Ini Dia Cara Atasi Penyebab Mata Ikan Secara Efektif

Apabila Anda pernah mengalami tumbuhnya mata ikan di telapak kaki, perasaan tidak nyaman seringkali menyertai Anda ketika sedang berjalan atau berdiri. Faktor penyebab mata ikan tidak lain adalah virus. Pada awalnya, mata ikan tidak akan menunjukkan gejala apa pun. Namun, Anda akan merasa nyeri akibat tekanan saat berjalan atau berdiri.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa mata ikan menular. Maka dari itu, mengatasi hingga ke akarnya menjadi penting untuk dilakukan. Di bawah ini, terdapat beberapa cara mudah untuk mengatasi penyebab mata ikan secara efektif.

Bagaimana membasmi penyebab mata ikan

  • Asam salisilat

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan obat yang mengandung asam salisilat. Dengan cara ini, kandungan asam salisilat akan secara perlahan mengikis kulit mata ikan hingga ia benar-benar hilang.

Anda dapat menggunakan obat ini sebanyak 2 kali sehari agar mendapatkan hasil yang optimal. Cara penggunaannya adalah dengan merendam bagian tubuh yang terkena mata ikan dalam air hangat selama 10 menit sebelum menggunakan obat ini.

  • Plester duct tape

Plester duct tape adalah plester sejenis lakban yang dapat Anda gunakan untuk menutupi area tubuh yang ditumbuhi mata ikan. Penggunaannya cukup mudah, yaitu hanya dengan menempelkan pada area mata ikan dan menggantinya setiap dua kali sehari. Jika Anda ingin mempercepat penyembuhan, Anda diperbolehkan untuk mengganti plester lebih sering dari yang direkomendasikan. Mata ikan akan hilang minimal setelah 28 hari penggunaan plester ini.

Walaupun cara ini terdengar sederhana, namun sebuah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan plester duct tape lebih efektif jika dibanding dengan prosedur cryotherapy (prosedur medis untuk menghilangkan mata ikan).

  • Larutan povidone iodine

Selain dua cara di atas, Anda juga dapat menggunakan cairan dengan kandungan Povidone Iodine yang diaplikasikan sebanyak dua kali sehari secara rutin. Mata ikan akan hilang dalam kurun waktu 12 minggu. Obat ini cukup mudah ditemukan di apotek terdekat tanpa perlu resep dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *