3 Layanan Unggulan dari RS Husada, Apa Saja?

rs husada

RS Husada Jakarta menjadi salah satu rumah sakit rekomendasi dengan layanan terbaik. Berbagai macam layanan tersedia untuk perawatan dan penanganan kesehatan Anda.

Ada tiga layanan unggulan dengan fasilitas terbaik yang bisa Anda dapatkan di RS Husada untuk penanganan penyakit mulai dari perawatan diabetes, stroke, dan bedah laparoskopik.

Sekilas tentang RS Husada

Dahulu RS Husada bernama Jang Seng Ie yang didirikan pada tanggal 28 Desember 1924 oleh dr. Kwa Tjoan Sioe bersama beberapa teman sejawat serta pengusaha-pengusaha Tionghoa di Jakarta. Mereka tergabung dalam sebuah wadah perkumpulan dengan nama tersebut yang kini menjadi Perkumpulan Husada.

Pada tanggal 1 Juni 1965, Rumah Sakit Jang Seng Ie akhirnya berganti nama menjadi Rumah Sakit Husada yang kemudian diresmikan oleh Pemerintah Indonesia melalui Menteri Kesehatan. Pada tanggal 25 Juni 1971, Gubernur DKI Jakarta menetapkan RS Husada sebagai Rumah Sakit Umum Pusat bagian Utara dan kini menjadi rumah sakit tipe B.

Layanan unggulan RS Husada

RS Husada memiliki 3 layanan unggulan dengan fasilitas terbaik, yaitu:

1. Diabetes Terpadu

Fasilitas unit Diabetes Terpadu merupakan gabungan unit yang memudahkan para pasien dalam menerima layanan perawatan. Keunggulan yang ditawarkan antara lain kapasitas 20 tempat tidur dan dipimpin oleh Prof Dr dr Sidartawan Soegondo, SpPD- KEMD,FACE sebagai Ketua Perkumpulan Diabetes Indonesia. 

Dalam unit Diabetes Terpadu terdapat layanan dan perawatan bagi pasien diabetes yang mencakup kegiatan atau fasilitas sebagai berikut:

  • Layanan konsultasi oleh dokter spesialis
  • Layanan konsultasi gizi
  • Ruang rawat inap khusus diabetes
  • Ruang pengobatan dan tindakan khusus kaki diabetes
  • Mini showroom perlengkapan diabetes termutakhir, yang menyediakan segala rupa perlengkapan pasien diabetes
  • Edukasi diabetes untuk pasien dan keluarganya, sesuai jadwal di klinik Diabetes
  • Klub senam diabetes dari Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA) juga mengadakan senam setiap hari Selasa dan Sabtu pada pukul 07.00.

2. Unit Stroke

Merupakan unit pelayanan yang berfokus pada penyakit stroke, dengan ruang perawatan komprehensif bagi pengidap stroke dengan penanganan cepat, terkoordinasi, serta pemberian terapi medis sesuai kemajuan ilmu kedokteran. Tiap tempat tidur di dalam ruangan memiliki monitor tersendiri yang didukung dengan fasilitas diagnostik modern.

Unit Stroke ditangani oleh dokter ahli saraf, dokter ahli bedah saraf, dokter ahli rehabilitasi medik, perawat khusus stroke, ahli fisioterapi, ahli neuroradiologi intervensi, penyakit dalam, ahli jantung, ahli paru, ahli endokrin, dan ahli gizi. Penanganan efektif ditunjang dengan sarana dan fasilitas pelayanan untuk 24 jam tiap harinya, seperti:

  • Ruang Perawatan Khusus (High Care Unit) dengan 6 tempat tidur dilengkapi dengan monitor
  • Fasilitas diagnostik canggih, seperti foto rontgen, CT Scan, MRI, Echo Doppler, Digital Subtraction Angiography (DSA), dan lainnya
  • Laboratorium
  • Fasilitas neuroradiologi  intervensi untuk penanganan jenis stroke tertentu
  • Kamar bedah

3. Bedah Laparoskopik

RS Husada memiliki peralatan bedah laparoskopik yang canggih dengan luka minimal dan waktu pemulihan yang lebih cepat. Laparoskopi digunakan untuk operasi pengangkatan kantong empedu, pengangkatan rahim (histerektomi), dan juga endometriosis. 

Laparoskopi merupakan suatu prosedur yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil di bagian abdomen, lalu memasukkan selang panjang dan tipis bernama laparoskop yang memiliki cahaya terang dan kamera beresolusi tinggi di bagian depan. Sehingga dokter dapat melihat kondisi organ dalam secara langsung.

Laparoskopi bisa dilakukan sebagai pemeriksaaan penunjang diagnostik. Hasilnya, bedah ini hanya meninggalkan luka kecil yang lebih cepat pulih, berkurangnya rasa sakit, masa rawat di rumah sakit lebih singkat, hasil kosmetik lebih baik, serta risiko perlengketan jaringan usus lebih kecil.

Informasi RS Husada

Alamat: Jl. Raya Mangga Besar No. 137-139,

Jakarta Pusat 10730

Pendaftaran: (021) 6260108

Rawat Inap: 8101 – 8102

Rawat Jalan: 8200 – 8252

WhatsApp: 0822-4699-8252

IGD: (021) 6288137

Dengan adanya layanan unggulan tersebut, RS Husada bisa menjadi rujukan dan rekomendasi terbaik dengan pelayanan maksimal dan berstandar internasional. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *