Ketahui Fungsi serta Efek dari IPL Hair Removal

Penampilan menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan serta dirawat. Di antaranya, menghilangkan bulu-bulu atau rambut halus yang mengganggu pada tubuh seperti bulu ketiak, bulu kaki, hingga bulu tangan agar penampilan dan tubuh Anda lebih indah. Lalu, apa metode yang Anda jadi pilihan Anda? 

Kini, dala dunia kecantikan, terdapat beberapa metode populer yang praktis seperti shaving atau bercukur serta waxing. Bahkan, ada satu metode yang sangat popular beberapa tahun belakangan ini, yaitu permanent hair removal dengan Intense Pulsed Light (IPL).

IPL Hair Removal kian populer karena dipercaya mampu membuat bulu-bulu Anda jadi lebih lama untuk tumbuh. Bahkan, bulu-bulu yang dirasa mengganggu tersebut bisa hilang secara permanen. Tentu, perawatan itu banyak menarik perhatian masyarakat. 

Lalu, apa saja fungsinya dan bagaimana efek setelah melakukan IPL Hair removal? Anda perlu menyimak ulasannya berikut ini. 

Apa Itu IPL Hair Removal dan Fungsinya? 

Perlu Anda ketahui bahwa IPL Hair Removal berfungsi untuk menghilangkan bulu-bulu maupun rambut-rambut halus pada bagian tubuh yang tidak diinginkan. IPL Hair Removal berupa gelombang cahaya yang ditembakkan pada bagian tersebut guna menyerang akar rambut atau follicle. 

Dengan begitu, terjadilah pertumbuhannya lambat pada bagian tersebut. Bahkan, bulu-bulu yang tidak diinginkan tersebut tidak tumbuh sama sekali.

Sebelum melakukan IPL Hair Removal, bulu-bulu maupun rambut yang ingin dihilangkan harus dicukur terlebih dulu di klinik yang Anda datangi. Sebelumnya, dokter akan menyarankan bahwa jangan mencukur rambut atau waxing sendiri di rumah. 

Sebab, Apabila mencukur rambut-rambut tersebut sendiri di rumah, hasil IPL Hair Removal dikhawatirkan akan menjadi kurang maksimal. Alasannya sederhana, yaitu akar rambut berpotensi tercabut.

Perlu diketahui juga bahwa setelah melakukan satu kali treatment IPL Hair Removal, akar rambut masih berpotensi untuk bisa tumbuh kembali. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan treatment tersebut beberapa kali untuk hasil yang optimal.

Bagaimana efek setelah melakukan IPL Hair Removal?

Bagi Anda yang telah melakukan IPL Hair Removal pasti mengharapkan hasil yang maksimal. Perlu diketahui bahwa lama efek yang dirasakan setelah melakukan beberapa treatment dengan IPL bergantung pada beberapa faktor.

Faktor yang memengaruhi tersebut, antara lain, penggunaan skin care routine yang sering dilakukan di rumah atau jenis makanan yang dikonsumsi. Misalnya, ada pasien yang telah melakukan treament acne sebanyak 4 hingga 6 kali, tapi masih sering mengonsumsi makanan yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Dia antaranya, kacang, kuning telur, madu, dan cokelat. 

Padahal, hal itu sangat tidak dianjurkan. Akibatnya, jerawat yang sebelumnya sudah berkurang setelah treatment, akan kembali muncul karena konsumsi makanan yang berpotensi memunculkan jerawat.

Selain itu, IPL Hair Removal lebih cocok untuk orang Asia atau orang kulit putih. Sementara itu, bagi orang berkulit gelap itu, treatment IPL kurang pas lantaran sinar IPL itu sensitif dengan warna kulit yang gelap.

Lakukan Hal Berikut setelah Treatment IPL Hair Removal 

Untuk emperoleh hasil yang maksimal, setelah melakukan treatment IPL Hair Removal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan seperti berikut. 

  • Hal yang harus dilakukan setelah melakukan treatment IPL Hair Removal adalah pasien disarankan untuk tidak mengaplikasikan krim malam terlebih dulu. Alasannya, kulit setelah perawatan itu masih sensitif serta fungsi exfoliate dari krim malam itu sendiri. 
  • Selain itu, Anda perlu menghindari paparan sinar matahari secara langsung, berjemur atau tanning, hingga berenang. 
  • Agar lebih aman, Anda sangat disarankan untuk menggunakan sunblock apabila sedang berada di luar ruang (outdoor) agar kulit Anda tidak menjadi kemerah-merahan.

Karena itu, setelah melakukan treatment IPL Hair Removal, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui secara pasti permasalahan serta tahapan tepat selanjutnya. Konsultasi tersebut bisa dilakukan di Oi Clinic, salah satu klinik kecantikan yang direkomendasikan. Alhasil, penampilan Anda akan terlihat lebih indah dan terbebas dari bulu-bulu maupun rambut-rambut yang mengganggu penampilan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *