Benarkah Beras Merah Organik Lebih Sehat dan Padat Nutrisi?

beras merah organik

Beras merah atau dikenal juga dengan nama beras Asia adalah salah satu varietas beras yang memiliki pigmen warna merah. Beras merah memiliki kaya nutrisi dan rendah gula sehingga diklaim lebih menyehatkan dan sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. 

Agar lebih menyehatkan, beras merah diproduksi dengan cara alami tanpa pestisida atau bahan kimia lain yang disebut dengan beras merah organik. Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia, masyarakat tak segan untuk membeli beras merah organik

Namun apakah beras merah organik benar-benar kaya manfaat seperti klaimnya? Simak artikel berikut untuk mengetahui fakta mengenai beras merah organik. 

Perbedaan beras merah, coklat, putih, dan hitam

Beras putih yang biasa kita makan sehari-hari tidak memiliki lapisan luar seperti sekam dan dedak, sehingga beras putih juga disebut beras yang dipoles. Oleh karena itu beras putih mengandung lebih sedikit vitamin dan mineral serta tinggi karbohidrat dan indeks glikemik dibandingkan dengan varietas beras lainnya. 

Pada beras coklat, kulit luarnya dihilangkan tapi tetap memiliki lapisan dedak sehingga mengandung lebih banyak serat dan nutrisi. Sedangkan beras merah mengandung antosianin yang kaya nutrisi juga dikemas dengan berbagai manfaat kesehatan. 

Sementara itu beras hitam memiliki semua lapisan luar kulit sehingga memiliki lebih banyak antioksidan dan serat yang tinggi dibandingkan dengan ketiga beras tersebut. 

Manfaat beras merah organik

Berikut ini manfaat beras merah bagi kesehatan.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Beras merah efektif mendukung program diet dalam beberapa cara. Karena kandungan seratnya yang tinggi, beras merah membuat Anda lebih kenyang dan berenergi walaupun dimakan dalam porsi kecil. Makanan berserat tinggi juga membuat Anda kenyang lebih lama sehingga terhindar dari cemilan yang tidak menyehatkan.

Sistem pernapasan lebih sehat

Beras merah kaya akan magnesium yang akan membantu mengatur pola pernapasan serta meningkatkan sirkulasi oksigen. Mengonsumsi beras merah secara teratur juga dapat dijadikan sebagai cara untuk mencegah dan meringankan asma.

Menurunkan kolesterol tinggi

Komponen aktif dalam beras merah yang disebut monacolin K. efektif mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat) dalam darah. Bahkan efeknya sama seperti obat penurun kolesterol yang sering diresepkan dokter. Kadar kolesterol yang rendah akan menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurunkan kadar gula darah tinggi

Beras merah telah lama disarankan untuk penderita diabetes karena terbukti memiliki indeks glikemik rendah. Kadar indeks glikemik yang rendah memperlambat kenaikan kadar gulkosa sehingga membuat gula darah lebih stabil.

Baik untuk kesehatan tulang

Sebagai sumber kalsium dan magnesium, beras merah dapat membantu meningkatkan tulang dan mencegah dari penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis.

Menjaga kesehatan pencernaan

Beras merah merupakan sumber serat yang baik. Seperempat cangkir beras merah mengandung 2 gram serat atau mencukupi 8 persen dari kebutuhan serat harian orang dewasa. 

Serat sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan karena membantu memudahkan buang air besar serta meningkatkan fungsi usus. 

Beras merah organik diproduksi dengan cara alami, menggunakan pupuk lokal dan pestisida organik sehingga beras terjaga dari paparan bahan kimia yang bisa merugikan tubuh. Dengan manfaat dari beras merah, memilih beras merah organik tentunya membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Catatan

Beras merah organik aman dikonsumsi mulai dari bayi hingga lansia. Namun beras merah bisa saja menyebabkan efek samping bagi beberapa orang, seperti perut kembung, mulas, dan pusing. Terlepas dari itu, beras merah organik terbukti menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *