Inilah Diagnosis yang Dilakukan untuk Mendeteksi Gastroparesis

gastroparesis

Gastroparesis merupakan gangguan motilitas (gerakan otot) lambung yang tidak normal, bisa jadi melambat atau tidak bekerja sama sekali. Akibatnya makanan yang masuk ke dalam lambung tidak dicerna dengan baik. Biasanya gastroparesis disebabkan kerusakan saraf atau penyakit tertentu seperti diabetes. Agar tak salah diagnosis dengan jenis penyakit lambung lainnya, dibutuhkan beberapa tes yang digunakan untuk memastikan dan memperkuat dugaan. Berikut ini diagnosis yang dilakukan jika terdapat tanda-dan gejala gastroparesis:

  • Tes darah

Pada dasarnya, tes darah tidak dapat dijadikan untuk mendiagnosis gastroparesis, namun tes ini dapat membantu memberikan penilaian umum kondisi tubuh seperti kondisi gizi pasien. Dengan demikian, kemungkinan penyakit lainnya yang berhubungan dengan gastroparesis bisa dideteksi melalui tes darah. 

  • Foto polos barium

Tes ini digunakan untuk mengetahui karakteristik struktural atau fungsional lambung. Penderita diberikan cairan barium untuk ditelan sehingga srtruktur akan nampak saat dilihat melalui rontgen. Dokter akan menilai bagaimana barium saat melewati saluran pencernaan.

Beberapa orang akan merasakan mual dan muntah setelah 30 menit cairan barium ditelan. Hipersensitivitas terhadap cairan barium juga mungkin terjadi meskipun kasusnya sangat kecil. 

  • Tes pengosongan isi lambung

Metode ini dilakukan untuk mengetahui kecepatan pengosongan lambung sehingga dokter bisa mendeteksi apakah lambung berfungsi dengan baik atau tidak. Tes pengosongan isi lambung dapat dilakukan melalui dua cara, diantaranya:

  • Scintigraphy

Pasien diminta untuk mengonsumsi makanan seperti telur atau roti panggang yang telah ditambahkan sedikit bahan radioaktif. Pemindai yang akan mendeteksi pergerakan radioaktif diletakkan di atas perut sehingga mampu memantau laju makanan saat meninggalkan lambung. Biasanya dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsi obat yang memperlambat pengosongan lambung serta obat lainnya yang sejenis.

  • Tes pernapasan

Metode ini juga mengharuskan Anda mengonsumsi makanan jenis padat atau cair. Makanan tersebut berisi zat tertentu yang nantinya akan diserap tubuh kemudian zat akan dideteksi melalui napas. Sampel napas akan dikumpulkan selama beberapa jam dan diukur berapa banyaknya. Tes pernapasan dapat menunjukkan seberapa cepat sistem pencernaan mengosongkan lambung.

  • Tes kapsul nirkabel

Sebuah kapsul yang berfungsi mengirimkan data diberikan kepada pasien untuk dikonsumsi. Kapsul akan berada di tubuh pasien selama satu atau dua hari untuk mengetahui kondisi pencernaan. Nantinya informasi yang berasal dari kapsul akan diinterpretasikan oleh ahli radiologi. Kapsul biasanya digunakan sekali pakai dan dikeluarkan secara alami oleh tubuh.

  • Endoskopi saluran pencernaan bagian atas

Kerongkongan, lambung, dan duodenum akan diperiksa sehingga diketahui kondisi keseluruhan melalui gambar. Kamera kecil di ujung tabung panjang akan dimasukkan ke saluran pencernaan atas sehingga mampu bergerak secara fleksibel. Tak hanya gastroparesis, tes ini juga bisa digunakan untuk memeriksa kondisi lain seperti tukak lambung yang memiliki gejala hampir mirip dengan gastroparesis.

  • Ultrasound

Tes ini menggunakan teknik gelombang suara frekuensi tinggi yang diterjemahkan untuk menggambarkan struktur dalam tubuh. Ultrasound membantu membantu mendiagnosis penyakit lain yang mungkin berhubungan dengan gastroparesis seperti yang terdapat pada ginjal atau kandung empedu. Jika dibandingkan dengan tes pemindaian lainnya, ultrasound cenderung lebih terjangkau dari segi biaya dan termasuk dalam golongan tes non-invasif atau tidak merusak jaringan. Tes gastroparesis dipilih berrdasarkan kondisi pasien serta harus dilakukan di bawah pengawasan dokter dan radiologis. Jika dokter sudah mengetahui penyebab penyakit, maka penanganan akan disesuaikan dengan penyebab tersebut. Anda juga harus menjaga pola makan karena sangat memengaruhi penanganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *