Hati-hati Gunakan Alfentanil, Efek Sampingnya Parah

Hati-hati Gunakan Alfentanil, Efek Sampingnya Parah

Pernah mendengar obat berjenis alfentanil? Ini merupakan obat yang berfungsi sebagai penghilang rasa nyeri. Alfentanil pun kerap menjadi suntikan anestesi untuk menjalani operasi. Selayaknya obat-obatan lainya, meskipun memiliki manfaat untuk kesehatan dan kepentingan medis, efek samping pun tidak bisa dihindarkan dari penggunaan alfentanil. 

Apalagi, alfentanil merupakan jenis obat opioid yang terkategori obat keras. Salah ukuran volume obat ini dalam penyuntikan saja dapat menimbulkan bahaya yang cukup besar bagi Anda. Karena alasan inilah, penggunaan alfentanil harus sesuai resep dokter dan dilakukan oleh tenaga medis yang mumpuni. 

Anda mungkin penasaran sebenarnya apa saja efek samping alfentanil sampai obat ini harus digunakan ekstra hati-hati. Berikut ini adalah berbagai dampak yang dapat Anda rasakan ketika menerima suntikan obat yang masuk kategori opioid ini. Nyatanya, berbagai efek samping di bawah ini bisa mengancam nyawa Anda. 

  1. Apnea 

Apnea merupakan gangguan pernapasan di mana napas Anda bisa berhenti hingga hampir 10 detik. Kondisi penghentian napas ini biasa terjadi karena tubuh kekurangan oksigen. Gangguan ini umumnya terjadi pada saat tidur sehingga kerap disebut sebagai sleep apnea. Pasien yang menerima suntikan alfentanil pun berpotensi mengalami penghentian napas sesaat ini. 

  1. Tekanan Darah Rendah 

Penggunaan alfentanil yang dosisnya tidak tepat bisa membuat tekanan darah Anda mendadak drop. Jangan remehkan tekanan darah rendah yang terjadi mendadak. Tekanan darah rendah sama berbahayanya dengan tekanan darah tinggi. Ketika tekanan darah Anda tiba-tiba turun jauh, Anda bisa berisiko terkena serangan stroke hingga kematian mendadak. 

  1. Depresi 

Efek samping alfentanil bukan hanya mampu menyerang fisik Anda dan merusak fungsi organ tubuh. Lebih daripada itu, efek samping dari obat keras ini juga dapat menyasar mental Anda. Ditemukan beberapa kasus di mana pengguna alfentanil pada akhirnya sulit mengontrol tingkat stres dan berujung pada kondisi depresi. 

  1. Kapasitas Paru-paru Menurun 

Kapasitas paru-paru merupakan kemampuan paru-paru untuk menampung udara ketika Anda bernapas. Kapasitas paru-paru orang dewasa normal adalah sebanyak 6 liter. Namun ketika Anda menggunakan alfentanil, kapasitas tersebut bisa sangat menurun sehingga berpengaruh ke penurunan fungsi pernapasan Anda. Orang yang mengalami penurunan kapasitas paru-paru akan merasa sulit mengembuskan napas dan mudah mengalami sesak ketika melakukan aktivitas berat. 

  1. Irama Jantung Tidak Normal 

Anda bisa sangat mungkin mengalami masalah jantung ketika mendapat suntikan berisi obat alfentanil. Pasalnya, obat ini bisa membuat irama jantung menjadi tidak normal. Beberapa orang yang pernah mendapatkan alfentanil mengaku merasakan detak jantung menjadi sangat cepat. Beberapa lainnya justru merasa detak jantung melambat. Mau cepat atau lambat, detak jantung yang tidak normal bisa berujung pada serangan jantung yang mematikan. 

  1. Kejang

Ketika seseorang mengalami kejang, biasanya ada masalah di otak mereka sehingga aktivitas listrik di area tersebut terganggu dan menimbulkan gejala kejang. Namun, penggunaan alfentanil juga dapat menimbulkan efek samping kejang. Kejang bisa terjadi tiba-tiba sesaat atau beberapa waktu setelah seseorang diberi suntikan obat alfetanil. Ketika mengalami kejang, sangat mungkin Anda juga akan mengalami kehilangan kesadaran dan penghentian napas untuk beberapa saat. 

  1. Masalah Penglihatan  

Efek samping lain dari alfentanil yang perlu diwaspadai adalah risikonya terhadap penglihatan Anda. Ditemukan bukti bahwa orang-orang yang diberi suntikan alfentanil kerap menemui penglihatan yang kabur untuk beberapa saat ke depan. 

*** 

Efek samping dari alfentanil bisa sangat parah pada orang yang baru menerima suntikan obat keras ini pertama kali. Namun pada pasien yang sudah sering diberi suntikan alfentanil, efek sampingnya bisa lebih ringan bahkan tidak terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *