Depresi Bertambah Buruk? Cari Bantuan Clarity Psychology

Clarity Psychology

Hidup dengan depresi berarti Anda harus hidup dalam percampuran hari-hari yang baik dan buruk. Dalam hari yang baik, suasana hati Anda akan terasa lebih ringan, jelas, dan Anda bisa menjalani hidup dengan baik. Namun, dalam hari-hari yang buruk, suasana hati akan menurun, membuat Anda merasa lelah, lambat, dan mati rasa. Meskipun gejala depresi dapat berangsur-angsur pudar, terutama dengan bantuan tenaga medis kesehatan mental profesional seperti Clarity Psychology, gejala tersebut terkadang dapat semakin menguat dan intens, dengan atau tanpa perawatan. 

Depresi yang berubah dari buruk ke lebih buruk dapat membuat Anda merasa kewalahan. Saat suasana hati Anda gagal berubah menjadi lebih baik setelah beberapa hari buruk yang perlu dijalani, Anda akan mulai bertanya-tanya apakah kondisi tersebut permanen atau tidak. Apabila Anda sudah atau sedang bekerja bersama terapis ahli atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, Anda akan merasa tidak ada hal lain yang bisa Anda lakukan, yang mana akan membuat Anda merasa putus asa. Namun, ketahuilah, Anda memiliki banyak pilihan dukungan seperti Clarity Psychology. Tidak setiap pendekatan bekerja untuk semua orang, sehingga mendapatkan kelegaan terkadang hanya masalah menemukan perawatan yang tepat untuk Anda. 

Tanda dan gejala yang perlu diwaspadai

Apabila Anda biasanya memiliki gejala depresi ringan atau berselang-seling, Anda akan menyadarinya secara langsung apabila gejala tersebut tiba-tiba berubah menjadi semakin parah atau terus menerus terjadi. Meskipun demikian, jenis depresi yang berbeda dapat melibatkan berbagai jenis gejala, dan perubahan tersebut datang secara perlahan. Anda mungkin tidak akan menyadari perubahan kecil pada suasana hati dari hari ke hari hingga Anda tiba-tiba merasa lebih buruk dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Apabila hal yang disebutkan sebelumnya terdengar familiar, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan psikolog Clarity Psychology secepatnya seputar pendekatan baru terhadap perawatan khusus. Apabila Anda belum memulai perawatan khusus depresi, berbicara dengan seorang terapis Clarity Psychology tentang gejala tersebut dapat menjadi langkah pertama yang baik. 

Tidak ada yang menarik perhatian Anda

Depresi biasanya melibatkan menurunnya level energi dan hilangnya ketertarikan terhadap hobi lama dan hal-hal lain yang dulunya Anda sukai. Pada saat Anda berusahan untuk pulih, Anda akan menemukan ketertarikan terhadap aktivitas tersebut berangsur-angsur datang kembali, bersamaan dengan level energi. Begitu pula sebaliknya, dalam kasus depresi yang semakin buruk, Anda malah akan hilang ketertarikan terhadap hobi dan aktivitas tersebut sepenuhnya. Anda akan kesulitan menemukan motivasi untuk berolahraga, bersosialisasi, ataupun melakukan hal-hal yang dulunya Anda anggap menyenangkan. Anhedonia, atau kesulitan merasakan kenikmatan dan kesenangan, merupakan sebuah gejala inti dari depresi. Anda juga akan mengalami kesulitan dalam mengumpulkan energi untuk datang bekerja ke kantor atau melakukan aktivitas dasar sehari-hari, seperti membersihkan rumah atau mempersiapkan makanan. Bahkan, orang yang depresi identik dengan enggan merawat diri, seperti tidak mandi dan tidak menggosok gigi. 

Anda menghabiskan banyak waktu sendiri

Dengan depresi, Anda akan kesulitan menemukan kebahagiaan menghabiskan waktu bersama orang lain. Anda enggan bersosialisasi dengan saudara atau teman karena Anda tidak memiliki cukup energi untuk melakukannbya. Mati rasa secara emosional dapat membuat interaksi sosial yang tadinya Anda sukai menjadi tidak memiliki arti. Merasa bersalah, mudah marah, dan rasa tidak berarti juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih rumit, serta menghindari kehidupan sosial tampak menjadi pilihan yang lebih aman. Tidak ada yang salah dengan menghabiskan waktu seorang diri. Namun, perasaan kesepian akan membuat suasana hati semakin memburuk. BIcaralah dengan psikolog Clarity Psychology. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *