Ibu Hamil Makan Nangka Berisiko Keguguran, Benarkah?

ibu hamil makan nangka

Dari banyaknya mitos yang beredar mengenai kehamilan, salah satu yang cukup umum dibicarakan adalah larangan untuk mengonsumsi nangka. Secara medis, apakah benar jika ibu hamil makan nangka akan menyebabkan keguguran?

Saat hamil, Anda harus bisa membedakan mana saja informasi yang merupakan mitos dan mana yang fakta. Untuk mendapatkan kepastian mengenai informasi tertentu, Anda bisa menanyakannya secara langsung dengan dokter Anda.

Apa yang terjadi jika ibu hamil makan nangka?

Perlu diketahui, pada dasarnya buah nangka memiliki ragam manfaat positif, namun juga berpotensi menyebabkan beberapa risiko negatif. Akan tetapi, belum ada penelitian yang bisa membuktikan dengan jelas apakah buah nangka bisa meningkatkan risiko keguguran. 

Pada dasarnya, buah nangka mengandung beberapa macam nutrisi di dalamnya. Ada nutrisi yang memang esensial dan dibutuhkan bagi wanita hamil, namun ada juga yang tidak. 

  • Vitamin

Ada banyak vitmain yang terdapat di dalam buah nangka. Vitamin-vitamin ini sangat baik bagi kebutuhan tubuh saat hamil. Beberapa di antaranya meliputi vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Seluruh vitamin itu bisa mencegah Anda dari risiko infeksi.

Akan tetapi, perlu diketahui juga bahwa vitamin A yang berlebihan tidak selalu baik untuk kehamilan. Bagi ibu hamil makan nangka, ada baiknya tidak mengonsumsi secara berlebihan agar vitamin A yang terkonsumsi pun tidak terlalu berlebih.

  • Rendah kolesterol dan lemak jenuh

Saat hamil, Anda harus berhati-hati terhadap makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh cukup tinggi. Karena, makanan dengan lemak jenuh bisa membuat Anda mengalami penambahan berat badan yang tidak sehat dan memicu masalah pada kesehatan jantung Anda. 

Untungnya, buah nangka mengandung kadar kolesterol serta lemak jenuh yang cenderung cukup rendah. Sehingga, tidak apa-apa jika ingin dikonsumsi saat hamil. 

  • Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk mengontrol berat badan serta memperlancar sistem pencernaan. Buah nangka juga dipercaya kaya akan kandungan serat. 

Bagi ibu hamil makan nangka, Anda tidak akan mudah mengalami sembelit. Selain itu, melalui buah nangka Anda juga bisa mendapatkan asupan serat yang memadai sesuai kebutuhan serat harian yang dianjurkan. 

  • Magnesium dan folat

Selain itu, buah nangka juga kaya akan kandungan magnesium dan folat. Magnesium memiliki fungsi yang sangat baik untuk kesehatan tulang sang ibu serta mendukung pembentukan tulang janin dalam kandungan.

Sementara, folat bisa bekerja dengan mengendalikan atau menormalkan kadar hemoglobin, sehingga Anda bisa terhindar dari risiko anemia saat hamil. 

Risiko yang perlu diwaspadai setelah mengonsumsi nangka

Meskipun kaya akan nutrisi, Anda tetap perlu mewaspadai adanya risiko dari buah nangka. Ibu hamil makan nangka lebih berisiko untuk mengalami hal-hal sebagai berikut: 

  • Diabetes gestasional

Ini merupakan kondisi diabetes yang terjadi pada masa kehamilan. Buah nangka mengandung kadar gula yang cukup tinggi, sehingga saat dikonsumsi pun akan memengaruhi peningkatan kadar gula dalam darah Anda. 

  • Diare

Banyak wanita hamil yang mengalami masalah diare akibat mengonsumsi nangka. Ini bisa terjadi karena nangka memang sering dijadikan sebagai pencahar alami. Untuk menghindarinya, konsumsilah buah nangka dalam jumlah wajar.

Ingatlah bahwa segala sesuatu yang berlebihan pada dasarnya tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi buah nangka memang bisa memberikan banyak manfaat, tapi jika ibu hamil makan nangka secara berlebihan, maka risikonya pun akan berbahaya untuk kesehatan Anda dan juga bayi dalam kandungan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *