Eksim Atopik 

Eksim atopik, atau yang disebut sebagai dermatitis atopik, merupakan salah satu jenis dermatitis dimana dermatitis tersebut dapat membuat seseorang mengalami kemerahan pada kulit dan terasa gatal.

Eksim atopik tidak sama seperti penyakit kulit lainnya dimana eksim atopik memiliki sifat kronis atau memiliki durasi yang cukup lama pada kulit manusia. Kondisi seperti ini tidak hanya terjadi pada anak-anak, namun juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Tidak hanya itu, orang-orang yang mengalami eksim atopik juga cenderung memiliki riwayat asma dan rinitis alergi. Sampai saat ini, para peneliti belum menemukan obat yang tepat untuk mencegah eksim atopik. Meskipun demikian, para peneliti menyarankan bahwa seseorang yang mengalami kondisi seperti ini dapat diobati dengan pengobatan sesuai anjuran dokter. Penggunaan obat untuk mencegah eksim atopik akan mengurangi rasa gatal dan frekuensi kekambuhan pada tubuh.

Gejala

Eksim atopik akan menimbulkan berbagai gejala, namun bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Berikut adalah gejala yang bisa terjadi pada penderita:

  • Gatal.
  • Kulit kering.
  • Kemerahan.
  • Benjolan berupa nanah.
  • Pembengkakan pada kulit.

Seseorang bisa mengalami kondisi seperti ini sebelum memasuki usia 5 tahun, dan bisa terus terjadi hingga dewasa. Meskipun demikian, eksim atopik bukan merupakan penyakit yang serius dimana kondisi tersebut tidak menimbulkan gejala yang parah bagi tubuh.

Penyebab

Para peneliti juga belum dapat menemukan penyebab eksim atopik dengan pasti. Meskipun demikian, para peneliti menyatakan bahwa eksim atopik bisa disebabkan oleh gabungan antara penyakit genetik dan faktor-faktor lain.

Selain itu, para peneliti percaya bahwa tubuh manusia yang mengalami eksim atopik telah mengalami mutasi gen yang menyebabkan kulit menjadi kering sehingga berisiko mengalami infeksi. Pada dasarnya, eksim atopik serupa dengan reaksi alergi dimana gangguan tersebut dapat menimbulkan gejala seperti terasa gatal.

Tidak hanya penyakit genetik, eksim atopik juga bisa dipengaruhi oleh faktor berikut:

  • Stres.
  • Cuaca panas dan dingin, serta perubahan iklim secara tiba-tiba.
  • Makanan.
  • Penggunaan produk perawatan.
  • Penggunaan bahan kain seperti wol.
  • Pola tidur yang buruk.

Cara Mengatasi Eksim Atopik

Meskipun belum ada pengobatan yang tepat, eksim atopik dapat diatasi dengan cara-cara berikut:

  • Menghindari penyebabnya

Eksim atopik dapat diatasi dengan menghindari faktor yang dapat memicu gangguan tersebut seperti penggunaan produk perawatan. Menghindari faktor secara terus menerus akan mengurangi risiko eksim atopik.

  • Menjaga kelembaban kulit

Orang yang mengalami eksim atopik akan memiliki kulit kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembab setelah Anda mandi. Anda juga sebaiknya tidak mandi terlalu lama atau menggunakan suhu panas, karena akan membuat kulit cepat kering.

  • Mengubah pola makan

Jika Anda mengalami eksim atopik karena makanan, Anda sebaiknya konsultasikan masalah tersebut dengan dokter. Dokter dapat membantu Anda mencarikan makanan alternatif yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

  • Menggunakan obat

Anda juga dapat menggunakan obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi gejala eksim atopik. Contoh obat yang dapat digunakan adalah krim steroid dan antibiotik. Frekuensi penggunaan obat juga harus sesuai anjuran dokter.

  • Memakai perban khusus

Anda juga bisa memakai perban khusus untuk menutupi bagian kulit yang terdampak eksim atopik. Sebelum menggunakan perban khusus, Anda sebaiknya oleskan kulit Anda dengan salep kortikosteroid. Hal tersebut dapat membantu mengatasi gangguan pada kulit secara efektif.

Kesimpulan

Meskipun eksim atopik dapat menimbulkan berbagai gejala, eksim atopik tidak menimbulkan gangguan yang parah pada tubuh. Oleh karena itu, Anda dapat mengatasi eksim atopik dengan cara-cara yang disebutkan di atas. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa tanyakan persoalan ini dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *