Batuk Berdahak? Jangan Cemas, Atasi dengan Silex Sirup

silex sirup

Batuk dan pilek adalah kondisi yang sangat umum dialami oleh siapa saja. Terkadang, batuk bisa juga disertai dengan dahak. Apabila Anda mengalami hal ini, cobalah atasi dengan obat batuk silex sirup.

Obat ini cocok untuk digunakan oleh penderita batuk dewasa maupun anak-anak. Di dalamnya, terdapat campuran komposisi bahan alami dan kandungan kimiawi obat-obatan yang bekerja sama untuk menyembuhkan dahak atau lendir yang menyebabkan batuk.

Cara kerja obat silex sirup

Obat silex pada dasarnya bekerja dengan cara yang serupa seperti obat batuk pada umumnya. Hanya saja, kandungan di dalamnya mungkin berbeda dengan obat batuk lain. 

Berikut ini daftar komposisi utama dalam obat batuk silex:

  • Extract Thymi herba siccum sebanyak 41.67 mg
  • Extract Primulae radix siccum sebanyak 10 mg
  • Extract Althaeae folium siccum sebanyak 58.33 mg
  • Extract Droserae herba siccum sebanyak 25 mg
  • Extract Serphylli herba siccum sebanyak 35 mg

Kandungan-kandungan di atas merupakan ekstrak dari tumbuh-tumbuhan yang berkualitas. Semuanya sama-sama terbukti memiliki efek untuk mengencerkan dahak, membuat dahak lebih mudah dikeluarkan dan batuk Anda pun lebih cepat disembuhkan.

Oleh sebab itu, obat ini sangat cocok digunakan untuk meredakan batuk berdahak, serta melegakan tenggorokan yang terasa perih atau batuk yang disebabkan oleh pilek. 

Apa itu batuk berdahak?

Perlu diperhatikan, obat silex sirup ditujukan untuk menyembuhkan batuk berdahak. Jadi, obat ini kurang bisa bekerja dengan efektif apabila digunakan untuk mengobati batuk biasa yang tidak disertai dengan dahak.

Dahak merupakan sejenis lendir yang terbentuk di dalam dada Anda. Biasanya, dahak dihasilkan dalam jumlah yang normal. Dahak ini tidak akan terasa menganggu.

Akan tetapi, saat Anda menderita pilek atau kondisi medis lainnya, bisa saja dahak diproduksi secara berlebihan. Ini akan menganggu dan semakin terasa ketika Anda sedang batuk. Batuk inilah yang disebut batuk berdahak.

Pada dasarnya, dahak diproduksi secara alami guna menangkap kotoran agar tidak masuk lebih jauh ke dalam tubuh. Peradangan bisa membuat dahak ini tidak bekerja sebagaimana mestinya. 

Mengapa perlu menggunakan obat batuk silex?

Saat merasakan adanya gejala batuk berdahak, jangan menunggu sampai gejala semakin parah. Sebaiknya, langsung konsumsi obat batuk silex sirup untuk meredakannya. 

Apabila batuk berdahak tidak segera diatasi, maka bisa menimbulkan komplikasi yang lebih serius, seperti:

  • Menganggu pernapasan

Tenggorokan Anda tersambung dengan saluran pernapasan. Ketika dahak menumpuk secara berlebihan di tenggorokan, maka pernapasan Anda pun akan terganggu.

Tidak heran, orang-orang yang menderita batuk berdahak biasanya juga merasa sesak dan kesulitan bernapas. Apalagi jika batuk ini disertai juga dengan gejala pilek lainnya. 

  • Menghambat aktivitas sehari-hari

Bagi Anda yang pernah mengalami batuk, Anda tentu tahu bahwa batuk berdahak bisa membuat Anda kesulitan untuk beraktivitas. 

Batuk bisa berlangsung berkali-kali dalam intensitas yang cukup sering. Bisa saja, Anda batuk beberapa kali dalam lima menit. Lama-kelamaan, batuk ini akan membuat Anda kelelahan, sehingga kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Jangan abaikan gejala dari batuk berdahak yang Anda alami. Kondisi seperti ini memang cukup umum, namun bila dibiarkan bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Sebaiknya, jangan ragu untuk langsung menggunakan obat batuk silex sirup begitu merasakan adanya gejala. Gunakan dengan dosis yang tepat, sesuaikan dengan usia Anda. 

Sumber:

https://www.healthline.com/health/green-phlegm#when-to-see-your-doctor
https://www.nhs.uk/conditions/common-cold/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *