Apa Inseminasi? Prosedur Inseminasi Unggulan RSIA Bunda Suryatni, 

RSIA Bunda Suryatni merupakan rumah sakit yang berada di Tanah Sareal, Bogor. Rumah Sakit ini mempunyai berbagai fasilitas yang tersedia diantaranya Pediatric Intensive Care Unit (PICU), Ruang Operasi, Neonatal Intensive Care Unit (NICU), Laboratorium,HCU, IGD, Apotek, Ambulans dan Fisioterapi. Namun, RS ini mempunyai prosedur unggulannya salah satunya prosedur inseminasi. 

Namun apakah itu inseminasi ? Inseminasi buatan meruapakan metode pengobatan kesuburan digunakan untuk memberikan sperma langsung pada leher rahim agar dapat bisa hamil. Namun, kadang sperma ini dicuci maupun disiapkan dalam meningkatkan kemungkinan seorang wanita hamil.

Terdapat dua pendekatan inseminasi buatan yaitu inseminasi intrauterin (IUI) dan inseminasi intraserviks (ICI). Beberapa wanita mungkin juga minum obat untuk merangsang pertumbuhan folikel ovarium dan meningkatkan peluang pembuahan.

Apa prosesnya?

Pembuahan membutuhkan sperma pria untuk melakukan perjalanan ke vagina, melalui leher rahim, ke dalam rahim, dan ke tuba falopi di mana sel telur dibuahi. Namun, terkadang sperma pria tidak cukup mobile untuk melakukan perjalanan ini. Di lain waktu, serviks wanita mungkin tidak menguntungkan untuk memungkinkan sperma melakukan perjalanan ke dalam rahim. Pada proses ini serta situasi lain, inseminasi buatan bisa membantu seorang wanita hamil.

Seorang dokter dapat merekomendasikan pasangan untuk melakukan inseminasi buatan:

  • setelah enam bulan berhubungan seks tanpa kondom jika seorang wanita lebih tua dari usia 35 tahun
  • setelah satu tahun berhubungan seks tanpa kondom jika seorang wanita lebih muda dari usia 35 tahun

Mengapa itu dilakukan?

Kemampuan pasangan untuk hamil tergantung pada banyak faktor yang berbeda. Inseminasi intrauterin paling sering digunakan pada pasangan yang memiliki:

Sperma donor. Pada wanita yang membutuhkan untuk menggunakan sperma donor agar hamil, IUI ini sering dipakai agar dapat hamil. Spesimen sperma donor beku diperoleh dari laboratorium bersertifikat dan dicairkan sebelum prosedur IUI.

Infertilitas yang tidak dapat dijelaskan. inseminasi intrauterin (IUI) sering dilakukan sebagai pengobatan pertama untuk infertilitas yang tidak dapat dijelaskan bersama dengan obat-obatan pemicu ovulasi.

Infertilitas terkait endometriosis. Untuk infertilitas yang berhubungan dengan endometriosis, menggunakan obat-obatan untuk mendapatkan sel telur berkualitas baik bersamaan dengan melakukan IUI seringkali merupakan pendekatan pengobatan pertama. Proses inseminiasi yang merupakan prosedur unggulan RSIA Bunda Suryatni bisa membantu proses tersebut. 

Infertilitas faktor pria ringan (subfertilitas). Analisis air mani pasangan Anda, salah satu langkah pertama dalam penilaian medis infertilitas, mungkin menunjukkan konsentrasi sperma di bawah rata-rata, gerakan lemah (motilitas) sperma, atau kelainan pada ukuran dan bentuk sperma (morfologi). IUI dapat mengatasi beberapa masalah ini karena mempersiapkan sperma untuk prosedur  ini membantu memisahkan sperma yang sangat motil dan normal dari sperma yang kualitasnya lebih rendah. 

Infertilitas faktor serviks. Serviks Anda, di ujung bawah rahim, menyediakan celah antara vagina dan rahim Anda. Lendir yang diproduksi serviks ketika ovulasi menyediakan tempat yang bagus untuk sperma dalam melakukan perjalanan dari vagina ke saluran tuba. Tapi, jika lendir serviks Anda terlalu kental, bisa menghambat perjalanan sperma. Serviks itu sendiri juga dapat mencegah sperma mencapai sel telur. Jaringan parut, seperti yang disebabkan oleh biopsi atau prosedur lain, dapat menyebabkan leher rahim menebal. IUI melewati leher rahim Anda, menyimpan sperma langsung ke dalam rahim Anda dan meningkatkan jumlah sperma yang tersedia untuk memenuhi sel telur yang menunggu.

Infertilitas faktor ovulasi. IUI ini bisa dilakukan pada wanita yang mengalami infertilitas dikarenakan masalah ovulasi, termasuk tidak adanya ovulasi atau berkurangnya jumlah sel telur.

Alergi sperma. Jarang, alergi terhadap protein dalam air mani dapat menyebabkan infertilitas. Ejakulasi ke dalam vagina menyebabkan kemerahan, terbakar dan bengkak di mana air mani bersentuhan dengan kulit. Kondom dapat melindungi Anda dari gejala, tetapi juga mencegah kehamilan. Jika sensitivitas Anda parah, IUI bisa efektif, karena banyak protein dalam air mani dikeluarkan sebelum sperma dimasukkan.

Jenis Infertilitas yang bisa diobati oleh Inseminasi Buatan?

Prosedur ini bisa dipakai dari berbagai masalah kesuburan. Pada kasus ini yang melibatkan pria, kadang digunakan ketika jumlah sperma yang rendah maupun sperma tidak cukup kuat berenang melalui serviks serta naik ke saluran tuba. 

Dimana masalah itu dikarenakan tidak suburnya wanita, maka dilakukan apabila Anda memiliki kondisi yang disebut dengan endometriosis maupun memiliki kondisi yang tidak normal pada organ reproduksi. 

Melakukan metode ini akan tepat apabila Anda memiliki sesuatu yang disebut dengan “lendir serviks yang tidak dapat diterima”. Inseminasi buatan ini dimungkinkan sperma akan melewatkan lendiri serviks sepenuhnya. 

Dokter akan merekomendasikan untuk melakukan inseminasi buatan jika tidak ditemukan alasan pasangan tidak subur. 

Apa efek sampingnya?

Pada setiap wanita berbeda-beda mungkin mengalami kram maupun pendarahan ringan setelah prosedur. Orang lain mungkin tidak mengalami efek residu sama sekali.

Ketika prosedur dilakukan dengan cara yang steril, risiko infeksi menjadi minimal. Namun, ada kemungkinan seorang wanita dapat mengalami infeksi atau peradangan panggul setelah prosedur.

Ada efek samping lain yang penting untuk dipertimbangkan. Mengambil obat kesuburan bersama dengan inseminasi buatan meningkatkan kemungkinan untuk banyak anak, seperti kembar atau kembar tiga.

Kesalahpahaman umum tentang inseminasi buatan dan minum obat kesuburan adalah bahwa obat tersebut dikaitkan dengan risiko cacat lahir yang lebih besar. Hal ini tidak benar, menurut American Society for Reproductive Medicine.

Masalah Lain Dengan Inseminasi Buatan

Prosedur ini tidak akan berhasil untuk semua orang. Namun hal ini sering digunakan oleh beberapa pasangan untuk dicoba beberapa kali sebelum hamil, namun juga ada yang tidak berhasil. 

Dokter Anda mungkin akan memberikan saran untuk mencoba sebanyak tiga hingga enam kali dengan hormon suntik ketika berpindah pada perawatan lain. Jika inseminasi buatan tidak membantu Anda, ada pendekatan lain yang dapat Anda coba, seperti fertilisasi in vitro dengan telur Anda sendiri atau dengan telur donor atau sperma donor.

Coba untuk memastikan perbandingan biaya sebelum Anda memilih RS dalam melakukan inseminasi buatan. Harga sangat bervariasi antara satu dengan yang lainnya. Memastikan perkiraan biaya hormon serta obat lainnya yang dibutuhkan dan biaya dalam mencuci sperma. Apabila Anda memakai donor sperma, harus diingat bahwa akan memiliki tambahan biaya setiap dosis yang dipakainya. Tanyakan kepada RSIA Bunda Suryatni terlebih dahulu biaya mana yang dapat ditanggung oleh asuransi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *