7 Manfaat Memijat Bayi dan Cara Memijat Bayi

7 Manfaat Memijat Bayi dan Cara Memijat Bayi

Sebagian besar orang tua baru tahu bahwa sentuhan adalah cara penting untuk menjalin ikatan dengan bayi mereka yang baru lahir, tetapi masih ada lagi yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memijat bayi. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi terkait dengan 7 manfaat memijat bayi dan cara memijat bayi Anda. 

Memijat bayi merupakan interaksi yang penuh perhatian dengan bayi, komunikasi nonverbal dan secara langsung mengadaptasi dukungan untuk kebutuhan dan kemampuan sensorik anak. Baik untuk bayi Anda baru lahir atau beberapa tahun, pijatan dapat memberikan efek yang cepat dan tahan lama.  

Menurut International Association of Infant Massage (IAIM), pijat bayi dapat membantu menstimulasi sistem peredaran darah dan pencernaan. Ini mungkin, pada gilirannya, membantu beberapa bayi dengan kondisi seperti:

  • gas
  • kram
  • sakit perut
  • sembelit

Pijat juga dapat membantu meredakan ketegangan otot, nyeri tumbuh, dan ketidaknyamanan tumbuh gigi, serta merangsang pertumbuhan pada bayi prematur. Namun, tinjauan sistematis Cochrane menemukan sedikit bukti untuk manfaat yang dilaporkan. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung klaim ini.

Jika bayi Anda memiliki masalah kesehatan, Anda harus berbicara dengan dokternya terlebih dahulu untuk memutuskan apakah Anda harus memijat bayi Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa pijat bayi jika dilakukan sesuai dengan teknik Pijat Pertama Bayi:

  1. Menenangkan bayi 

Pijat melepaskan endorfin pada bayi, membantu menenangkan semua orang sekaligus mengatur siklus tidur atau bangun bayi.

  1. Koordinasi yang lebih baik dan perkembangan motorik bayi 

Semua pijatan dalam teknik Pijat Bayi Pertama dilakukan dari kepala sampai kaki. Pijatan dapat meningkatkan perkembangan motorik sebagai hasil dari pijatan teratur pada bayi.

  1. Ikatan yang lebih besar antara bayi

Kontak kulit sangat bagus untuk ikatan serta stimulasi sentuhan. Ikatan ini sangat bagus untuk bayi.

  1. Kekebalan tubuh meningkat

Karena pijatan merangsang aliran darah, sangat bagus untuk kekebalan dan menjaga kesehatan bayi. Ini sangat bermanfaat selama musim flu.

  1. Pemrosesan sentuh yang ditingkatkan

Membelai kulit bayi membantu menstimulasi sistem perabaan pada bayi. Karena kulit adalah organ terbesar kita, ia memiliki representasi yang besar di otak kita. Merangsang kulit bayi menstimulasi sebagian besar otak mereka, menyebabkan terjadinya hubungan antara sel-sel otak dan membantu bayi memproses indra peraba.

  1. Kepercayaan

Ini dapat membantu Anda menjadi lebih percaya diri dalam menangani anak Anda dan lebih baik dalam mengenali kebutuhannya. Menghabiskan waktu tenang dengan memijat bayi Anda akan memberi Anda waktu dan ruang yang Anda butuhkan untuk mulai mengenali dan mempelajari isyaratnya. Belajar memahami bayi Anda akan memberi Anda sedikit dorongan kepercayaan diri dan membuat Anda merasa lebih rileks di bulan-bulan awal itu.

  1. Pencernaan dan pelepasan gas yang lebih baik

Beberapa pijatan secara khusus ditujukan pada area perut bayi. Cara memijat bayi ini dapat membantu menstimulasi pencernaan, menggerakkan usus bayi dan membantu meredakan gas. Memindahkan gas tidak selalu menyakitkan bagi bayi, tetapi ini adalah sensasi baru yang tidak mereka alami dalam tubuh jadi apa pun yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu mempercepat proses akan bermanfaat bagi bayi dan orang tua.

Teknik memijat bayi Anda

  • Suasana yang nyaman sangat penting

Pijat bayi Anda di tempat yang hangat dan tenang. Pastikan Anda dan bayi Anda berada di tempat yang nyaman. Letakkan di atas handuk di punggungnya agar bisa menjaga kontak mata. Ini bisa di tempat tidur Anda. Beri tahu mereka bahwa ini waktunya pijat saat Anda melepaskan pakaiannya.

  • Mulailah dengan lambat

Letakkan bayi Anda telentang dan mulailah dengan menggosok setiap bagian tubuh secara perlahan. Sentuhan Anda harus lembut pada awalnya.

Luangkan waktu untuk menggosok masing-masing bagian tubuh mereka, dimulai dari kepala dan turun ke kaki secara bertahap. Tidak ada waktu khusus yang direkomendasikan untuk pijat. Setiap bagian pijatan harus berlangsung selama Anda dan bayi Anda menikmatinya.

Anda juga dapat mencoba meletakkan tengkurap untuk pijatan singkat, meskipun beberapa bayi mungkin tidak suka tengkurap dalam waktu lama.

  • Ulangi lagi

Jika Anda dan bayi Anda sedang menikmati pijatan, lanjutkan dengan melakukan gerakan menggosok, mulai dari kepala hingga ke kaki.

  • Terus berbicara

Selalu berkomunikasi dengan bayi Anda selama pemijatan. Panggil nama mereka dan katakan “tenang ya” untuk membantu mereka tenang.

Anda juga dapat menceritakan sebuah cerita atau menyanyikan lagu anak-anak favoritnya saat Anda menggerakkan tubuhnya.

  • Minyak adalah opsional

Beberapa orang tua menganggap minyak terlalu ribet, sementara orang tua lainnya menggunakannya untuk membantu menghilangkan gesekan kulit akibat pemijatan. Jika Anda memang menggunakan minyak, pastikan untuk membeli minyak yang tidak berbau dan dapat dimakan karena bayi Anda mungkin menghirupnya.

Pertama, uji minyak dengan mengoleskan sedikit olesan pada sebagian kecil kulit bayi Anda. Periksa apakah bayi Anda bereaksi. Ini sangat penting untuk bayi dengan alergi atau kulit sensitif.

Jika bayi Anda memiliki masalah kesehatan, bicarakan dengan dokter bayi Anda sebelum mencoba pijat bayi. Dokter dapat membantu Anda menentukan apakah cara memijat bayi sesuai. Anda juga dapat bertanya kepada dokter bayi Anda apakah ia dapat merekomendasikan spesialis pijat bayi atau ahli berkualifikasi lainnya yang dapat mengajari Anda teknik untuk menangani kebutuhan khusus bayi Anda.

Mungkin perlu beberapa kali percobaan sebelum Anda dan bayi Anda terbiasa dengan pijat bayi. Sabar. Dengan sedikit latihan, pijat bayi dapat menjadi cara yang sehat bagi Anda dan bayi untuk rileks dan terikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *