Bahaya Makan Sayuran Mentah

Bahaya Makan Sayuran Mentah

Bahaya makan sayuran mentah. Selama ini kita sering diberi tahu bahwa sayur-sayuran adalah makanan yang menyehatkan, termasuk memakan sayuran mentah.

Sayuran mentah dianggap bisa membuat kandungan nutrisinya tetap terjaga dan masih maksimal manfaatnya. Apabila dimasak, justru kandungan yang ada pada sayuran akan berkurang karena tidak tahan panas.

Informasi tersebut memang tidak salah. Ada beberapa sayuran yang bisa dimakan mentah. Namun tidak semua jenis sayuran lebih berkhasiat saat dimakan secara mentah.

Beberapa sayuran justru dapat lebih memaksimalkan kandungannya saat setelah dimasak. Bahkan seringkali tujuan dimasaknya sayuran tersebut agar menghilangkan racun yang ada.

Lalu, apa saja bahaya makan sayuran mentah?

Bahaya Makan Sayuran Mentah

Berikut ini beberapa bahaya yang dapat timbul apabila memakan sayuran mentah sembarangan.

  • Terpapar racun, seperti pestisida atau beberapa sayuran yang memang mengandung racun alami
  • Terkena gula yang sulit dicerna
  • Terpapar bakteri yang tak diinginkan
  • Bisa meningkatkan nilai gizi
  • Lebih sulit dicerna

Jenis-Jenis Sayuran yang Tidak Boleh DImakan Mentah

Ada beberapa jenis sayuran lain yang lebih maksimal manfaatnya apabila dimasak lebih dulu, bahkan sampai menghilangkan racunnya.

Berikut ini beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dimakan secara mentah:

Tomat

Tomat memiliki banyak manfaat saat dimakan secara matang. Saat dimasak, tomat dapat melepaskan likopen lebih banyak sebagai senyawa antioksidan penangkal kanker.

Dengan dimasak, dinding sel tomat akan pecah dan membebaskan nutrisi likopen. Selain itu, hal ini dapat membuat tomat jadi lebih mudah dicerna.

Kentang

Sayuran ini memiliki kandungan pati yang dapat menyebabkan masalah pencernaan apabila tidak dimasak. Salah satu efeknya adalah perut menjadi kembung dan bergas.

Brokoli, Kol, Kubis, Kecambah

Sayur-sayuran yang terkelompok sebagai cruciferous ini sebenarnya dianggap baik dimakan secara mentah, namun hanya untuk jumlah yang wajar. Karena, memakan nya secara mentah justru dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Selain itu, dengan dimasak, sayur-sayuran ini akan melepaskan indole yang bisa memerangi kanker pra-kanker.

Wortel

Apabila dimasak, kandungan beta karoten dalam wortel akan meningkat. Selain itu, Anda juga bisa memasaknya dengan cara dikukus atau direbus.

Kacang Merah

Kacang merah apabila tidak dimasak hingga matang, justru dapat mengakibatkan kandungan racun di dalamnya tetap terjaga, Efek kacang merah yang tidak matang akan mengakibatkan mual, muntah, dan diare.

Asparagus

Tekstur Asparagus yang tebal akan menyulitkan Anda untuk mengkonsumsinya secara mentah. Selain itu, memakannya secara mentah akan membuat nutrisinya tidak diserap maksimal.

Oleh karena itu, Asparagus butuh dimasak terlebih dahulu agar tubuh mudah menyerap nutrisinya.

Jamur

Jamur akan semakin bermanfaat ketika dimasak. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dalam jamur akan meningkat apabila dimasak.

Terong

Memakan terong mentah dapat mengakibatkan masalah pencernaan dan keracunan solanin yang menghambat penyerapan kalsium. Oleh karena itu, terong harus diolah lebih dulu sebelum dikonsumsi.

Salah satu cara terbaik meningkatkan kandungan antioksidan dalam terong adalah dengan cara memanggang, Metode ini lebih berhasil memaksimalkan kandungannya ketimbang metode lainnya, apalagi memakannya secara mentah.

Bayam

Dengan dimasak, bayam bisa menghasilkan lebih banyak kalsium, magnesium, dan zat besi. Kalau dimakan mentah, kandungan asam oksalat didalamnya dapat mengganggu penyerapan kalsium dan zat besi.

Demikian penjelasan mengenai bahaya makan sayuran mentah. Memakan sayuran mentah memang bermanfaat, dan baik untuk diet. Namun, Anda perlu berhati-hati karena tidak semua sayuran bisa dimakan mentah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *