Cara Alami Atasi Pendarahan Tanpa Thrombogel

Cara Alami Atasi Pendarahan Tanpa Thrombogel

Mengalami pendarahan akibat luka adalah hal yang tentunya sangat tidak diinginkan. Darah yang terus-menerus keluar akan menyebabkan seseorang jadi lemas dan meninggal jika tidak ditangani. Karena itu, pertolongan melalui Thrombogel sangat dibutuhkan.

Meski begitu, penggunaan salep tentunya juga harus memperhatikan banyak hal terkait dengan kandungan dan efek samping apalagi jika salep tersebut merupakan obat bebas terbatas.

Untuk mengatasinya, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau bisa melakukan cara alami tanpa harus oleskan salep. Seperti apa? Yuk, simak di bawah ini!

Bebat kuat dengan kain basah atau kasa

Ini adalah langkah cukup mudah yang bisa Anda lakukan saat mengalami pendarahan karena luka atau memar.

Tekan luka dengan cara membebat kuat memakai kain basah atau kasa yang sudah dikompres air dingin.

Jangan lepaskan kompres meskipun darah merembes sebab hal itu akan dapat meningkatkan pendarahan.

Terus berikan tekanan terhadap luka dengan perbanyak kompres. Lakukanlah selama 5-10 menit kemudian periksa untuk memastikan pendarahan benar-benar berhenti. Jika belum, terus tekan, dan hubungi dokter jika hasil tidak maksimal.

Kompres dengan es

Jika mengompres luka dengan air dingin belum cukup, cobalah kompres dengan es yang sudah dibungkus kain kasa lalu oleskan ke area luka.

Cara ini juga cukup sering dilakukan saat ada orang yang menderita luka. Meskipun menurut penelitian, hanya sedikit bukti ilmiah yang mendukung cara ini.

Teh

Teh, baik hijau maupun hitam, bisa digunakan untuk mengatasi pendarahan tanpa harus memakai Thrombogel.

Hal ini karena teh mengandung Tanin yang merupakan unsur pahit dalam minuman tersebut. Tanin dipercaya dapat meningkatkan pembekuan darah.

Daun Seribu

Atau disebut juga Yarrow adalah sejenis tanaman herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi pendarahan.

Manfaat dari penggunaan tanaman ini bisa Anda dapatkan melalui bubuknya dari hasil tanaman yang digiling. Taburkanlah bubuk itu pada area luka lalu tekan.

Witch Hazel

Witch hazel adalah salah satu tanaman herbal yang mempunyai kemampuan astringent yang mampu membantu mengencangkan kulit, mengurangi suplai darah, dan meningkatkan pembekuan.

Cara menggunakannnya adalah bungkus tanaman ini dengan kain kasa lalu kompres dan tekanlah pada area luka. Anda tidak perlu alkohol saat menggunakannya.

Vitamin C dan Seng

Vitamin C yang identik dengan kekebalan tubuh rupanya bisa untuk mengatasi pendarahan secara alami apalagi jika dikombinasikan dengan Seng.

Vitamin ini cukup ditaburkan ke area luka seperti saat Anda sudah mencabut gigi yang memang terbukti dapat membekukan darah kemudian isaplah permen seng sebagai pelega tenggorokan. Usahakan pilih vitamin C yang murni.

Petroleum jelly 

Bahan yang satu ini biasanya ditemukan pada beberapa produk kosmetik seperti lip balm dan Vaseline.

Bahan ini mengandung campuran minyak dan lilin yang dapat digunakan untuk melindungi kulit. Apabila Anda penggemar tinju atau beladiri kemungkinan besar Anda sudah tidak asing lagi terhadap benda yang satu ini karena sering dioleskan pada atlet yang mengalami luka.

Untuk menggunakannnya, keringkan kulit terlebih dahulu lalu oleskan pada area kulit yang terluka.

Antiperspiran

Bahan alami yang satu ini mengandung alumunium klorida yang tidak hanya mengecilkan keringat, tetapi juga mampu menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan pembekuan darah.

Obat kumur

Obat kumur mengandung alkohol yang dapat membekukan darah yang menggumpal karena terluka dengan sangat cepat.

Oleskan bahan alami ini pada area luka, dan lihat hasilnya sehingga Anda tidak perlu menggunakan Thrombogel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *