapa indikator yang bisa kamu perhatikan nih. Berikut beberapa di antaranya

  • Kehalusan

Coba cek kehalusan di bagian pegangan, rangka pegangan, dan sudutnya. Tingkat kehalusan ini akan menentukan kualitas grip dan memberikan kenyamanan yang lebih baik

  • Kettlebell window

Yang dimaksud window di sini adalah ruang antara bola atau “bell” dan juga pegangannya. Ini adalah area di mana kamu bisa memegang Kettlebell dengan nyaman. Pastikan ada ruang yang cukup untuk kamu bisa mengangkatnya dengan nyaman.

  • Diameter pegangan

Diameter pegangan dari kettlebell juga akan menemukan kenyamanan dan keamanan kamu saat latihan. Pilih yang diameternya cocok dengan kemampuan grip kamu.

Akan lebih mudah memastikan kualitas kettlebell jika kamu membelinya secara offline, karena kamu bisa langsung mencobanya. Jika membelinya secara online, pastikan kamu membaca deskripsi dengan teliti.

Nah itu dia beberapa tips memilih kettlebell yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Sudah tau mau membeli jenis yang seperti apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *