Kenali Penyebab Anemia Defisiensi Zat Besi, Atasi dengan Nonemi

Kenali Penyebab Anemia Defisiensi Zat Besi, Atasi dengan Nonemi

Anemia merupakan kondisi saat seseorang mengalami penurunan kadar hemoglobin dalam sel darah merah. Anemia defisiensi zat besi merupakan jenis anemia yang umum dialami banyak orang. Salah satu obat untuk kondisi ini adalah Nonemi Tablet.

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang fungsinya untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh manusia. Anemia defisiensi zat besi bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi mineral. Sedangkan hemoglobin membutuhkan zat besi.

Ketika dalam aliran darah kekurangan zat besi, maka tubuh tidak akan memperoleh jumlah oksigen yang dibutuhkan jaringan tubuh.

Penyebab Anemia Defisiensi Zat Besi

Anemia defisiensi zat besi memang merupakan kondisi umum yang banyak dialami oleh orang, bahkan tak sedikit yang sadar menderita anemia defisiensi besi ini. Bahkan kondisi ini terjadi selama bertahun-tahun tanpa pernah tahu penyebabnya apa. 

Mungkin kondisi yang dialami ringan, sehingga tidak menimbulkan komplikasi. Akan tetapi, jika anemia kekurangan zat besi ini dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan masalah kesehatan lain. 

Anemia defisiensi zat besi terjadi saat tubuh tubuh kekurangan zat besi untuk memproduksi hemoglobin. Hal ini bisa terjadi karena Anda tidak mengonsumsi zat besi yang cukup, atau karena Anda kehilangan zat besi terlalu banyak.

Berikut beberapa penyebab anemia defisiensi zat besi yang perlu Anda ketahui:

Kekurangan zat besi dalam makanan

Tubuh memang secara teratur mendapat asupan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Namun, jika Anda hanya mendapat asupan zat besi sedikit dalam waktu yang cukup lama, maka bisa menyebabkan tubuh kekurangan zat besi.

Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi, seperti daging, telur, sayuran berdaun hijau, serta makanan yang diperkaya zat besi.

Perlu diketahui bahwa bayi dan anak-anak juga membutuhkan zat besi untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kehilangan darah

Darah mengandung zat besi. JIka tubuh kehilangan darah, maka tentu Anda juga akan kehilangan zat besi. Wanita yang memiliki menstruasi berat berisiko mengalami anemia kekurangan zat besi ini akibat terlalu banyak kehilangan darah ketika haid.

Selain itu, anemia defisiensi zat besi juga bisa disebabkan karena kehilangan darah yang lambat dan kronis, seperti penyakit tukak lambung, polip usus besar, hernia hiatal, hingga kanker kolorektal. Penggunaan rutin obat pereda nyeri yang bisa dibeli bebas, seperti aspirin, bisa menyebabkan perdarahan gastrointestinal.

Ketidakmampuan tubuh menyerap zat besi

Seseorang yang mengalami gangguan usus, seperti penyakit celiac, dapat memengaruhi kemampuan usus menyerap nutrisi dari makanan. Hal ini akan menyebabkan terjadinya anemia defisiensi besi. Sebab, zat besi dari makanan akan diserap dalam aliran darah yang ada di usus kecil.

Ketika bagian dari usus kecil seseorang sudah diangkat melalui pembedahan, maka bisa menyebabkan ketidakmampuan menyerap zat besi maupun nutrisi lain dari makanan.

Kehamilan

Kondisi anemia defisiensi besi ini bisa dialami oleh wanita hamil karena mereka perlu untuk meningkatkan volume darah untuk diri sendiri dan juga sumber hemoglobin untuk janin dalam kandungan. Tanpa adanya suplementasi zat besi, wanita hamil bisa mengalami kekurangan zat besi.

Gejala Anemia Defisiensi Besi

Gejala awal anemia defisiensi besi ini mungkin saja sangat ringan sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya. Namun, jika tubuh jadi lebih kekurangan zat besi dan kondisi anemia memburuk, maka gejala pun akan semakin parah.

Berikut beberapa gejala anemia defisiensi besi yang mungkin terjadi:

  • Lemah
  • Mengalami kelelahan ekstrim atau penderita cepat lelah
  • Kulit pucat
  • Pusing atau sakit kepala
  • Terasa nyeri dada, sesak napas atau detak jantung cepat
  • Kuku rapuh
  • Tangan dan kaki menjadi dingin
  • Nyeri lidah atau peradangan
  • Mengidam aneh atau tidak biasa, seperti es, pati, atau tanah
  • Memburuknya nafsu makan, terlebih pada bayi dan anak yang mengalami anemia defisiensi besi.

Segera obati atau temui dokter bila tanda dan gejala yang dialami sudah semakin parah.

Obati Anemia Defisiensi Zat Besi dengan Nonemi Tablet

Nonemi adalah obat yang mengandung mineral, multivitamin, dan asam folat yang berfungsi untuk anemia kekurangan vitamin B dan zat besi. Nonemi ini tergolong obat bebas yang bisa dibeli bebas di apotek.

Obat Nonemi ini bisa diberikan bersama atau tanpa makanan. Tujuan dikonsumsi berbarengan dengan makanan agar absorpsinya lebih baik atau apabila ada rasa tidak nyaman di saluran pencernaan. 

Efek samping setelah konsumsi obat Nonemi ini adalah feses jadi berwarna hitam. Jangan berikan obat ini pada penderita yang sensitif terhadap komponen obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *