Cara Mencegah Pemanasan Global, Coba Lakukan Hal Ini!

Pemanasan global atau yang sering disebut global warning adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, lautan dan daratan bumi secara drastis. Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui bahwa dampak dari pemanasan global yang dapat menurunkan kualitas hidup manusia. 

Lalu bagaimana cara mencegah pemanasan global itu sendiri? Untuk mengetahuinya, artikel ini akan membahas bagaimana cara mencegah pemanasan global guna membuat bumi dan tempat tinggal yang lebih lama. 

Cara mencegah pemanasan global 

Hampir seluruh dunia pun mengatakan perang terhadap perubahan iklim atau pemanasan global. Salah satu musuh terburuk iklim adalah karbon dioksida. Secara universal, para ilmuwan sepakat bahwa kita semua perlu mengubah emisi karbon kita secara signifikan jika kita ingin menghindari masa depan di mana gelombang panas yang mematikan, badai hujan dan kebakaran hutan menjadi hal yang biasa. 

Nah, berikut beberapacara mencegah pemanasan gelobal. Di antaranya:

Berkendara lebih sedikit

Berjalan kaki menjadi salah satu cara untuk mencegah pemanasan global. Tidak menggunakan mobil sesekali akan mengurangi emisi karbon hingga 2,4 ton per tahun. Meskipun hal ini sulit dilakukan bagi beberapa orang, mengurangi penggunaan mobil pribadi dapar secara drastis mengurangi jejak karbon. Untuk mengatasainya, cobalah berjalan kaki atau bersepeda setiap harinya ketika Anda pergi ke kantor atau sekedar ke minimarket dekat rumah. 

Jadikan rumah Anda lebih hemat energi

Ada banyak cara untuk menggunakan lebih sedikit energi di rumah Anda, yang akan mengurangi karbon dioksida, seperti:

  • Gunakan lampu LED untuk mengurangi daya yang digunakan lebih dari sepertiga
  • Mengganti jendela dan pintu lama dengan yang sangat efisien
  • Beli peralatan yang hemat energi

Beli produk yang mudah di daur ulang

Beberapa produk kemasan yang dijual di pasaran banyak yang menyebabkan emisi karbon dioksida yang cukup besar. Untuk mengatasi pemanasan global, disarankan untuk membeli produk yang mudah untuk di daur ulang sehingga tidak akan mencemari lingkungan. 

Dengan turut berinvestasi pada produk ramah lingkungan, Anda akan mempercepat pengembangan dan penggunaan produk ramah lingkungan, misalnya energi tenaga matahari. 

Kurangi penggunan air

Pengolahan air bersih menggunakan energi dalam jumlah besar, serta bahan kimia. Dengan mengurangi penggunaan air, kami dapat sangat menurunkan jejak karbon dioksida. Menghemat air juga dapat mengurangi polusi karbon. Hal itu karena butuh banyak energi untuk memompa, memanaskan, dan mengolah air Anda. Jadi, jangan mandi terlalu lama, matikan keran saat menyikat gigi, dengan begitu Anda akan lebih menghemat penggunaan air. 

Kurangi konsumsi daging

Tingkatkan konsumsi sayuran organik, karena peternakan menghasilkan gas metana dalam jumlah yang besar. Hal ini berkontribusi sangat besar dalam meningkatkan suhu global. Dengan menurunkan jumlah konsumsi daging Anda, akan menurunkan produksi gas metana. Ini membantu mengatasi peningkatan suhu bumi. 

Kurangi penebangan pohon

Menebang pohon secara sembarangan pun menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Penebangan hutan akan berdampak pada siklus air dan membuat lingkungan menjadi lebih gersang dan terlihat sangat kering dan berakibat pada perubahan iklim. 

Tidak hanya itu, menebang pohon sembarang pun dapat meningkatkan jumlah karbon dan gas rumah kaca di lingkungan. Efek dari penebangan hutan pun bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor. 

Jadi, banyak cara mencegah pemanasan global yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menggunakan produk yang mudah di daur ulang, menghemat listrik serta air, hingga mengurangi polusi udara dengan cara menggunakan transportasi umum, berjalan kaki atau bersepeda. Jika tidak dimulai dari diri sendiri, kapan lagi Anda akan mencoba untuk membantu mengurangi pemanasan global!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *