Inilah Penyebab Cepat Lapar Serta Cara Mencegahnya

Beberapa orang mengeluhkan bahwa dirinya mudah merasa lapar, bahkan setelah makan dalam porsi besar. Hal tersebut tentu merepotkan sebab waktu Anda akan terbuang lebih banyak untuk makan. Padahal tubuh butuh waktu untuk memproses makanan yang Anda makan sebelumnya. Jadi, jika Anda terus menerus makan maka tubuh akan kelelahan memproses makanan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab serta cara mencegah rasa cepat lapar yang muncul tersebut. Berikut akan dijelaskan secara lebih lengkap. 

Penyebab cepat lapar

Saat Anda cepat lapar, jangan khawatir sebab kondisi tersebut tidak bahaya. Namun tentu lebih bijak jika Anda mengetahui penyebab cepat lapar yang dirasakan. Berikut ini merupakan beberapa penyebab cepat lapar. 

  1. Mengalami stres

Seseorang yang mengalami stres bisa menjadi penyebab cepat lapar. Stres berlebihan ternyata bisa meningkatkan nafsu makan, lho! Hal itu karena adanya efek peningkatan hormon kortisol dalam tubuh yang berperan dalam meningkatkan rasa lapar. Sebaiknya Anda mengelola stres agar tubuh tidak mudah lapar. Beberapa cara yang dapat Anda terapkan seperti berolahraga teratur, meditasi, yoga, dan lain sebagainya. 

  1. Kurang istirahat

Selain stres, tubuh yang lelah karena kurang istirahat juga dapat menjadi pemicu mudah lapar. Tubuh yang lelah karena kurang istirahat akan mengacaukan keseimbangan hormon dalam tubuh. Salah satu efeknya adalah mudah lapar bahkan setelah Anda makan besar. Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan tubuh Anda tidur berkualitas selama 6-8 jam setiap harinya. 

  1. Terlalu banyak konsumsi garam dan gula

Penyebab cepat lapar lainnya adalah karena terlalu banyak konsumsi garam dan gula. Mengapa bisa? Gula dapat meningkatkan nafsu makan. Kandungan fruktosa pada gula akan meningkatkan produksi ghrelin atau hormon yang mengatur rasa lapar. Sedangkan garam dapat menyebabkan mudah lapar jika dikonsumsi berlebihan. Tidak hanya mudah lapar, konsumsi garam berlebih juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan jantung. 

  1. Dehidrasi

Dehidrasi bisa menyebabkan berbagai masalah tubuh, termasuk menjadi cepat lapar. Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan asupan cairan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu memenuhi kebutuhan cairan harian sebanyak minimal 8 gelas air. 

  1. Kurang asupan serat

Penyebab lainnya adalah rendahnya asupan serat dalam tubuh. Serat sangat diperlukan dalam menjaga pencernaan dan mengendalikan rasa lapar. Untuk itu, sebaiknya Anda memenuhi asupan serat setiap harinya dengan mengonsumsi berbagai sayuran dan buah. 

Cara mencegah rasa cepat lapar 

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah rasa cepat lapar yang dialami. Berikut beberapa di antaranya. 

  1. Cek nutrisi sebelum konsumsi

Cara mencegah yang pertama adalah dengan terus mengecek kandungan nutrisi pada makanan sebelum Anda mengonsumsinya. Dengan begitu, Anda dapat terus memantau serapan nutrisi yang masuk ke tubuh. Anda juga akan menjaga nutrisi tubuh tetap seimbang sehingga tidak cepat merasa lapar. 

  1. Kurangi konsumsi karbohidrat

Karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah di tubuh dengan cepat namun kemudian kadar tersebut dapat terjun bebas dengan sangat cepat juga. Saat kadar gula darah turun, maka Anda akan merasa mudah lapar. Untuk itu, Anda perlu mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah konsumsi protein, vitamin, mineral, dan serat. 

  1. Istirahat yang cukup 

Telah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab rasa cepat lapar adalah tubuh lelah yang kurang istirahat. Untuk itu, Anda dapat beristirahat dengan cukup sehingga hal tersebut dapat dicegah. Selain istirahat secara fisik, Anda juga perlu istirahat secara mental. Hal itu akan menyebabkan Anda terhindar dari stres sehingga dapat lebih mengontrol nafsu makan. 

  1. Perhatikan pilihan makanan 

Cara terakhir dan terpenting adalah memperhatikan pilihan makanan Anda. Beberapa makanan dapat membuat kenyang lebih lama seperti kentang, kacang-kacangan, telur, produk olahan susu rendah lemak, ikan, daging tanpa lemak, dan berbagai makanan dengan kandungan serat yang tinggi. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kondisi mudah lapar sebenarnya tidaklah berbahaya. Akan tetapi, Anda perlu waspada apabila kondisi tersebut terus muncul bahkan setelah berbagai usaha pencegahan dilakukan. Hal itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami masalah secara medis sehingga Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Konsultasi secara online dapat dilakukan melalui aplikasi SehatQ. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *