Journaling Bisa Mengatasi Kesehatan Mental

Journaling Bisa Mengatasi Kesehatan Mental

Mengatasi kondisi kesehatan mental bisa jadi sulit, tetapi membuat jurnal dapat membantu. Menulis journaling dapat membantu Anda mengatasi stres, kecemasan, depresi, dan gangguan bipolar. Selain itu, Anda dapat menggunakan jurnal untuk membantu meningkatkan kebiasaan dan perilaku Anda. 

Untuk mulai menulis jurnal, pilih waktu yang tepat untuk menulis setiap hari dan tentang diri Anda untuk menulis apapun yang terlintas dalam pikiran Anda selama 20 menit. Gunakan jurnal Anda untuk memproses perasaan Anda atau bekerja pada tujuan perbaikan diri Anda.

Memulai kebiasaan menulis jurnal atau journaling

1. Putuskan apakah Anda ingin menyimpan jurnal kertas atau jurnal digital

Biasanya, menulis dengan tangan membantu Anda memproses pikiran dengan lebih baik. Namun, yang terbaik adalah memilih format mana yang paling nyaman bagi Anda. Pilih jurnal kertas jika Anda suka menulis dengan tangan, atau gunakan pengolah kata jika Anda lebih suka mengetik.

  • Jurnal kertas akan memudahkan Anda berkreasi dengan entri Anda jika Anda tertarik untuk memasukkan seni ke dalam jurnal Anda.
  • Anda mungkin dapat menambahkan ke jurnal digital Anda dari perangkat apa pun jika Anda menggunakan Google Documents. Unduh Google Documents secara gratis dari toko aplikasi. Kemudian, buat dan edit dokumen di perangkat apa pun yang memiliki Google Documents.

2. Tulis di jurnal Anda setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal

Penting untuk membentuk kebiasaan jika Anda ingin menggunakan jurnal Anda untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Pilih waktu yang nyaman bagi Anda untuk menulis, lalu tentang diri Anda untuk menulis setiap hari. Jadwalkan waktu penjurnalan Anda ke dalam hari Anda seperti janji penting lainnya.

  • Misalnya, Anda mungkin menulis di jurnal Anda setiap pagi ketika Anda bangun, selama jam makan siang, atau sebelum tidur.
  • Jika Anda bepergian dengan bus atau kereta api, gunakan waktu itu untuk menulis di jurnal Anda.

3. Atur timer selama 20 menit dan coba tulis sampai berbunyi

Saat pertama kali mulai membuat jurnal, beri diri Anda waktu singkat untuk melakukannya sehingga tidak terasa berlebihan. Mulailah dengan 20 menit, tetapi jangan ragu untuk menyesuaikan waktu agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat penghitung waktu berjalan, catat atau ketik kata apa pun yang muncul di kepala Anda.

Meskipun tujuannya adalah untuk menulis tentang pikiran atau stres Anda, jangan khawatir tentang itu sekarang. Tidak apa-apa untuk menulis hal-hal seperti, “Saya tidak tahu harus berkata apa,” “Ini terasa bodoh,” atau “Saya tidak bisa memikirkan apapun sekarang.” Jika Anda terus berjalan, Anda akan mulai mengungkap pikiran batin Anda.

4. Jangan khawatir tentang ejaan atau tata bahasa

Journaling Anda adalah untuk Anda, jadi tidak masalah jika Anda menggunakan kalimat yang tepat atau mengeja kata dengan benar. Biarkan pikiran Anda mengalir bebas tanpa mengedit sendiri.

     Jika kesalahan tata bahasa Anda benar-benar mengganggu Anda, tidak apa-apa untuk kembali dan memperbaikinya di lain waktu. Namun, ini tidak perlu.

Journaling: Berurusan dengan Pikiran dan Perasaan

1.  Ekspresikan apa pun yang ada di pikiran Anda saat Anda duduk untuk menulis

Cara terbaik menggunakan jurnal untuk memproses pikiran dan perasaan Anda adalah dengan menulis tentang apa yang terjadi dalam hidup Anda hari itu. Diskusikan apa yang terjadi pada Anda, bagaimana perasaan Anda tentang berbagai hal, dan kekhawatiran apa pun yang Anda miliki. Teruslah menulis sampai penghitung waktu berbunyi atau Anda merasa lebih baik.

Anda dapat menulis sesuatu seperti, “Hari ini saya merasa sangat sedih karena hujan sepanjang hari. Saya pikir cuaca mempengaruhi suasana hati saya. Saya bertanya-tanya bagaimana saya dapat membantu diri saya sendiri merasa lebih baik di hari-hari yang suram.”

2. Tulis dalam arus kesadaran ketika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda rasakan

Terkadang sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya ada di pikiran Anda, dan tidak apa-apa! Untuk menulis dalam arus kesadaran, tulis saja kata-kata yang terlintas dalam pikiran, meskipun tidak masuk akal. Jangan khawatir tentang tanda baca atau struktur kalimat. Teruslah menulis sampai Anda mengenali ide atau tema utama yang muncul, yang akan memberitahu Anda bagaimana perasaan Anda.

Sebagai contoh, aliran masuk yang sadar mungkin terlihat seperti ini: “Duduk di sini tidak tahu harus berkata apa, ini adalah hari yang panjang dan saya lelah tetapi saya tidak tahu mengapa saya merasa sedih hari ini dan saya pikir itu karena hal-hal tidak berjalan sesuai keinginan saya jadi mungkin saya perlu mengubah sesuatu tetapi apa yang bisa saya ubah.”

Menggunakan Jurnal Anda untuk Peningkatan Diri

Lacak kemajuan Anda menuju tujuan, kebiasaan baik, dan perilaku positif. Gunakan jurnal Anda untuk menetapkan tujuan pribadi dan bekerja menuju kebiasaan atau perilaku positif yang ingin Anda sertakan dalam hidup Anda. Catat tindakan yang Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda dan pantau kemajuan Anda. Selain itu, tulis atau tandai saat Anda melakukan kebiasaan atau perilaku baik Anda.

  • Misalnya, Anda mungkin menyimpan halaman di jurnal Anda untuk melacak kemajuan Anda pada tujuan Anda. Tulis rencana tindakan, dokumentasikan saat Anda mengerjakan tujuan, dan periksa setiap langkah.
  • Jika tujuan Anda adalah bermeditasi setiap hari, Anda dapat memblokir waktu untuk bermeditasi dalam jadwal Anda dan mengunduh aplikasi meditasi. Kemudian, catat seberapa sering Anda bermeditasi, berapa lama sesi Anda berlangsung, dan manfaat yang Anda rasakan setelah bermeditasi.
  • Atau, beri diri Anda stiker atau tanda centang pada hari-hari Anda bekerja untuk mencapai tujuan atau kebiasaan baru Anda. Sebagai contoh, beri diri Anda stiker wajah tersenyum setiap kali Anda melakukan perawatan diri, tanda centang untuk setiap gelas air yang Anda minum, atau bintang setiap hari Anda memasak makanan di rumah.

Dokumentasikan gejala Anda jika Anda merawat penyakit mental. Melacak gejala Anda dapat membantu Anda menentukan apakah Anda membuat kemajuan atau perawatan mana yang paling cocok untuk Anda. Tuliskan gejala yang Anda alami di bagian atas atau bawah entri journaling Anda untuk hari itu. Nilai tingkat keparahan gejala Anda pada skala numerik sehingga Anda dapat lebih memahaminya. Bandingkan gejala yang Anda alami dengan apa yang terjadi dalam hidup Anda hari itu untuk membantu Anda mencari pola.

  • Anda dapat menulis, “Hari ini saya merasa cemas  dan tidak yakin,” dengan angka-angka yang mewakili keparahan gejala Anda.
  • Jika Anda sedang menjalani pengobatan, pantau kapan Anda meminumnya untuk melihat apakah itu memengaruhi gejala Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *