Ketahui 5 Hal Penting Sebelum Vaksin Campak

Vaksin campak dilakukan untuk mencegah penularan dari infeksi virus paramyxovirus, yaitu virus penyebab campak. Pemberian vaksin campak ini masuk dalam program imunisasi dasar lengkap yang diwajibkan Kemenkes RI.

Ada tiga jenis imunisasi untuk mencegah campak, yaitu imunisasi campak, imunisasi MR, dan imunisasi MMR.

Saat ini Indonesia sedang menggalakkan program rutin imunisasi campak, yaitu imunisasi Mumps dan Rubella (MR). Indonesia memprioritaskan pemberian MR karena bahaya komplikasi campak dan rubella yang berat dan mematikan.

Imunisasi campak tak hanya memberi dampak baik bagi diri sendiri, tetapi sekaligus menjaga kekebalan suatu daerah.

Anda bisa melakukan vaksin campak di Puskesmas, rumah sakit, dan klinik. Salah satu tempat yang bisa Anda datangi ketika ingin melakukan vaksin campak yaitu  di Rumah Imunisasi Medivax. 

Nah, sebelum memutuskan membawa si kecil melakukan vaksin campak, yuk ketahui 5 hal penting berikut ini. 

1. Waktu pemberian imunisasi campak pada bayi

Pemberian vaksin campak dilakukan pada anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun dengan cakupan tinggi. Jadwal pemberian vaksin campak bisa dimulai sejak bayi berusia di bawah 1 tahun. 

Berikut ini waktu pemberian vaksin campak pada anak: 

  • Pemberian pertama dilakukan ketika anak masih berusia 9 bulan. Setelah menerima vaksin campak di usia 9 bulan, anak harus menerima 2 lagi dosis booster. 
  • Dosis booster pertama diberikan ketika anak berusia 18 bulan, atau berusia 15 bulan bila menerima vaksin MMR/MR. 
  • Apabila anak belum juga menerima vaksin campak hingga berusia 12 bulan, maka vaksin MMR/MR dapat langsung diberikan. Booster kedua diberikan ketika anak berusia 5-7 tahun.

Vaksin juga dapat diberikan pada remaja dan orang dewasa. Pemberian vaksin campak pada remaja dan orang dewasa yang belum menerima vaksin sebelumnya dilakukan setidaknya satu kali. Namun, akan lebih baik jika penerimaan vaksin dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

2. Pastikan anak tidak sakit

Ketika hendak melakukan vaksin campak, sebaiknya ibu menjaga kesehatan anak. Anak yang sedang flu, batuk, demam, atau terkena penyakit lainnya, dilarang melakukan vaksin. 

Jika tidak, anak akan demam sesaat setelah diimunisasi. Bahkan demam tinggi setelah melakukan imunisasi.

3. Beri makan dua jam sebelum vaksin

Memberi si kecil makan sebelum vaksin akan membuat bayi lebih tenang ketika diimunisasi. Saat bayi kenyang, ia akan cenderung lebih tenang. 

Alberta Health Services, Amerika Serikat, menyebutkan sebaiknya anak diberi makan setidaknya 2 jam sebelum imunisasi. Jika Si Kecil ASI eksklusif, pastikan untuk menyusuinya dengan cukup sebelum imunisasi dilakukan.  

4. Kenakan pakaian yang mudah dibuka

Suntik imunisasi akan diberikan pada  bagian lengan dan paha. Untuk itu, pastikan ibu mengenakan bayi dengan pakaian yang mudah dibuka, agar proses penyuntikan selesai lebih cepat. 

Menggunakan baju yang tidak praktis hanya akan membuat bayi rewel saat proses baju yang dibuka terlalu lama.

5. Selalu jujur soal proses imunisasi

Proses vaksin memang tidak pernah mudah. Ada kemungkinan si kecil akan rewel, takut, dan panik saat vaksin dilakukan. Namun, sebaiknya jangan berbohong mengenai imunisasi pada bayi. 

Jika membohonginya dan kenyataannya tidak sesuai realita, ia akan mengalami trauma. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan jika cara terbaik untuk mempersiapkan anak imunisasi adalah dengan menjelaskan secara benar. 

Jadi, katakan saja kalau disuntik itu sakit, tetapi rasa sakit itu akan hilang dalam waktu cepat. Meski di usia 9 bulan bayi belum bisa berbicara, sebenarnya dia mengerti dan bisa merasakan kekhawatiran.

Sekilas Tentang Rumah Imunisasi Medivax 

Rumah Imunisasi Medivax merupakan rumah imunisasi yang terletak di Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Lokasi Rumah Imunisasi Medivac mudah ditemukan  karena berada di dekat Pasar Modern Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. 

Dalam hal vaksinasi, Rumah Imunisasi Medivax dikenal sangat andal karena dibentuk oleh tenaga kesehatan profesional untuk pelayanan vaksinasi. Di sini tersedia jasa vaksinasi anak maupun dewasa. 

Berawal dari kesadaran mengenai betapa pentingnya pencegahan daripada mengobati, Medivax membentuk sebuah tim yang bekerjasama dengan inHarmony Klinik Jakarta.

Tim Medivax yang terdiri dari Dokter dan Bidan akan memberikan informasi dan konsultasi kesehatan hingga tumbuh kembang anak.

Tertarik melakukan Vaksin HPV Cervarix di Rumah Imunisasi Medivax? Yuk lakukan pendaftaran atau booking melalui aplikasi SehatQ atau melalui layanan Customer Care SehatQ (021) 3199 0388 dan WhatsApp +62 812-8858-8167.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *