Perbedaan Bersin Terus-menerus karena Flu dan Alergi

Perbedaan Bersin Terus-menerus karena Flu dan Alergi

Bersin terus-menerus terkadang dialami oleh seseorang yang sedang mengalami flu dan pilek. Namun, ada juga gejala bersin yang dialami karena efek alergi. Beberapa contoh alergi yang menyebabkan bersin di antaranya adalah alergi bulu hewan, alergi makanan, hingga alergi debu. 

Secara umum, seseorang bersin disebabkan karena saraf trigeminal mengalami peradangan. Hal tersebut disebabkan berbagai faktor, seperti zat iritan dan alergen. Hidung yang terkena alergen dan iritan akan mengalami iritasi pada tenggorokan dan selaput lendir hidung/ Lantas, apa saja perbedaan ciri bersin terus-menerus karena flu dan alergi? Berikut ulasannya!

Bersin Terus-menerus karena Flu

Gejala bersin pada umumnya sering menimpa seseorang yang sedang mengalami pilek dan flu. Kondisi bersin dalam intensitas yang sering tentu saja mengganggu dan tidak jarang memengaruhi produktivitas seseorang. Tidak jarang bersin-bersin juga masuk kategori gejala penyakit yang menyerang paru-paru, misalnya seperti asma. Supaya tidak bingung, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu ciri umum saat seseorang mengalami flu:

  • Bersin-bersin disertai dengan hidung gatal dan berair. Hal tersebut disebabkan karena hidung terinfeksi virus influenza. Bersin pada saat flu merupakan cara alami tubuh seseorang mengeluarkan kuman dari tubuhnya. 
  • Muncul lendir dari hidung. Tidak hanya gatal di area hidung, virus juga menyebabkan ingus keluar dari hidung Anda. Biasanya lendir berwarna kuning, putih, maupun hijau.
  • Nyeri otot dan sakit kepala. Saat mengalami flu, selain bersin terus-menerus, seseorang bisa mengalami nyeri otot dan sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena saluran sinus pada hidung mengalami penyumbatan. 
  • Nyeri tenggorokan. Kondisi tersebut menyebabkan tenggorokan terasa sakit saat menelan.  Penyebabnya ada beragam, namun yang paling sering terjadi disebabkan karena virus influenza. 

Bersin Terus-menerus karena Alergi

Terkadang ada kondisi dimana Anda mengalami bersin namun sedang tidak menderita flu. Situasi tersebut adalah hal yang umum. Ada kemungkinan penyebab Anda bersin adalah karena reaksi alergi. Ada respon dari sistem kekebalan tubuh karena mengidentifikasi kehadiran benda-benda asing di sekitar mereka. Lantas, alergi apa saja yang menyebabkan gejala bersin terus-menerus?

  • Bersin-bersin karena alergi makanan. Seseorang yang terkena alergi makanan dapat mengalami kondisi seperti gatal-gatal di area mata, hidung berair, dan muncul beberapa ruam di area kulit. Contoh makanan yang kerap memicu alergi di antaranya adalah kacang, susu, kedelai,dan telur. 
  • Mengalami gustatory rhinitis. Penyebab bersin terus-menerus juga dialami bagi penderita yang terkena gustatory rhinitis. Penyakit tersebut merupakan jenis rhinitis alergi yang ditimbulkan karena makanan tertentu. Contoh makanan yang sering memicu munculnya alergi gustatory rhinitis adalah: sup pedas, kari, bubuk cabai, wasabi, sambal, serta alkohol.
  • Refleks nasokuler. Pernahkah Anda di situasi tiba-tiba bersin saat berhadapan dengan cahaya sinar matahari? Kondisi tersebut dapat disebut sebagai refleks nasokuler. Terkadang saat seseorang berhadapan dengan cahaya terang, ada reaksi antara hidung dan mata yang menyebabkan stimulasi saraf pada selaput lendir hidung. 
  • Bersin karena efek samping minum obat-obatan tertentu. Penyebab bersin lainnya kemungkinan terjadi karena seseorang mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu. Efek samping bersin biasanya akan berhenti saat pemakaiannya juga dihentikan. Namun, alangkah baiknya apabila kondisi tersebut dikonsultasikan dan diawasi oleh dokter. 

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjauh dari penyebab alergi seperti bulu hewan, udara dingin, asap rokok, debu, hingga asap rokok. Sedangkan jika bersin terus-menerus terjadi karena gejala flu, jangan lupa untuk mengonsumsi obat flu yang mengandung antihistamin dan dekongestan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *