Mengenal Radioterapi, Pengobatan Kanker Payudara dengan Sinar X

Kanker payudara merupakan penyakit paling mematikan bagi wanita. Terdapat pilihan perawatan dalam pengobatan kanker payudara. Beberapa pengobatan bersifat lokal atau tidak mempengaruhi anggota tubuh lainnya, salah satunya radioterapi.

kanker


Radioterapi atau terapi radiasi merupakan cara yang efektif dan tepat sasaran dalam menghancurkan sel kanker di payudara. Sel kanker lebih rentan terhadap sinar X atau partikel yang dihasilkan melalui radioterapi.
Cara kerja terapi radiasi dalam pengobatan kanker payudara
Terdapat dua jenis terapi radiasi yang digunakan dalam pengobatan kanker payudara:
Terapi radiasi internal (brachytherapy)
Radioterapi internal menggunakan sebuah benda yang dimasukkan ke dalam payudara yang akan menghantarkan radiasi ke jaringan tempat sel kanker tumbuh.

Terapi ini diberikan di ruang operasi setelah pembedahan dilakukan, atau diberikan di Departemen Terapi Radiasi selama 5 sampai 7 hari sebagai rawat jalan.

Kini banyak wanita yang memilih opsi radiasi internal bila terdeteksi kanker payudara cukup awal. Jenis terapi radiasi ini juga memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada terapi radiasi eksternal.

Terapi radiasi eksternal
Jenis terapi ini disebut sebagai radioterapi tradisional atau keseluruhan. Sinar X akan dipancarkan melalui mesin radiasi ka area kanker dan berlangsung selama dua hingga tiga menit.
Kapan dan mengapa harus melakukan terapi radiasi?
Terapi radiasi digunakan secara tunggal atau sebagai perawatan tambahan dalam pengobatan kanker payudara. Bila Anda menerima kemoterapi, radiasi dilakukan setelah perawatan kemoterapi selesai.
Bila Anda diharuskan menerima radiasi setelah operasi, terapi akan dilakukan setelah situs operasi sembuh yang memakan waktu sekitar satu bulan atau lebih.
Terapi radiasi berfungi mencegah kekambuhan setelah operasi atau tindakan medis lain, serta mengurangi rasa sakit dan gejala kanker payudara stadium lanjut lainnya.
Radioterapi juga harus dilakukan bila:
Tumor payudara yang tidak bisa diangkat dengan operasi
Sel kanker payudara telah menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti tulang atau otak
Kanker payudara agresif (inflamasi) yang menyebar ke seluruh saluran getah bening pada kulit yang menutupi payudara. Wanita yang mengalami kanker jenis ini akan menerima kemoterapi sebelum operasi masektomi, dan diikuti dengan radioterapi untuk mencegah kekambuhan.
Benarkah terapi radiasi berbahaya?
Setiap perawatan memiliki efek samping, termasuk radioterapi. Banyak beredar mitos seputar pengobatan kanker payudara dengan terapi radiasi, namun sebagian besarnya merupakan mitos yang dilebih-lebihkan.
Salah satu yang paling ditakuti adalah sinar yang dipancarkan sama seperti jenis radiasi pada bom atau raktor nuklir. Padahal radiasi terapeutik tidak berkaitan sama sekalin dengan pancaran radiasi pada kedua benda mematikan tersebut.
Radiasi terapeutik dalam pengobatan kanker payudara sangat terfokus dan terkontrol sehingga aman dilakukan.
Efek samping terapi radiasi dalam pengobatan kanker payudara
Setiap wanita yang menjalani terapi radiasi cenderung mengalami efek samping yang berbeda-beda. Efek samping yang umum terjadi meliputi:
Pembengkakan payudara
Iritasi kulit pada area yang diberikan radiasi, meliputi kemerahan, kulit gelap, atau kulit mengelupas
Kelelahan
Terapi radiasi juga bisa menyebabkan efek jangka panjang seperti:
Payudara berukuran lebih kecil dan terasa kencang
Pada ibu hamil dan menyusui akan mengalami masalah dalam menyusui
Berisiko mengalami kerusakan pada saraf di lengan (plexopathy brachial) sehingga menyebabkan nyeri, mati rasa, dan kelemahan pada bahu, lengan, dan tangan
Menyebabkan limfedema, kondisi bengkak dan nyeri di lengan atau dada
Untuk mengatasi efek samping selama perawatan, gunakanlah bra dan pakaian berbahan katun dan agak longgar untuk mencegah nyeri yang ditimbulkan.
Perawatan kulit seperti body lotion atau deodoran mungkin dapat menimbulkan ketidak nyamanan pada area yang dirawat, sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.
Catatan
Ketika Anda disarankan untuk melakukan radioterapi sebagai pengobatan kanker payudara, diskusikan segala hal mulai dari persiapan hingga efek samping jangka panjang yang dapat ditimbulkan.
Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang diperlukan, termasuk mitos seputar terapi radiasi yang sering didengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *