Mengenal Obat Asam Traneksamat yang Mampu Hentikan Pendarahan

Asam traneksamat atau Tranexamic Acid adalah obat yang digunakan untuk membantu menghentikan pendarahan ketika seseorang mengalami mimisan, menstruasi, dan operasi. Asam traneksamat juga umum digunakan untuk mencegah pendarahan pada pasien hemofilia saat mencabut gigi.

Obat ini bekerja dengan memperlambat pemecahan bekuan darah, dengan begitu pendarahan, seperti pada saat operasi atau menstruasi berat dapat dicegah. Tergolong sebagai obat resep, asam traneksamat yang termasuk dalam kategori antifibrinolitik membutuhkan resep khusus dari dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Obat asam traneksamat dikemas dalam bentuk tablet, kapsul, dan suntik. Dosis dari obat ini bersifat individual yang berarti bahwa takaran antarsatu pasien dengan lainnya berbeda sesuai kebutuhan.

Aturan pakai obat asam traneksamat

Jika obat asam traneksamat diberikan dalam sediaan suntikan, maka hanya dokter yang boleh melakukan prosedur tersebut. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai cara penggunaan obat ini. Sementara itu, asam traneksamat dalam bentuk tablet maupun kapsul dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

Jika Anda mengonsumsi obat ini pada saat menstruasi, Anda baru dapat mengonsumsinya ketika periode menstruasi telah benar-benar dimulai. Obat ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi lebih dari lima hari secara berturut-turut. Jika terdapat efek samping, seperti gangguan pada penglihatan, maka segera hentikan penggunaan obat.

Dosis asam traneksamat

Tablet/kapsul

Sebagai penanganan pendarahan untuk jangka pendek:

  • Dewasa: 1-1,5 gram atau 15-25 mg/kgBB, 2-3 kali sehari.
  • Anak-anak: 25 mg/kgBB, 2-3 kali sehari

Angioedema Herediter

  • Dewasa: 1-1,5 gram, 2-3 kali sehari
  • Anak-anak: 25 mg/kgBB, 2-3 kali sehari

Sediaan suntik

Penanganan pada pendarahan jangka pendek

  • Dewasa: 0,5-1 gram atau 10 mg/kgBB, 3 kali sehari atau 25-50 mg/kgBB/hari melalui infus.
  • Anak-anak: 10 mg/kgBB, 2-3 kali sehari.

Interaksi obat asam traneksamat dengan obat lain

Obat asam traneksamat akan memberikan reaksi jika dikonsumsi secara bersamaan dengan obat lain. Ada pun risikonya, yaitu:

  • Meningkatkan risiko pembentukan trombus (pembekuaan darah) dengan estrogen
  • Meningkatkan risiko komplikasi trombotik fatal pada penderita leukemia promyelocytic akut dengan tretinoin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *