Ini Dia Penyakit dengan Gejala Hidung Terasa Panas

Hidung terasa panas dapat disebabkan oleh berbagai macam, bisa karena infeksi penyakit, reaksi alergi, dan iritasi lainnya. Penyebab terjadinya rasa panas di hidung tergantung kapan keluhan itu muncul. Selain itu, faktor lingkungan pun dapat menjadi penyebab munculnya rasa panas di hidung. 

Tidak hanya satu, ada beberapa penyakit yang memiliki gejala hidung terasa panas. Anda harus memastikan keluhan lain yang dirasakan bersamaan saat indera penciuman Anda terasa panas. Berikut ini daftar penyakit dengan gejala hidung terasa panas yang perlu Anda tahu.

1. Rhinitis Alergi

Selain menyebabkan bersin atau batuk, rhinitis alergi dapat menyebabkan rasa panas di dalam hidung. Rhinitis alergi pada umumnya disebabkan oleh debu dan serbuk sari. Jika Anda merasakan panas di hidung setelah terpapar debu atau menghirup serbuk sari, kemungkinan Anda mempunyai alergi terhadap salah satu atau kedua benda tersebut.

Cara penanganannya yaitu dengan mengonsumsi obat penyembuh alergi. Namun, sebaiknya melakukan pencegahan dengan menghindari benda-benda yang dapat memicu alergi Anda muncul.

2. Rhinitis Non-Alergi

Penyebab rhinitis non-alergi antara lain aroma tertentu, polusi udara, bahan kimia tertentu, dan perubahan cuaca. Terdapat beberapa penyakit rhinitis non-alergi yang memiliki gejala hidung terasa panas. Berikut ini beberapa penyakit di antaranya. 

1. Sinusitis

Sinusitis mempunyai gejala yang hampir sama dengan flu, sehingga banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mereka mengidap sinusitis. Namun, terdapat pula beberapa perbedaan gejala di antara keduanya yang bisa menjadi petunjuk bahwa Anda mengidap sinusitis. 

Sebenarnya sinusitis dapat termasuk ke dalam rhinitis alergi dan rhinitis non-alergi. Penyebab sinusitis bisa karena infeksi virus atau alergi. Beberapa gejala yang dialami hampir sama dengan gejala flu. Bedanya, selain hidung tersumbat, sinusitis menyebabkan keluarnya cairan kuning kehijauan dari hidung dan dapat disertai dengan rasa panas. 

Selain itu, bagian wajah akan terasa sakit dan nyeri saat ditekan dan suhu tubuh bisa mencapai 38° Celcius atau lebih jika demam. Anda harus segera berobat ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut. Jika dibiarkan dapat menyebabkan sinusitis kronis dan itu semakin berbahaya.

2. Covid-19

Gejala hidung terasa panas juga dapat dirasakan oleh orang-orang yang terinfeksi virus corona. Covid-19 merupakan penyakit saluran pernapasan yang menular dan berbahaya. Gejala ringan dari covid-19 diantaranya yaitu demam, batuk, dan kelelahan. Gejala akan semakin parah jika pengidap memiliki riwayat penyakit lain.

Selain itu, dari beberapa hasil studi kasus, sebagian orang yang terinfeksi virus corona merasakan sensasi terbakar di dalam hidung. Rasa panas di bagian hidung memang berpotensi sebagai gejala covid-19, tetapi gejala ini bukan gejala yang paling umum. 

Hanya sebagian pengidap covid-19 yang mengalami rasa panas di hidung. Oleh karena itu, Anda harus mengenali gejala-gejala lainnya yang dirasakan di waktu yang bersamaan.

3. Infeksi Paru-paru

Gejala dari infeksi paru-paru cukup beragam, mulai dari batuk kering, panas dingin, nyeri dada, keluar lendir saat batuk, napas pendek, hingga nyeri otot. Dari banyaknya gejala paru-paru, salah satunya yaitu hidung tersumbat dan bersin-bersin yang dapat menyebabkan hidung terasa panas.

Sebelum gejala-gejala yang cukup parah, infeksi paru-paru menunjukkan gejala-gejala yang ringan yang hampir sama dengan flu. Namun, infeksi paru-paru akibat virus dapat berkembang terus-menerus meskipun lambat. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala di atas sebaiknya segera periksa ke dokter.

Itulah beberapa penyakit yang memiliki gejala hidung terasa panas. Jika Anda memiliki gejala lain di saat yang bersamaan dan terjadi cukup lama, sebaiknya segera pergi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *