Ide Cemilan Sehat yang Bisa Dicoba di Rumah

cemilan sehat

Pandemi membuat Anda menghabiskan banyak waktu di rumah saja. Sehingga hasrat untuk ngemil makanan pun tidak lagi bisa tertahankan. Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, ada baiknya jika Anda mengonsumsi cemilan sehat. 

Cemilan sehat merupakan makanan ringan yang bebas pengawet, rendah kalori, dan terbuat dari bahan-bahan alami. Penting sekali memilih cemilan yang sehat karena konsumsi makanan ringan ini biasanya jadi bagian penting dari pola makan harian.

Rekomendasi Alternatif Mengonsumsi Cemilan SehatĀ 

1. Pilihlah makanan ringan berbahan dasar gandum

Cemilan dari bahan gandum utuh bisa memberikan Anda energi lebih banyak. Anda juga bisa mengonsumsi sereal yang tinggi serat sebagai cemilan sehat rendah kalori.

2. Kacang-kacanganĀ 

Kacang dan biji-bijian tanpa kandungan garam bisa juga menjadi cemilan yang sehat dan juga enak. Anda bisa mengonsumsi almond, kacang tanah, walnut, kacang mete, hazelnut, biji labu panggang, hingga kacang atau biji-bijian lain yang juga tinggi nutrisi.

3. Kombinasikan cemilan kalori tinggi-rendah

Anda bisa menunda lapar dengan mengombinasikan dua jenis makanan makanan yang tinggi dan rendah kalori. Ambillah sedikit makanan dengan lemak sehat, misalnya selai kacang. Dikombinasikan dengan makanan yang sangat ringan dalam porsi besar, sepeerti batang seledri, apel, atau jeruk.

4. Kembali pada menu sarapan

Anda juga bisa melihat kembali menu sarapan Anda. Seperti yang diketahui makanan yang dikonsumsi saat sarapan bisa menunda rasa lapar. Pilihlah makanan yang bernutrisi, mudah dikonsumsi, dan hemat. 

Misalnya membuat sepotong roti gandum dengan selai. Bisa juga dikombinasikan dengan seporsi kecil granola yang rendah gula. Menu ini bisa menunda rasa lapar menjelang waktu makan siang.

5. Konsumsi lebih dari satu jenis cemilan

Anda bisa mencoba konsumsi lebih dari satu sumber makronutrien seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Mislanya dengan mengonsumsi kacang-kacangan dengan beberapa buah anggur.

Cemilan yang mengandung nutrisi seimbang bisa membuat Anda merasa kenyang sehingga porsi cemilan sehat Anda tidak terlalu banyak. 

Ide Cemilan Sehat yang Bisa Anda Buat di Rumah

  • Yogurt Yunani dengan campuran buah dan kacang

Anda bisa membuat cemilan sehat dengan yogurt Yunani plain yang dicampur dengan satu porsi buah, dan ditambah segenggam kacang. Cemilan ini mengandung protein dari yogurt, serat dari buah-buahan, serta kandungan lemak sehat dari kacang.

  • Apel dengan selai kacang

Mengonsumsi buah apel atau pisang dengan campuran selai kacang juga bisa jadi cemilan sehat dan enak, lho. Namun, jangan sampai Anda mengonsumsi selai kacang dalam porsi banyak, sebab ini tidak baik. Cukup konsumsi 2 sendok makan saja setiap kali ngemil.

  • Sandwich roti gandum isi selai kacang

Anda bisa juga ngemil setengah porsi sandwich isi selai kacang, dan tambahkan cottage cheese. Cemilan ini bisa menambah protein dalam tubuh, serat, hingga lemak sehat. Sehingga Anda bisa merasa kenyang hingga jadwal makan selanjutnya.

  • Telur rebus dengan irisan sayur

Anda bisa menjadikan telur rebus sebagai cemilan sehat. Tiga buah telur rebus yang ditambahkan sayuran bisa jadi kombinasi sarapan yang nikmat dan sehat. Telur yang kaya protein dipadukan dengan sayuran yang tinggi serat. Selain sehat, ini juga bisa mengenyangkan.

Pilih Chia-Yo Gluten Free Sebagai Cemilan Sehat

Cemilan sehat tidak hanya makanan yang dibuat sendiri, tapi ada juga cemilan yang bisa dibeli di pasaran. Tentu Anda harus jeli membeli produk cemilan. Pilihlah makanan ringan yang sehat.

Chia-Yo Gluten Free ini bisa jadi pilihan karena tidak mengandung gluten sehingga cocok untuk Anda yang alergi terhadap gluten. Cemilan ini terbuat dari tepung singkong modifikasi, kelapa parut kering, gula semut organik, pisang, almond, minyak kanola, dan garam himalaya.

Selain itu, Chia-Yo ini tidak mengandung telur, rendah lemak, rendah gula, bebas kolesterol, tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan. Bahan-bahan dasarnya alami, sehat, dan segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *