CTS? Atasi Di SS Medika

Carpal tunnel syndrome, atau dikenal dengan nama penyakit CTS, merupakan sebuah kondisi di mana adanya tekanan pada saraf median yang terletak di telapak tangan. Saraf median menyediakan sensasi (kemampuan untuk merasa) pada jari-jari tangan Anda. Saraf median juga menyediakan impuls pada otot yang mengarah ke ibu jari. Penyakit CTS ini dapat terjadi pada satu atau dua tangan Anda. Pembengkakan di dalam pergelangan tangan dapat menyebabkan tekanan pada penyakit CTS, yang mengakibatkan mati rasa, kelemahan, dan sensasi kesemutan pada daerah di dekat ibu jari. Anda bisa mengatasinya di RS SS Medika. 

Obati penyakit CTS di RS SS Medika. Nyeri yang Anda rasakan pada carpal tunnel disebabkan karena tekanan berlebih di pergelangan tangan dan saraf median. Peradangan dapat menyebabkan pembengkakan. Penyebab utama peradangan ini adalah kondisi medis khusus yang menyebabkan pembengkakan di pergelangan tangan, dan terkadang aliran darah yang terganggu. Beberapa kondisi yang paling sering dihubungkan dengan penyakit CTS di antaranya adalah diabetes, disfungsi thyroid, retensi cairan akibat kehamilan atau menopause, tekanan darah tinggi, gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis, dan patah atau trauma pergelangan tangan. Penyakit CTS dapat berkembang menjadi lebih parah apabila pergelangan tangan digunakan berlebih dan berulang. Gerakan yang berulang pada pergelangan tangan dapat menyebabkan pembengkakan serta tekanan di saraf median. 

Wanita berisiko tiga kali lebih besar dalam menderita penyakit CTS dibandingkan dengan pria. Penyekat CTS lebih sering didiagnosis terjadi pada mereka yang berusia 30 hingga 60 tahun. Kondisi tertentu dapat meningkatkan risiko Anda dalam menderita apapaun, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, dan arthritis. Faktor gaya hidup dapat meningkatkan risiko penyakit CTS, seperti merokok, asupan garam yang tinggi, gaya hidup yang jarang bergerak, dan indeks masa tubuh (BMI) yang tinggi. 

Kunjungi RS SS Medika jika Anda memiliki gejala penyakit CTS. Gejala biasanya ditemukan di sepanjang jalur saraf karena adanya tekanan pada saraf median. Tangan Anda akan sering “tertidur”, menyebabkan Anda sering menjatuhkan benda-benda yang sedang digenggam. Gejala lain dari penyakit CTS yang perlu diperhatikan di antaranya adalah mati rasa, kesemutan, dan nyeri di ibu jari dan jari lainnya; nyeri dan sensasi terbakar yang dapat menjalar naik ke lengan; nyeri pergelangan tangan yang dapat mengganggu kualitas tidur; serta kelemahan otot pada tangan. 

Dokter dapat melakukan diagnosis penyakit CTS dengan menggunakan kombinasi antara riwayat medis, pemeriksaan fisik, dan tes yang dikenal dengan sebutan studi konduksi saraf. Pemeriksaan fisik melibatkan evaluasi mendetail pada tangan, pergelangan tangan, pundak, dan leher guna memeriksa penyebab lain tekanan saraf. Dokter akan memeriksa pergelangan tangan guna memastikan tidak ada pembengkakan atau kelainan bentuk lainnya. Dokter juga akan memeriksa sensasi pada jari dan kekuatan otot tangan. Sementara itu, studi konduksi saraf merupakan tes diagnosis yang digunakan untuk mengukur kecepatan konduksi impuls saraf Anda. Jika impuls saraf lebih rendah dibandingkan dengan normal saat saraf melewati tangan, ada kemungkinan Anda menderita penyakit CTS. 

Perawatan penyakit CTS akan bergantung pada seberapa parah kondisi yang sedang Anda  miliki. Untuk memastikan Anda mendapatkan perawatan yang tepat, kunjungi RS SS Medika guna mendapatkan pemeriksaan, diagnosis, dan perawatan. Anda juga perlu menghindari posisi yang dapat memberatkan pergelangan tangan, menggunakan obat nyeri dan obat yang dapat mengurangi peradangan, dan menyuntikkan steroid pada daerah carpal tunnel untuk mengurangi peradangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *