4 Produk untuk Merawat Luka Operasi Caesar

4 Produk untuk Merawat Luka Operasi Caesar

Perempuan yang pernah menjalani operasi caesar pada umumnya memiliki bekas luka di bagian bawah perut. Banyak yang merasa jika bekas luka ini mengganggu penampilan, sehingga banyak dari mereka yang mencari cara merawat luka caesar agar sedikit demi sedikit bisa memudar dan bekas operasi bisa hilang, meskipun tidak secara sempurna.

Operasi caesar dilakukan jika perempuan melahirkan secara tidak normal, seperti prosedur operasi lainnya jenis operasi ini juga akan meninggalkan bekas luka jahitan. Secara umum, bekas luka hanya terlihat samar tetapi meninggalkan bekas luka yang terlihat sangat jelas dan tak jarang bekas luka dari operasi ini akan berkembang menjadi keloid.

Cara Merawat Luka Caesar

Bekas luka operasi caesar memang akan memudar seiring waktu berlalu, namun tidak akan pernah hilang sepenuhnya. Jika bekas luka ini mengganggu, perempuan bisa menggunakan beberapa produk untuk melakukan pengobatan rumahan secara sederhana agar bisa menyamarkannya, berikut beberapa produk yang disarankan.

  1. Petroleum Jelly

Digunakan untuk menjaga sayatan agar tetap lembap dan tertutup, pakai krim ini untuk membantu mengurangi jaringan parut setelah operasi caesar. Agar maksimal, penting mengoleskan krim ini pada bekas luka dan tetap menutupinya untuk membantu menjaga bekas luka operasi caesar tetap rata.

  1. Gel Silikon

Tempatkan selembar gel silikon di atas lokasi sayatan, cara ini juga terbukti efektif dalam mengatasi bekas luka caesar. Lembaran lengket dan bening membantu menjaga bekas luka tetap lembap dan tertutup, sehingga dampak yang dihasilkan membuat bekas luka tetap lembut, lebih tipis dan tidak terlalu terlihat merah.

  1. Vitamin E dan Ekstrak Bawang

Penggunaan vitamin E dan ekstrak bawang digunakan untuk membantu mengurangi bekas luka, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kedua zat ini bahkan bisa mencegah munculnya bekas luka. Kedua kandungan tersebut bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan jaringan parut pada bekas luka caesar.

  1. Madu

Siapa sangka madu memiliki manfaat luar biasa dalam pengobatan atau perawatan bekas luka caesar pada ibu hamil. Madu ternyata dapat mengurangi peradangan kulit, dalam sebuah penelitian menyebutkan jika madu membantu dalam proses pembentukan jaringan baru. Hal ini juga bisa mengurangi jaringan parut atau mencegah timbulnya bekas luka.

Penyebab Munculnya Bekas Luka

Merupakan cedera yang melibatkan rusaknya jaringan tubuh dan pada umumnya terjadi di kulit sebagai lapisan perlindungan terluar. Terbentuknya bekas luka ini merupakan bagian alami dari proses penyembuhan luka, tampilan bekas luka ini tergantung dari bagaimana perawatan penyembuhan luka, usia, faktor genetik dan jenis luka termasuk luka operasi caesar.

Jaringan yang rusak karena sayatan dan jahitan operasi caesar akan pulih dengan sendirinya, namun kulit akan menjadi sama kuatnya seperti sebelum dijahit. Meski demikian, penampilan kulit bekas luka mungkin berbeda dengan kulit normal karena kulit tersusun atas dua protein, yakni kolagen yang memberi kekuatan kulit dan elastin yang memberi kelenturan kulit.

Kulit  tidak dapat memproduksi elastin baru pada bekas luka, namun ketika tubuh memproduksi terlalu banyak kolagen, maka bekas luka operasi caesar akan terlihat lebih tebal dan berwarna gelap. Kondisi ini disebut dengan luka hipertrofik dan keloid, untuk mengatasinya hanya bisa mengandalkan berbagai cara merawat luka caesar yang direkomendasikan oleh dokter.

Pada keloid, bekas luka akan menebal dan bahkan menjadi berukuran lebih besar ketimbang luka aslinya. Selain mengganggu penampilan juga bisa menimbulkan rasa gatal, kondisi ini tentu dapat menurunkan rasa percaya diri perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *