Ternyata Bentuknya yang Kecil, Kalori Sushi Besar? Cek Di Sini!

Sushi telah menjadi makanan yang populer dan disukai banyak orang selama beberapa waktu dan hingga kini, tetapi banyak orang tidak mengetahu informasi nutrisi pada sushi. Meskipun sushi tidak sepenuhnya memiliki kalori sushi yang rendah, namun ada cara untuk Anda menjaga pola makan dengan mengonsumsi sushi yang rendah kalori. 

Kalori sushi memang beragam, ada yang tinggi dan ada pula yang rendah. Nah, berikut beberapa fakta tentang sushi dan kalori yang terdapat di dalamnya. 

Fakta tentang kalori sushi

Memang benar bahwa sushi bisa menjadi makanan sehat dan pilihan rendah kalori, ada perbedaan besar dalam banyak jeni dan jenis sushi yang bisa Anda nikmati. Nah berikut beberapa informasi nutrisi dan kalori sushi yang terdapat pada sushi setiap gulungnya. 

Nutrisi dan kalori sushi yang baik

Berikut beberapa alasan mengapa sushi baik untuk dikonsumsi. 

  • Sushi tidak dimasak apapun. Salah satu hal baik tentang sushi adalah sebagian besar makanan yang Anda makan secara mentah, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang banyaknya garam atau mentega tambahan pada sushi. 
  • Dapat mengendalikan berapa kalori sushi yang masuk ke mulut Anda. Jika Anda ingin memilih kalori sushi yang rendah, maka pilih sushi yang banyak berisi sayuran, seperti asparagus, mentimun, atau alpukat yang mengandung lemak sehat. 
  • Kaya omega 3. Inti dari kesehatan yang terdapat pada sushi adalah terletak apda ikan mentah itu sendiri. Pasalnya, salmon yang biasanya terdapat pada sushi mengandung asam lemak omega 3, yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan. Selain itu, omega 3 membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan peradangan. 

Nutrisi dan kalori sushi yang buruk

  • Kalori bertambah dengan cepat.  Bahkan dengan bahan-bahan yang sehat sekalipun, kalori dalam sushi dapat bertambah lebih cepat dan tinggi. Terutama setelah Anda mengonsumsi gulungan sushi yang berisi belut atau ikan ekor kuning yang sangat berlemak dengan tambahan nasi di luarnya. Hal tersebut memiliki lebih banyak kalori daripada kalori pada tuna atau salmon.
  • Toping yang cenderung berlemak. Toping tambahan pada sushi biasanya mengandung kalori yang tinggi, misalnya saja mayo pedas, tempura, atau ekstra alpukat yang mengandung lemak ekstra dan kalori yang banyak. 
  • Terlau banyak natrium. Ketika Anda mengonsumsi sushi, tentu akan menambahkan kecap asin atau manis sebagai sausnya. Nah, mengonsumsi terlalu banyak natrium dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahkan, versi rendah natrium yang lebih baik, masih bisa mengandung sedikit garam. 
  • Ada banyak nasi di setiap gulungnya. Nasi adalah salah satu alasan terbesar Anda harus memperhatikan jumlah roll yang masuk ke dalam mulut Anda. Sushi bisa berisi setara dengan satu cangkir atau nasi utuh dalam satu gulung dan hal tersebut bisa mengandung 200 kalori dan 45 gram karbohidrat. 

Jadi, apakah kalori sushi tinggi? Dan apakah sushi itu sehat?

Jawabannya adalah tergantung pada jenis sushi apa yang Anda konsumsi. Tidak semua menu sushi sehat dan rendah kalori, namun ada juga yang tinggi kalori dan tidak sehat. Anda hanya perlu berfokus ada makanan ikan mentah dengan banyak sayuran, karena hal tersebut mengandung banyak gizi dan rendah kalori. 

Jadi, pada saat Anda masuk ke restoran sushi, daripada memesan nasi gulung dengan tuna pedas dan toping mayo pedas, pilihlah salmon gulung mentimun tanpa lemak dengan edamame atau pesan sashimi. 

Sushi bisa menjadi makanan yang snagat sehat, terutama karena ikan yang sangat tinggi protein dan asam lemak omega 3. Namun, kalori sushi pun bisa sangat tinggi jika Anda salah memesan. Jangan sampai salah pilih, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *