Bisa untuk Jerawat, Apa Bahan Utama Vitacid?

vitacid

Vitacid adalah krim topikal yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Kemampuan tersebut datang dari komposisi utama krim, yaitu asam retinoat atau tretinoin.

Krim ini bisa digunakan oleh siapa saja yang mengalami masalah dengan kulit berjerawat. Bahkan, bukan hanya menyembuhkan jerawat, krim ini juga sanggup menghilangkan noda di wajah akibat bekas jerawat. 

Asam retinoat sebagai bahan utama Vitacid

Tretinoin atau asam retinoat adalah bahan pengobatan yang sangat umum dipakai dalam produk perawatan jerawat. Anda bisa dengan mudah menemukan kandungan ini dalam obat jerawat yang dijual secara umum di pasaran.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa penggunaan tretinoin hanya terbatas untuk mengobati jerawat saja. Apabila Anda memiliki masalah kulit lain, mungkin asam retinoat bukanlah kandungan yang tepat untuk digunakan. 

Selama masalah kulit yang Anda alami adalah masalah jerawat, maka pemakaian asam retinoat aman dilakukan. Kecuali, jika Anda mengalami reaksi alergi, sebaiknya segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter Anda. 

Kandungan lain yang baik untuk jerawat

Krim Vitacid memang menggunakan asam retinoat sebagai komposisi utamanya. Namun, selain kandungan tersebut, sebenarnya ada beberapa kandungan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, seperti:

  • Asam azelaic

Kandungan asam yang satu ini cukup sering ditemukan pada produk perawatan kulit untuk masalah jerawat. Seringkali, asam azelaic dipakai dalam krim atau gel untuk obat jerawat.

Asam azelaic bekerja dengan mengurangi bakteri yang memicu jerawat. Selain itu, asam ini juga dipercaya mampu membantu menormalkan pelepasan sel kulit mati, sehingga muncul lapisan sel kulit baru yang lebih sehat. 

Bagi pemilik kulit sensitif, asam azelaic mungkin bisa menimbulkan reaksi negatif. Tapi, kemungkinan ini cukup kecil, karena asam azelaic umumnya aman dipakai untuk kondisi jerawat ringan dan sedang. 

  • Retinoid

Selain kandungan asam retinoat pada Vitacid, retinoid juga sering dipakai pada obat topikal untuk jerawat. Obat topikal yang mengandung retinoid merupakan kumpulan obat yang berasal dari vitamin A sintetis.

Retinoid pada obat topikal bekerja dengan meningkatkan pergantian sel kulit, menjaga pori-pori agar tidak tersumbat, serta mencegah timbulnya komedo. Retinoid bahkan bisa dipakai untuk mengobati jerawat yang parah sekalipun.

Selain mengobati jerawat, retinoid juga memiliki manfaat lain, yaitu mengatasi gejala penuaan pada kulit. Tidak heran, retinoid sering juga dipakai pada produk perawatan kulit untuk anti-aging.

  • Antibiotik

Antibiotik merupakan jenis obat yang digunakan untuk mengobati infeksi, termasuk infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat. Biasanya, antibiotik ditemukan pada obat jerawat yang didapatkan dengan resep dokter.

Anda mungkin tidak bisa membeli obat topikal antibiotik secara bebas. Karena, pemberian dan pemakaian antibiotik memang harus dilakukan dengan hati-hati. 

Apabila pengobatan dengan krim Vitacid kurang maksimal untuk mengatasi jerawat parah, maka Anda bisa mencoba berobat ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan resep pengobatan dengan kandungan antibiotik di dalamnya.

Apapun jenis kandungan yang ada pada obat jerawat tertentu, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap kandungan-kandungan itu. Dengan begitu, Anda bisa mendapat hasil yang lebih baik. Krim Vitacid tidak dapat dibeli secara bebas, baik online maupun offline.

Anda akan memerlukan resep dari dokter untuk bisa mendapatkannya. Ketika akan dipakai, pastikan Anda memakainya sesuai dengan dosis yang dianjurkan, yaitu pemakaian tipis-tipis maksimal satu kali dalam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *