Cara Alami Menghilangkan Bau Badan Tanpa Deodorant Nivea

deodorant nivea

Ketika Anda mengalami bau ketiak di badan, Anda segera mengolesinya dengan deodorant Nivea yang terbukti efektif menghilangkan bau ketiak.

Namun tanpa Anda sadari deodoran yang Anda pakai itu ternyata tidak bersahabat dengan kulit Anda sehingga menyebabkan iritasi dan infeksi.

Alih-alih ingin menghilangkan satu masalah malah menambah masalah lainnya. Untuk hal ini pun Anda seharusnya mencoba cara lain menghilangkan bau ketiak tanpa memakai deodoran.

Apa saja caranya? Yuk, kita simak!

Mandi Dua Kali Sehari

Penyebab munculnya bau di ketiak adalah karena bakteri yang bercampur dengan keringat. Supaya dapat menghilangkannya Anda sebaiknya mandi secara teratur, minimal 2 kali sehari.

Selain dapat menghilangkan bau ketiak, mandi juga dapat membersihkan tubuh dari keringat sehingga Anda bisa beraktivitas dengan lebih nyaman tanpa merasa gerah. Mandi juga dapat membuat Anda percaya diri untuk dekat dengan orang lain.

Gunakan Sabun Antibakteri

Agar mandi yang Anda lakukan benar-benar efektif menghilangkan bau badan, Anda juga perlu menyertakan sabun antibakteri, baik dalam bentuk batangan maupun cairan. Sabun antibakteri dipercaya dapat mencegah kuman atau bakteri penyebab bau datang kembali.

Keringkan Tubuh Secara Benar

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa ketika tubuh sudah dibilas dengan bersih, jangan lupa gunakan handuk.

Pakailah handuk yang berdaya serap tinggi agar air yang masih ada di tubuh bisa diserap dengan sempurna. 

Sebab, tubuh yang lembap bisa memicu kuman dan bakteri untuk berkembang biak dengan lebih cepat.

Setelah handuk digunakan, pastikan Anda menjemurnya di bawah sinar matahari supaya tidak ada jamur yang menempel. 

Banyak yang tak menyadari kalau handuk juga bisa menjadi ‘pembawa’ penyakit terlebih lagi jika kebersihannya tidak diperhatikan dengan baik.

Kenakan pakaian longgar

Menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat seperti katun, linen, akan dapat membuat ubuh menyerap kelembapan, terutama jika sedang banyak berkeringat.

Hal ini akan membuat tubuh tetap dingin daripada pakaian ketat yang terbuat dari kain yang tidak bisa bernapas, dan bisa menyebabkan bau badan.

Mencukur Rambut Ketiak

Berdasarkan sebuah studi Journal of Cosmetic Dermatology tahun 2016, mencukur atau waxing ketiak secara signifikan adalah cara menghilangkan bau ketiak secara alami tanpa harus menggunakan deodorant Nivea.

Rambut Ketiak bisa menyebabkan bau badan karena keringat  yang mengumpul di area rambut sekitar ketiak. Jadi, rutinlah mencukur rambut ketiak sebagai cara menghilangkan bau ketiak.

Ubah Pola Makan

Untuk menghindari bau di ketiak sebaiknya Anda mulailah untuk mengonsumsi makanan yang tidak menyebabkan bau badan.

Karena itu, hindarilah makanan-makanan seperti makanan pedas dan berbau menyengat serta minuman berkafein penyebab bau badan.

Hindari obat tertentu

Salah satu penyebab keringat berlebihan yang menimbulkan bau ketiak  adalah penggunaan obat tertentu, misal beberapa obat hipertensi atau antidepresan.

Jika bau ketiak sangat mengganggu, mintalah pada dokter untuk meresepkan obat lain yang efek sampingnya tidak meningkatkan produksi keringat.

Konsumsi Bahan Herbal Alami

Anda juga bisa mengonsumsi bahan herbal alami agar tidak mengalami bau badan. Tercatat banyak sekali bahan herbal alami di sekitar yang bisa Anda gunakan.

Bahan-bahan itu adalah:

  • Jahe
  • Cengkeh
  • Daun kemangi
  • Daun beluntas
  • Temulawak
  • Daun sirih
  • Cuka apel
  • Baking soda
  • Lemon

Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk dijadikan sebagai minyak esensial buatan sendiri.

Hindari kecemasan

Terakhir adalah Anda harus menghindari kecemasan atau hiperdosis yang malah akan membuat badan berkeringat berlebihan dan bisa menimbulkan bau badan.

Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan tanpa harus menggunakan deodorant Nivea. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *